Fitur IOS pada Iphone Serta Perangkat Lunaknya

Blog Info Tips
Spread the love

www.freewarepalm.comFitur IOS pada Iphone Serta Perangkat Lunaknya. iOS (tadinya iPhone OS) merupakan sistem pembedahan seluler yang terbuat serta dibesarkan oleh Apple Inc. spesial buat fitur kerasnya. Ini merupakan sistem pembedahan yang dikala ini memberdayakan banyak fitur seluler industri, tercantum iPhone, serta iPod Touch; itu pula mensupport iPad saat sebelum identifikasi iPadOS pada 2019. Ini merupakan sistem pembedahan seluler terpopuler kedua di bumi sehabis Android.

Awal mulanya dikeluarkan pada 2007 buat iPhone, iOS sudah diperluas buat mensupport fitur Apple yang lain semacam iPod Touch( September 2007) serta iPad( Januari 2010). Pada Maret 2018, Apple App Store bermuatan lebih dari 2, 1 juta aplikasi iOS, 1 juta di antara lain merupakan asli buat iPad. Aplikasi seluler ini dengan cara beramai- ramai sudah diunduh lebih dari 130 miliyar kali.

Antarmuka konsumen iOS didasarkan pada akal busuk langsung, memakai aksi multi- touch. Bagian pengawasan antarmuka terdiri dari bilah memindahkan, panel halaman, serta tombol. Interaksi dengan OS tercantum aksi semacam menggeser, mengetuk, mencubit, serta mencubit menjempalit, yang seluruhnya mempunyai arti khusus dalam kondisi sistem pembedahan iOS serta antarmuka multi- touch. Akselerometer dalam dipakai oleh sebagian aplikasi buat merespons gejolak fitur( satu hasil biasa merupakan perintah undo) ataupun memutarnya dalam 3 format( satu hasil biasa merupakan berpindah antara bentuk potret serta lansekap). Apple sudah dipuji dengan cara penting sebab memasukkan guna aksesibilitas global ke iOS, membolehkan konsumen dengan cacat pandangan serta rungu buat memakai produknya dengan betul.

Baca Juga: Sejarah Dan Sistem Untuk Perangkat Android

Tipe penting iOS diluncurkan tiap tahun. Pada seluruh fitur iOS terkini, iOS dengan cara teratur mengecek ketersediaan pembaruan, serta bila terdapat, hendak memohon konsumen buat memperbolehkan pemasangan otomatisnya. Tipe dikala ini, iOS 14 diluncurkan ke khalayak pada 16 September 2020, memberitahukan tweak antarmuka konsumen serta bentuk hitam, bersama dengan fitur- fitur semacam aplikasi Pengingat yang didesain balik, keyboard menggosok, serta aplikasi Gambar yang ditingkatkan. iOS 13 tidak mensupport fitur dengan RAM kurang dari 2 GB, tercantum iPhone 5s, iPod Touch( angkatan ke- 6), serta iPhone 6 serta iPhone 6 Plus, yang sedang ialah 10% dari seluruh fitur iOS. iOS 13 serta iOS 14 spesial buat iPhone serta iPod touch sebab versi iPad saat ini diucap iPadOS.

Sejarah

Pada tahun 2005, kala Steve Jobs mulai merancang iPhone, beliau mempunyai opsi buat” mengecilkan Mac, yang hendak jadi hasil epik metode, ataupun memperbesar iPod”. Jobs menggemari pendekatan tadinya namun mengadu regu Macintosh serta iPod, yang tiap- tiap dipandu oleh Scott Forstall serta Tony Fadell, dalam kompetisi dalam, dengan Forstall berhasil dengan menghasilkan OS iPhone. Ketetapan itu membolehkan kesuksesan iPhone selaku program buat developer pihak ketiga: memakai sistem pembedahan desktop yang populer selaku basisnya membolehkan banyak developer Mac pihak ketiga buat menulis fitur lunak buat iPhone dengan penataran pembibitan balik minimun. Forstall pula bertanggung jawab buat membuat kit pengembangan fitur lunak untuk programmer buat membuat aplikasi iPhone, dan App Store di iTunes.

Pembaharuan fitur lunak

Apple sediakan pembaruan besar buat sistem pembedahan iOS tiap tahun lewat iTunes serta pula, buat iOS 5 serta yang lebih terkini, over- the- air. Tipe terkini merupakan iOS 13, diluncurkan pada 19 September 2019. Ini ada buat iPhone 6S serta yang lebih terkini, serta iPod Touch angkatan ketujuh. Berbarengan dengan iOS 13, debut Apple iPadOS 13 pada keynote tahunan WWDC pada bertepatan pada 4 Juni 2019. Ini diluncurkan pada 24 September 2019. iPadOS ada di iPad Air 2 serta yang lebih terkini, iPad angkatan kelima serta yang lebih terkini, iPad kecil 4 serta lebih terkini serta seluruh tipe iPad Membela.

Awal mulanya, konsumen iPod Touch wajib melunasi buat pembaruan fitur lunak sistem. Perihal ini diakibatkan oleh peraturan akuntansi yang membuat fitur itu bukan” fitur berlangganan” semacam iPhone ataupun Apple Televisi, serta kenaikan penting pada fitur itu menginginkan pembayaran. Persyaratan buat melunasi buat tingkatkan menimbulkan owner iPod Touch bermukim jauh dari pembaruan. Tetapi, pada bulan September 2009, pergantian dalam ketentuan akuntansi memenangkan persetujuan sedangkan, dengan cara penting pengaruhi pemasukan serta harga saham Apple, serta membolehkan pembaruan iPod Touch di informasikan dengan cara free.

Fitur

Layar beranda

Layar halaman, yang terbuat oleh SpringBoard, menunjukkan simbol aplikasi serta galangan di bagian dasar tempat konsumen bisa mencocokkan aplikasi yang sangat kerap dipakai. Layar halaman timbul tiap kali konsumen membuka kunci fitur ataupun memencet tombol” Home” raga dikala terletak di aplikasi lain. Saat sebelum iOS 4 pada iPhone 3GS( ataupun yang lebih terkini), kerangka balik layar cuma bisa dikustomisasi lewat jailbreaking, namun saat ini bisa diganti di luar kotak. Layar mempunyai bilah status di bagian atas buat menunjukkan informasi, semacam durasi, tingkatan baterai, serta daya tanda. Sisa layar dikhususkan buat aplikasi dikala ini. Kala isyarat isyarat diresmikan serta konsumen mengaktifkan fitur, isyarat isyarat wajib dimasukkan di Layar Kunci saat sebelum akses ke layar Halaman diserahkan.

Di iPhone OS 3, Spotlight dipublikasikan, membolehkan konsumen buat mencari alat, aplikasi, email, kontak, catatan, pengingat, kegiatan penanggalan, serta konten seragam. Di iOS 7 serta yang lebih terkini, Spotlight diakses dengan menarik ke dasar di mana saja di layar halaman( melainkan buat pinggir atas serta dasar yang membuka Pusat Pemberitahuan serta Pusat Pengawasan). Di iOS 9, terdapat 2 metode buat mengakses Spotlight. Semacam perihalnya iOS 7 serta 8, menarik ke dasar pada layar halaman mana juga hendak menunjukkan Spotlight. Tetapi, itu pula bisa diakses semacam di iOS 3- 6. Ini memberkahi Spotlight dengan anjuran Siri, yang melingkupi anjuran aplikasi, anjuran kontak, serta informasi. Di iOS 10, Spotlight terletak di bagian atas panel” Today” yang saat ini didedikasikan.

Semenjak iOS 3. 2, konsumen bisa menata lukisan kerangka balik buat layar Halaman. Fitur ini cuma ada pada fitur angkatan ketiga— iPhone 3GS, iPod touch angkatan ketiga( iOS 4. 0 ataupun lebih terkini), serta seluruh bentuk iPad( semenjak iOS 3. 2)—atau lebih terkini.

Para periset menciptakan kalau konsumen menata simbol di homescreens mereka bersumber pada gelombang pemakaian serta ketergantungan aplikasi, dan buat alibi khasiat serta estetika.

Folder

iOS 4 memberitahukan berkas, yang bisa terbuat dengan menarik aplikasi di atas yang lain, serta semenjak dikala itu, lebih banyak item bisa ditambahkan ke berkas memakai metode yang serupa. Kepala karangan berkas dengan cara otomatis diseleksi bersumber pada jenis aplikasi di dalamnya, namun julukan itu pula bisa diedit oleh konsumen. Kala aplikasi di dalam berkas menyambut medali pemberitahuan, jumlah pemberitahuan perseorangan ditambahkan serta jumlah keseluruhan diperlihatkan selaku medali pemberitahuan pada berkas itu sendiri. Awal mulanya, berkas di iPhone bisa muat sampai 12 aplikasi, sebaliknya berkas di iPad bisa melibatkan 20. Dengan melonjaknya dimensi bentuk pada fitur keras iPhone yang lebih terkini, iOS 7 menginovasi berkas dengan laman yang mendekati dengan aturan posisi layar dini, membolehkan buat ekspansi fungsionalitas berkas yang penting. Tiap laman berkas bisa muat sampai 9 aplikasi, serta totalnya terdapat 15 laman, alhasil keseluruhan 135 aplikasi dalam satu berkas. Di iOS 9, Apple menginovasi dimensi berkas buat fitur keras iPad, membolehkan buat 16 aplikasi per laman, sedang maksimal 15 laman, tingkatkan keseluruhan jadi 240 aplikasi.

Pusat notifikasi

Saat sebelum iOS 5, pemberitahuan dikirim dalam jendela modal serta tidak bisa diamati sehabis diberhentikan. Di iOS 5, Apple memberitahukan Notification Center, yang membolehkan konsumen buat memandang riwayat pemberitahuan. Konsumen bisa mengetuk pemberitahuan buat membuka aplikasi terpaut, ataupun menghapusnya. Pemberitahuan saat ini di informasikan dalam slogan yang timbul sesaat di bagian atas layar. Bila konsumen mengetuk pemberitahuan yang diperoleh, aplikasi yang mengirim pemberitahuan hendak dibuka. Konsumen pula bisa memilah buat memandang pemberitahuan di jendela modal alert dengan membiasakan pengaturan pemberitahuan aplikasi. Dipublikasikan dengan iOS 8, widget saat ini bisa diakses lewat Pusat Pemberitahuan, didetetapkan oleh pihak ke- 3.

Dikala aplikasi mengirim pemberitahuan dikala ditutup, medali merah timbul di ikonnya. Medali ini berikan ketahui konsumen, sejenak, berapa banyak pemberitahuan yang dikirimkan aplikasi. Membuka aplikasi menghilangkan pemberitahuannya.

Aksesbilitas

iOS menawarkan bermacam fitur aksesibilitas buat menolong konsumen dengan kendala pandangan serta rungu. Salah satu fitur penting, VoiceOver, sediakan data artikulasi suara di layar, tercantum tombol kontekstual, simbol, tautan, serta bagian antarmuka konsumen yang lain, serta membolehkan konsumen buat menavigasi sistem pembedahan lewat aksi. Aplikasi apa juga dengan pengawasan default serta dibesarkan dengan kerangka kegiatan UIKit membuat fungsionalitas VoiceOver berintegrasi.

Salah satu ilustrasi tercantum menggenggam iPhone buat mengutip gambar, dengan VoiceOver melukiskan panorama alam gambar. Selaku bagian dari program” Made for iPhone”, dipublikasikan dengan dirilisnya iOS 7 pada 2013, Apple sudah meningkatkan teknologi buat memakai Bluetooth serta aturan teknologi spesial buat membolehkan perlengkapan pihak ketiga yang cocok tersambung dengan iPhone serta iPad buat mengalirkan audio langsung ke kuping konsumen. Kustomisasi bonus yang ada buat bahan- bahan Made for iPhone tercantum pencarian baterai serta pengaturan suara yang bisa dicocokkan buat area yang berlainan. Apple membuat usaha lebih lanjut buat aksesibilitas buat perilisan iOS 10 pada 2016, meningkatkan pengedit artikulasi terkini ke VoiceOver, meningkatkan pengaturan Magnifier buat memperbesar subjek lewat kamera fitur, fitur lunak TTY mensupport orang tunarungu buat melaksanakan panggilan telepon dari iPhone, serta membagikan bimbingan serta bimbingan buat developer pihak ketiga buat memasukkan guna aksesibilitas yang pas ke dalam aplikasi mereka.

Siri

Siri merupakan asisten individu pintar yang berintegrasi pada iOS. Asisten memakai persoalan suara serta antarmuka konsumen bahasa natural buat menanggapi persoalan, membuat saran, serta melaksanakan aksi dengan mendelegasikan permohonan ke satu set layanan Internet. Fitur lunak ini menyesuaikan diri dengan pemakaian, pencarian, serta preferensi bahasa orang konsumen, dengan pemakaian berkepanjangan. Hasil yang dikembalikan bertabiat perseorangan.

Baca Juga: 3 Aplikasi Google untuk Memudahkan Kegiatan Anda Sehari-hari

Awal mulanya diluncurkan selaku aplikasi buat iOS pada Februari 2010, itu dimerger oleh Apple 2 bulan setelah itu, serta setelah itu diintegrasikan ke dalam iPhone 4S dikala diluncurkan pada Oktober 2011. Pada dikala itu, aplikasi terpisah pula dihapus dari iOS App Store.

Siri mensupport bermacam perintah konsumen, tercantum melaksanakan aksi telepon, mengecek data dasar, merencanakan kegiatan serta pengingat, menanggulangi pengaturan fitur, mencari di Internet, menavigasi zona, menciptakan data mengenai hiburan, serta bisa ikut serta dengan aplikasi yang berintegrasi dengan iOS. Dengan dirilisnya iOS 10 pada 2016, Apple membuka akses pihak ketiga terbatas ke Siri, tercantum aplikasi catatan pihak ketiga, dan pembayaran, memberi ekspedisi, serta aplikasi panggilan internet. Dengan dirilisnya iOS 11, Apple menginovasi suara Siri buat suara orang yang lebih nyata, saat ini mensupport persoalan perbuatan lanjut serta alih bahasa bahasa, serta aksi pihak ketiga bonus.

Fitur keras

Program fitur keras penting buat iOS merupakan arsitektur ARM. Periilisan iOS saat sebelum iOS 7 cuma bisa dijalani pada fitur iOS dengan prosesor ARM 32- bit( arsitektur ARMv6 serta ARMv7- A). Pada 2013, iOS 7 diluncurkan dengan sokongan 64- bit penuh( yang melingkupi kernel 64- bit asli, bibliotek, driver dan seluruh aplikasi built- in), sehabis Apple memublikasikan kalau mereka berpindah ke 64- bit Prosesor ARMv8- A dengan identifikasi chip Apple A7. Sokongan 64- bit pula diberlakukan buat seluruh aplikasi di App Store; Seluruh aplikasi terkini dikirimkan ke App Store dengan batasan durasi Februari 2015, serta seluruh pembaruan aplikasi diajukan ke App Store dengan batasan durasi 1 Juni 2015. iOS 11 mengelluarkan sokongan buat seluruh fitur iOS dengan prosesor ARM 32- bit dan aplikasi 32- bit, membuat iOS 64- bit saja.

Membuka kunci

Awal mulanya beberapa besar operator nirkabel di AS tidak memperbolehkan owner iPhone buat membukanya buat dipakai dengan operator lain. Tetapi AT&T membolehkan owner iPhone yang penuhi persyaratan kontrak buat membuka kunci iPhone mereka. Petunjuk buat membuka kunci fitur ada dari Apple, namun pada kesimpulannya ialah kebijaksanaan telak dari pembawa buat memperbolehkan fitur itu dibuka kuncinya. Ini membolehkan pemakaian iPhone yang berawal dari operator di jaringan lain. Tipe modern iOS serta iPhone seluruhnya mensupport LTE di sebagian operator walaupun dari mana telepon awal mulanya dibeli. Terdapat sebagian program buat menghilangkan batas kunci SIM, namun tidak dibantu oleh Apple serta sangat kerap bukan membuka kunci permanen- membuka kunci lunak.

Manajemen hak digital

Watak tertutup serta hak kepunyaan iOS sudah memanen kritik, paling utama oleh para pemelihara hak digital semacam Electronic Frontier Foundation, insinyur pc serta penggerak Brewster Kahle, ahli hukum Internet Jonathan Zittrain, serta Gratis Aplikasi Foundation yang menentang kegiatan perkenalan iPad serta sudah mematok iPad dengan kampanye” Cacat oleh Konsep” mereka. Kompetitor Microsoft, lewat ahli ucapan PR, mempersoalkan pengawasan Apple atas platformnya.

Yang jadi permasalahan merupakan pemisahan yang diberlakukan oleh konsep iOS, ialah manajemen hak digital( DRM) yang dimaksudkan buat mengancing alat yang dibeli ke program Apple, bentuk pengembangan( menginginkan langganan tahunan buat megedarkan aplikasi yang dibesarkan buat iOS), cara persetujuan terkonsentrasi buat aplikasi, dan pengawasan biasa Apple serta penguncian program itu sendiri. Paling utama yang dipermasalahkan merupakan keahlian Apple buat menonaktifkan ataupun menghilangkan aplikasi dari jarak jauh.

Sebagian di komunitas teknologi sudah melaporkan keprihatinannya kalau iOS yang terkunci ialah gaya yang bertumbuh dalam pendekatan Apple kepada komputasi, spesialnya perpindahan Apple dari mesin yang bisa” diusik” oleh para penggemar yang bisa” bercanda” serta menulis kemampuan pemisahan sejenis itu buat membatasi inovasi fitur lunak. Mantan developer Facebook Joe Hewitt menentang pengawasan Apple atas fitur kerasnya selaku” anteseden yang seram” namun menyanjung sandboxing aplikasi iOS.

Kernel

Kernel iOS merupakan kernel XNU Darwin. OS iPhone asli( 1. 0) sampai iPhone OS 3. 1. 3 memakai Darwin 9. 0. 0d1. iOS 4 didasarkan pada Darwin 10. iOS 5 didasarkan pada Darwin 11. iOS 6 didasarkan pada Darwin 13. iOS 7 serta iOS 8 didasarkan pada Darwin 14. iOS 9 didasarkan pada Darwin 15. iOS 10 didasarkan pada Darwin 16 iOS 11 didasarkan pada Darwin 17. iOS 12 didasarkan pada Darwin 18. iOS 13 didasarkan pada Darwin 19.

Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts

Apa itu Palm OS? Palm Software dan Palm OS | www.freewarepalm.com