AlphaSmart Neo Teardown: Inilah Cara Menulis Tanpa Gangguan

Info
Spread the love

AlphaSmart Neo Teardown: Inilah Cara Menulis Tanpa Gangguan – Sejarah akan selalu memiliki teknologi di antara keduanya – hal-hal yang membawa kita ke atas sementara Hal Besar dan Abadi Berikutnya sedang menyelesaikan masalah itu.

Perangkat semacam ini sering melakukan satu hal dan melakukannya dengan cukup baik. Ingat drive zip? Ya Anda lakukan. Masih punya punyaku.

AlphaSmart Neo Teardown: Inilah Cara Menulis Tanpa Gangguan

freewarepalm – Hari-hari tenang dari AlphaSmart NEO duduk di antara waktu di mana orang-orang dirantai dengan mesin ketik yang berat dan pengolah kata dan awal komputasi saat bepergian. Laptop awal tidak dapat dipercaya untuk tidak mati secara tiba-tiba, tetapi NEO akan bekerja selama 700 jam dengan tiga AA.

Dikutip dari detik.com, NEO mewakili kebebasan untuk menyampaikan pikiran Anda di mana pun, kapan pun, tanpa perlu meja, kertas, tinta, pita, kabel daya, dan ornamen lain yang mengikat orang di dalam ruangan ke permukaan datar.

Dan itulah yang sangat menggoda saya tentang hal itu. Inspirasi benar-benar dapat menyerang di mana saja dan kapan saja, jadi mengapa tidak bersiap-siap? Hal ini berubah dari tidak aktif menjadi kursor yang berkedip dalam waktu sekitar satu setengah detik.

Bahkan ada opsi ‘hidup’ dua tombol sehingga Anda tidak kehabisan baterai atau secara tidak sengaja menghapus file saat berada di dalam tas Anda.

Baca Juga : Menghidupkan kembali perangkat Palm OS

Saya membeli pengolah kata kecil yang lucu ini beberapa tahun yang lalu ketika saya ingin mencoba NaNoWriMo – yaitu Bulan Penulisan Novel Nasional, di mana Anda menulis 50.000 kata untuk novel, buku non-fiksi, atau kumpulan cerita pendek dalam genre apa pun yang Anda inginkan.

Itu rata-rata 1.667 kata sehari selama 30 hari. Beberapa hari itu mudah, beberapa hari tidak. Tapi setiap kata non-Hackaday yang saya ketikkan bulan itu ada di sini, Mesin Kata-Kata Hijau Berarti saya.

Kapanpun Inspirasi Menyerang

Pengolah kata AlphaSmart NEO awalnya dijual kepada para penulis di awal 2000-an yang merobek rambut mereka dari gangguan baterai laptop yang sekarat dan Internet awal.

Mereka juga dipasarkan ke sekolah dan diberikan kepada anak-anak sebagai pelatih mengetik selama sekitar sepuluh tahun, itulah sebabnya ada begitu banyak dari mereka di pasar barang bekas. Saya akan mengatakan bahwa NEO pasti mencapai titik utilitas yang bagus tanpa begitu serbaguna dan berguna sebagai pengalih perhatian.

Ini masih bisa didapat dengan harga sekitar $ 40 terkirim melalui electronic bay. Itu adalah perbedaan yang cukup menakjubkan dari harga $ 219 USD tahun 2008 ketika iklan ini menghiasi sampul belakang semua majalah penulisan.

Meskipun saya menganggap NEO terutama sebagai pengolah kata, itu bukan satu-satunya hal yang dilakukannya. Fungsi penulisan adalah salah satu dari beberapa yang disebut applet. Ada juga kalkulator yang menyimpan riwayat berjalan, pelatih mengetik, dan applet kuis yang memungkinkan guru mengunggah tes dari komputer. Ada juga program beamer untuk mengirim file kembali ke guru melalui IR.

Dua Hal Baik dalam Satu

NEO saya benar-benar memenuhi tujuannya selama NaNoWriMo, dan itu karena beberapa hal. Dengan berat 1,5 lbs (709 g), tidak cukup berat untuk membebani pangkuan Anda jika 1.667 kata membutuhkan waktu lama untuk keluar.

Keyboard lengkapnya cukup sempurna – tidak perlu ada dentuman untuk menggerakkan tuts, yang berarti aliran yang lebih baik dan jumlah kata yang lebih banyak. Sejujurnya, aksi keyboard itu luar biasa. Itu hanya sakelar gunting di bawah sana, tapi itu luar biasa.

NEO dapat menampilkan hingga enam baris teks sekaligus, sehingga kata-kata tersebut menghilang saat Anda pergi, tetapi Anda masih dapat melihat cukup jauh ke belakang sehingga Anda tidak akan tersesat.

Anda dapat dengan mudah memeriksa jumlah kata atau persentase baterai yang tersisa dengan kombinasi dua dan tiga tombol berbeda yang tercantum dalam panduan cepat di bagian belakang. Setiap hari ketika saya selesai menulis, saya mencadangkan pekerjaan saya dengan mengalirkan kata-kata ke PC saya secara serial, satu karakter pada satu waktu.

Itu bukan satu-satunya cara untuk mengirim file. Mereka juga dapat dikirim secara massal dengan perangkat lunak manajer AlphaSmart, atau untuk tujuan ruang kelas, dapat dikirim secara individual melalui IR ke penerima khusus.

Saya tidak dapat menggunakannya terlalu lama pada satu waktu lagi karena masalah RSI, tapi saya biasa membawa ini di dalam mobil dengan saya karena sangat kasar. Jika Anda berada di Supercon pada tahun 2019, Anda mungkin telah melihat saya menggunakannya bersama dengan laptop saya. Itu adalah salah satu fitur favorit saya – yang dapat digunakan sebagai keyboard plug-n-play.

Setelah NEO2, AlphaSmart datang dengan Dana, yang seperti versi NEO bertenaga Palm yang lebih megah yang juga menjalankan aplikasi PalmOS. Layarnya lebih besar dari apa pun sebelumnya, ada lampu latar yang menguras baterai, dan layar sentuh yang dimaksudkan untuk digunakan dengan stylus.

Dana juga memiliki dukungan kartu SD ganda, tetapi harus menggunakan teknologi SD 1.0, berukuran 1Mb atau lebih kecil, dan berformat FAT12. Saya ingin sekali menggunakan Dana lebih sering, tetapi terlalu takut baterai habis, dengan atau tanpa lampu latar menyala. Selain itu, saya tidak mempercayai situasi kartu SD. Mungkin juga mengirim file melalui USB.

Baca Juga : Fedora Linux, Salah Satu Distribusi Linux

Mode Mod

Salah satu dari sedikit hal yang mengganggu saya tentang NEO adalah kurangnya lampu latar. Saya mencoba menambahkan panel lampu latar, tetapi tidak ada cukup ruang untuk itu. Saya masih mungkin mencoba menerangi tepi, tetapi untuk saat ini, saya hanya melakukan retasan sederhana untuk menyalakan lampu eksternal.

Yang saya lakukan hanyalah menjalankan kabel dari casing baterai ke port USB-A wanita yang dimaksudkan untuk terhubung ke printer. Saya mendapat lampu baca USB murah dari toko dolar dengan leher bengkok, dan menambahkan resistor untuk membuatnya redup. Ketika saya membutuhkan lebih banyak cahaya, saya cukup mencolokkannya.

Teardown Time

NEO tidak memiliki banyak hal yang terjadi di balik matriks di bawah tenda. Otaknya adalah DragonballVZ 33MHz, yang merupakan prosesor berbasis 68000 buatan Freescale / Motorola. VZ menyimpan setiap penekanan tombol ke RAM, yang tidak terlalu mencolok dalam pengoperasiannya tetapi membuatnya sangat penting untuk menyimpan sel koin baru di papan.

Saya masih ingin menambahkan pencahayaan tepi suatu hari nanti, tetapi saya harus memotong bezel logam di sekitar layar untuk mencapai tepi terlebih dahulu.

NEO adalah alat tulis bebas gangguan yang hebat dan keyboard eksternal serba guna. Saya akan berpikir prosesor berbasis 68k harus membuatnya matang untuk diretas, tetapi hal itu di luar ruang kemudi saya.

Jika saya bisa, saya akan menambahkan dukungan microSD, tetapi saya tidak keberatan mendapatkan file melalui USB. Memasang kabel pemancar Bluetooth internal bisa jadi menyenangkan.

Saya berharap ini masih digunakan di sekolah daripada laptop full-blown. Saya belajar mengetik di mesin tik IBM Selectric pada awal 1990-an dan sering berharap saya bisa berlatih sesuatu di rumah. Saya kira itu tidak benar-benar menjadi masalah akhir-akhir ini, tetapi perangkat keras pengetikan yang bebas gangguan semakin sulit untuk dipecahkan.

AlphaSmart adalah perangkat papan ketik yang memungkinkan seseorang untuk bekerja saat bepergian, seperti komputer laptop, tetapi itu hanya untuk pengolah kata, karena pada dasarnya berfungsi seperti mesin tik digital sederhana.

Dana (salah satu perangkat terakhir yang dibuat oleh AlphaSmart) adalah pengecualian, karena perangkat ini juga menjalankan aplikasi Palm OS. Karena AlphaSmart, Dana, dan NEO dikhususkan untuk tujuan terbatas, biasanya harganya jauh lebih murah daripada komputer laptop standar.

Semua perangkat ini dimaksudkan untuk dicolokkan ke port ADB, PS / 2, atau USB untuk mentransfer teks tertulis ke dalam dokumen pengolah kata komputer untuk pengeditan lebih lanjut (seperti indentasi dan preferensi font) atau pencetakan jika diinginkan.

AlphaSmart menyimpan setiap penekanan tombol langsung ke RAM mesin, yang dipertahankan oleh cadangan baterai bahkan saat dimatikan. AlphaSmarts dapat mentransfer data baik dengan program khusus yang dikomunikasikan dengan AlphaSmart atau dengan metode yang lebih sederhana dengan mentransmisikan penekanan tombol teks tertulis seolah-olah itu adalah keyboard komputer. Saat tidak mentransfer teks, AlphaSmart dapat digunakan sebagai keyboard standar.

AlphaSmarts sangat populer di sekolah Karena keterjangkauan dan daya tahannya. Sekolah dasar dan sekolah menengah atas menggunakannya; dan mereka sangat populer di kalangan departemen pendidikan khusus untuk digunakan oleh siswa dengan tantangan grafomotor.

Mesin tersebut juga populer di kalangan jurnalis dan penulis, yang merasa mudah dibawa dan menyukai keyboard ukuran penuh dan masa pakai baterai yang lama.

Perusahaan

Intelligent Peripheral Devices, Inc. didirikan pada tahun 1992 oleh dua insinyur Apple Computer sebelumnya, Ketan Kothari dan Joe Barrus, dengan misi untuk “mengembangkan dan memasarkan solusi pembelajaran pribadi portabel yang terjangkau untuk ruang kelas” dan untuk ” menghadirkan perangkat komputasi portabel yang terjangkau, ringan, dan kokoh yang dapat diperluas, mudah digunakan dan dikelola, serta memberikan masa pakai baterai yang luar biasa.

Tak lama setelah didirikan, saudara laki-laki Ketan, Manish, bergabung dengan mereka. Kemudian, mereka mengubah nama perusahaan menjadi AlphaSmart, Inc.

Barrus dan Kothari juga memegang paten AS untuk “komputer keyboard portabel”, yang diajukan pada tahun 1992 dan diberikan pada tahun 1995.

AlphaSmart, Inc. menyelesaikan penawaran umum perdana (IPO) di NASDAQ pada 6 Februari 2004 dan mulai berdagang di bawah simbol ALSM. Pada bulan Juni 2005, diakuisisi oleh Renaissance Learning (NASDAQ: RLRN). Nama berubah lagi pada musim semi 2009, kali ini menjadi NEO Direct, Inc. Mereka kemudian merilis produk perangkat keras Neo2 dan 2Know Responder.

Produk AlphaSmart

Pendamping komputer AlphaSmart asli dikirim pada bulan Agustus 1993, dan hanya berfungsi dengan komputer Apple Macintosh dan Apple IIGS, dengan dicolokkan ke port Apple Desktop Bus (ADB). Model ini memberi pelanggan 16 “halaman” memori (32.000 byte) untuk delapan file terpisah (2 halaman per file), yang diakses dengan menekan tombol fungsi yang sesuai.

AlphaSmart mengambil estetika komputer yang dimaksudkan untuk dipasangkan – ia memiliki kotak plastik krem ​​yang tahan lama seperti IIGS dan Macintoshes pada era itu. Itu memiliki tampilan karakter LCD empat baris yang mirip dengan apa yang akan ditemukan pada beberapa peralatan.

Setiap karakter ditampilkan dalam “kotak” LCD-nya sendiri, membuat ukuran titik dan jenis font tetap. AlphaSmart tidak dapat menampilkan grafik, kecuali untuk seni ASCII.

Ini berjalan dengan 2 baterai AA dan dapat digunakan selama berhari-hari karena teknik hemat daya, yang secara efektif memungkinkannya untuk “tidur” di antara penekanan tombol. Ada add-on paket baterai nikel-kadmium (NiCad) yang dapat diisi ulang yang dapat dibeli secara terpisah oleh pelanggan.

Model AlphaSmart awal menyertakan beberapa lelucon, termasuk referensi ke The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy. Jika saat menggunakan kalkulator, jawabannya adalah 42, muncul tulisan “Jawaban untuk Kehidupan, Alam Semesta, dan Segalanya”. Atau, jika inputnya 1 + 1, kalkulator akan berkata, “Itu terlalu mudah.”

AlphaSmart Pro

Pada Februari 1995, AlphaSmart Pro diluncurkan. Ini tampak hampir identik dengan aslinya tetapi memiliki port PS / 2 serta port ADB, membuatnya kompatibel dengan kedua PC Windows, serta Apple IIGS dan Macintosh.

Kedua, Pro memiliki fitur “temukan” untuk mencari teks yang disimpan. Ketiga, AlphaSmart Pro dapat menerima teks dari komputer melalui perangkat lunak “Get Utility” yang diinstal pada Mac atau Windows PC.

Terakhir, itu termasuk fitur kata sandi untuk mengamankan konten. Model Pro mampu menyimpan hingga 64 halaman teks (128.000 byte), menampung 16 halaman di file pertama, 8 halaman di file dua sampai lima, 6 di file enam & tujuh, dan 4 halaman di file nomor delapan. Paket baterai NiCad isi ulang asli juga dapat digunakan dalam model Pro.

AlphaSmart 2000

Pada bulan Oktober 1997, AlphaSmart memperkenalkan generasi ketiga dari keluarga AlphaSmart, AlphaSmart 2000. Seiring dengan desain yang lebih ergonomis, casing AlphaSmart 2000 melengkung dan biru.

Fitur baru yang ditambahkan adalah pemeriksaan ejaan, pencetakan langsung (memungkinkan pengguna untuk mencolokkan ke printer secara langsung, melewati komputer), menghemat daya secara otomatis, dan pengatur waktu keyboard.

Setahun kemudian, perusahaan menambahkan kemampuan infra merah ke tahun 2000, memungkinkan pengguna untuk mentransfer teks ke komputer atau AlphaSmart lain tanpa kabel. Model ini membutuhkan 3 baterai AA, tetapi masih dapat menggunakan paket baterai NiCd asli yang dapat diisi ulang. Seperti AlphaSmart Pro, ia memiliki memori 128 kB.

AlphaSmart Neo Cara Menulis Tanpa Gangguan Palm OS
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts

Apa itu Palm OS? Palm Software dan Palm OS | www.freewarepalm.com