History and The Pros Palm OS You Can’t Miss

Spread the love

History and the Pros Palm OS You Can’t Miss – Palm OS is one of the pioneers in the operating system which most people have no clue about that. Operating System is important since it is the key to operate the system of the mobile phone. Without OS, cannot access email and other important features in their smartphone. Here a glimpse about Palm OS you better know.

– Brief History of Palm OS

Palm Operating System is also known as Garnet Operating System. It is a mobile operating system which has been stopped due to the tight competition. It was designed and developed under the leadership of Jeff Hawkins in Palm Computing, Inc. This operating system was designed for the use of the touch screen in functionality and simplicity with the base of graphical user interface technology.

Palm Operating System developed as the time goes by and launched the newest version from its beginning version. Palm OS has 7 versions in total as follow Palm OS 1.0, Palm OS 2.0, Palm OS 3.0, Palm OS 4.0, Palm OS 5.0 or Garnet OS, Palm OS Cobalt and Third-party OS Enhancement.

– The Pros of Palm OS

The function of the OS is important for mobile devices, such as a smartphone and computer. It is the base of many applications that worked in smartphone and computer as well. Without the existence of the operating system, applications such as online casino application and the online game cannot be opened and ran. The user of Palm OS can enjoy some pros this operating system, such as in better in processing power, greater security, foremost multimedia features and greater choices of wireless accessibility.

Palm OS is one of the pioneers of the mobile operating system that can provide the user with many functions of the personal digital assistant. It allows the user to explore and do the basic tasks in touch screen gadget.

Bagaimana Palm Pre dan WebOS Menginspirasi Smartphone Modern
Info OS Palm OS

Bagaimana Palm Pre dan WebOS Menginspirasi Smartphone Modern

Bagaimana Palm Pre dan WebOS Menginspirasi Smartphone Modern – Ketika datang ke dukungan teknis di toko, saya harus sopan dan menguji beberapa smartphone yang dirilis dalam beberapa hari. Selain adanya iPhone generasi ke 4, Palm Pre adalah yang paling berkesan.

Bagaimana Palm Pre dan WebOS Menginspirasi Smartphone Modern

 freewarepalm – Dipimpin oleh sebuah perusahaan dari sekelompok mantan pegawai insinyur dari brand Apple, ini juga merupakan sebuah upaya untuk bisa membawa sesuatu yang berbeda ke pasar pada tahun ke-2009 juga. iOS dan Android masih dalam masa pertumbuhan, dan iOS 3 menawarkan salin dan tempel pada tahun yang sama, tetapi Palm adalah angin segar. udara. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjalankan OS yang sama sekali berbeda dengan fitur yang tidak akan dimiliki iOS dan Android dalam delapan tahun ke depan.

Baca Juga : Ingat WebOS Palm? Mungkin Tidak, Tetapi Apple dan Google Pasti Melakukannya

Hari-hari masa lalu webOS

Palm Pre menampilkan desain tepi bulat dan layar 3 inci, dengan bilah sensitif sentuhan di bawahnya yang dapat digunakan untuk melakukan gerakan. Dari multitasking hingga membuka layar beranda, keyboard di bawah layar dibebaskan, yang muncul dengan menggeser layar Palm Pre ke atas.

Perangkat ini juga memiliki pengisian nirkabel, dengan pengisi daya TouchStone opsional. Itu adalah dok bundar yang membutuhkan selubung belakang Palm Pre untuk ditukar agar metode pengisian berfungsi. Meskipun lambat, itu berhasil – menariknya, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai hingga penuh adalah sekitar 3 jam, mirip dengan sebuah pengisian jenis nirkabel iPhone X yang saat itu dirilis 8 tahun kemudian pada tahun yang ke-2017. webOS dipamerkan pada tahun 2009 sebagai sistem operasi dengan pandangan berbeda dalam multitasking untuk kartu Palm Pre:. Aplikasi yang berjalan bisa dikelola dan juga bisa ditutup dengan menggesekkan sebuah kartu dari area gerakan di bawah layar.

Tetapi fitur keren tidak berakhir di situ. Synergy memungkinkan Anda menyinkronkan kontak dan cadangan ke cloud, lalu mengaksesnya dari PC atau Mac Anda. Dalam contoh lain, menggesek ke bawah dari kanan atas menampilkan Pusat Kontrol Pengaturan, mirip dengan apa yang terjadi dengan gerakan yang sama pada iPhone hari ini. Anda dapat melihat sisa masa pakai baterai Palm Pre Anda di sebelah sakelar WiFi, Bluetooth, dan Mode Pesawat.

Akhirnya sentuhan yang bagus – akses ke mode pengembang. Itu dapat diakses di Android dengan mengetuk ‘Tentang Telepon’ di aplikasi Pengaturan, tetapi dibuka di sini dengan kode cheat yang disebut Kode Konami. Dalam game Konami seperti Contra, Castlevania, dan Dance Dance Revolution, cheat membuka level, kesulitan, dan kehidupan tanpa batas saat Anda mengetik. Alih-alih menekan tombol panah untuk cheat dalam game di Palm Pre, Anda memasukkan kode ke layar splash. Mode Pengembang Aktif Ini: Fitur kecil namun menarik yang memungkinkan Anda menginstal aplikasi lain yang tidak ada di toko Katalog Aplikasi Palm.

Mengingat ponsel ini dirilis pada tahun 2009, diikuti oleh model lain pada tahun 2010, itu adalah yang terdepan dalam banyak hal. Namun, sayangnya, itu datang di pasar terlambat. IPhone siap untuk berkuasa dan kemudian memecahkan langit-langit lebih jauh dengan iPhone 4. Palm dibeli oleh HP pada Juli 2010, dan akhirnya, Pre tidak lagi digunakan. Namun, webOS dipintal menjadi beberapa printer HP, anehnya, dan juga akan menjadi bagian dari beberapa televisi, memastikan nama webOS masih ada sampai sekarang.

Menggunakan Palm Pre pada tahun 2021

Di Palm Pre yang saya gunakan sekarang, saya dapat menggunakan aplikasi bawaan, tetapi masalah internet membuat aplikasi browser web, YouTube, dan Google Maps tidak berguna. Kamera memiliki lampu kilat internal, tetapi gambarnya buram menurut standar 2021. Menggunakan keyboard masih bagus. Saya menulis tajuk artikel ini di aplikasi Memo tanpa masalah, bahkan dengan tangan saya yang besar. Saya dapat membayangkan remake modern dari Palm Pre untuk tahun 2022, dengan bezel yang lebih sedikit, kamera yang jauh lebih baik, dan keyboard yang sedikit lebih besar, tetapi itu mungkin harus dibiarkan dalam imajinasi saya.

Saya masih menginginkan beberapa skeuomorphism untuk kembali, dan melihatnya di webOS di smartphone ini adalah nostalgia besar ke tahun 2009. Namun, Palm Pre tetap menjadi smartphone yang hampir hilang dari waktu ke waktu; di mana pabrikan baru dapat mengeluarkan smartphone berbeda yang akan membedakan dirinya dari iOS dan Android.

Kita mungkin tidak akan pernah melihat ponsel serupa lagi, tetapi ada baiknya memikirkan masa lalu, sekarang dan masa depan, terutama selama liburan ini, tentang bagaimana cara kita menggunakan sebuah perangkat kita untuk setiap hari dan juga bagaimana kita bisa mengambil keputusan tertentu memengaruhi orang lain. Palm Pre adalah contohnya pada tahun 2009, dan untuk alasan itu saja, ponsel ini akan dikenang selama bertahun-tahun yang akan datang.

skeuomorphism

skeuomorph adalah sebuah objek derivatif yang mempertahankan hias desain isyarat (atribut) dari struktur yang diperlukan dalam asli. Contohnya termasuk tembikar yang dihiasi dengan paku keling imitasi yang mengingatkan pada pot serupa yang terbuat dari logam dan kalender perangkat lunak yang meniru penampilandari mengikat pada kalender meja kertas.

Pengertian dan tujuan

Istilah skeuomorph merupakan gabungan dari skeuos (σκεῦος), yang berarti “wadah atau alat”, dan morphḗ ( μορφή ), yang berarti “bentuk”. Ini telah diterapkan pada objek material sejak 1890 dan sekarang juga digunakan untuk menggambarkan antarmuka komputer dan seluler. Definisi alternatif serupa dari skeuomorph adalah ” ornamen fisik atau desain pada objek yang dibuat menyerupai bahan atau teknik lain”. Definisi ini lebih luas cakupannya, karena dapat diterapkan pada elemen desain yang masih memiliki fungsi yang sama seperti pada desain sebelumnya.

Skeuomorphs mungkin sengaja digunakan untuk membuat tampilan baru lebih akrab dan nyaman, atau mungkin hasil dari pengaruh budaya dan norma pada desainer. Mereka mungkin ekspresi artistik pada bagian dari desainer. Peneliti kegunaan dan akademisi Don Norman menjelaskan skeuomorphism dalam hal batasan budaya: interaksi dengan sistem yang dipelajari hanya melalui budaya. Norman juga mempopulerkan persepsi keterjangkauan , di mana pengguna dapat mengetahui apa yang disediakan atau dilakukan suatu objek berdasarkan penampilannya, yang dapat dibuat dengan mudah oleh skeuomorfisme.

Konsep skeuomorphism tumpang tindih dengan konsep desain lainnya. Mimesis adalah tiruan, berasal langsung dari kata Yunani. Arketipe adalah ide atau model orisinal yang ditiru, dimana emulasinya bisa skeuomorphic. Skeuomorphism sejajar dengan, tetapi berbeda dari, ketergantungan jalur dalam teknologi, di mana perilaku fungsional elemen dipertahankan bahkan ketika alasan asli untuk desainnya tidak ada lagi.

Contoh fisik

Banyak fitur bangunan kayu diulang dalam batu oleh orang Yunani Kuno ketika mereka beralih dari kayu ke konstruksi batu. Batu dekoratif fitur dalam urutan Doric dari arsitektur klasik di kuil Yunani seperti triglyphs , mutules , guttae , dan modillions seharusnya berasal dari fitur struktural dan fungsional sebenarnya dari candi awal kayu. The triglyph dan guttae dilihat sebagai menciptakan batu fitur fungsional dari kuil-kuil kayu yang mendahului mereka, masing-masing balok-ujungnya diukir dan enam pasak kayu didorong untuk mengamankan balok di tempat.

Secara historis, barang-barang berstatus tinggi seperti cangkir perak Minoa yang rumit dan mahal diciptakan kembali untuk pasar yang lebih luas menggunakan tembikar , bahan yang lebih murah. Pertukaran bentuk antara logam dan keramik, seringkali dari yang pertama ke yang terakhir, hampir konstan dalam sejarah seni dekoratif . Terkadang pelet tanah liat digunakan untuk membangkitkan paku keling dari logam asli.

Ada juga bukti skeuomorphism dalam transisi material. Kulit dan tembikar sering membawa fitur dari rekan-rekan kayu dari generasi sebelumnya. Tembikar tanah liat juga ditemukan membawa tonjolan berbentuk tali, menunjuk ke pengrajin yang mencari bentuk dan proses yang sudah dikenal saat bekerja dengan bahan baru. Dalam konteks ini, skeuomorph ada sebagai sifat yang dicari pada objek lain, baik untuk keinginan sosial atau kenyamanan psikologis.

Di era modern, barang-barang plastik yang lebih murah sering mencoba untuk meniru produk kayu dan logam yang lebih mahal, meskipun mereka hanya skeuomorfik jika ornamen baru mengacu pada fungsi aslinya, seperti kepala sekrup yang dicetak pada barang-barang plastik cetakan. Skeuomorph terkenal lainnya adalah kursi plastik Adirondack.

Tuas pada mesin slot mekanis, atau ” bandit satu tangan “, adalah fitur kemunduran skeuomorfik ketika muncul pada mesin slot video modern, karena tidak lagi diperlukan untuk mengatur mekanisme fisik dan roda gigi ke dalam gerakan. Barang-barang pakaian juga diberikan perlakuan skeuomorphic; misalnya, gesper palsu pada sepatu tali tertentu, seperti Mary Janes untuk anak-anak kecil, yang memungkinkan retensi estetika asli.

Desain otomotif secara historis penuh dengan skeuomorfisme fisik, seperti komponen plastik berlapis krom tipis dan elemen kulit imitasi, emas, kayu, mutiara, atau permata kristal. Pada 1970-an, jendela opera dan atap vinil pada banyak mobil sedan mewah meniru pekerjaan kereta dari era kuda dan kereta . Pada 2019 , sebagian besar mobil listrik menampilkan kisi-kisi depan yang menonjol, meskipun ada sedikit kebutuhan udara untuk mendinginkan mesin pembakaran internal yang tidak ada.

Ingat WebOS Palm? Mungkin Tidak, Tetapi Apple dan Google Pasti Melakukannya
Info OS Palm OS

Ingat WebOS Palm? Mungkin Tidak, Tetapi Apple dan Google Pasti Melakukannya

Ingat WebOS Palm? Mungkin Tidak, Tetapi Apple dan Google Pasti Melakukannya – Sungguh ironis bahwa mungkin komentar terbaik tentang industri teknologi adalah kalimat yang ditulis 160 tahun lalu oleh penyair Quaker John Greenleaf Whittier: “Dari semua kata-kata sedih dari lidah atau pena, yang paling menyedihkan adalah ini: ‘Mungkin saja!’”

Ingat WebOS Palm? Mungkin Tidak, Tetapi Apple dan Google Pasti Melakukannya

 freewarepalm – Terlepas dari keberhasilan sistem operasi Unix AT&T, PlayStation Sony, Apple Macintosh dan sejumlah produk lain yang membawa inovasi nyata kepada massa, sejarah komputasi digital yang relatif singkat dipenuhi dengan perangkat lunak dan perangkat keras superior yang karena berbagai alasan mati di pasar atau dalam beberapa kasus — muncul di benak Xerox Alto — tidak pernah mencapai pasar massal sama sekali.

Baca Juga : Palm Treo Antik Memiliki Tampilan QWERTY moderen

Beberapa dari produk ini, seperti yang kompatibel dengan Amiga, masih hidup dengan cara tertentu karena para penggemar berat dan geek yang bernostalgia bekerja untuk menjaga perangkat lunak dan perangkat keras yang mereka sukai di masa muda mereka tetap hidup di abad ke-21.

Kadang-kadang, inovasi dahulu kala yang disimpan dari dilupakan oleh pelestari digital mendapatkan kesempatan kedua untuk hidup. Pertumbuhan eksplosif game retro dalam beberapa tahun terakhir adalah contoh yang bagus. Anak-anak tahun 2000-an dan bahkan lebih baru datang untuk menghargai dan mengalami klasik seperti Super Mario Brothers, Pac-Man atau Galaga.

Namun, lebih sering daripada tidak, perangkat lunak dan perangkat keras inovatif yang musnah di pasar hanya hidup melalui peniruan — karena pesaing yang sukses menyalin ide dari produk yang mereka kalahkan.

Komputer Amiga yang diproduksi oleh Commodore, misalnya, laris manis di Eropa tetapi tidak pernah benar-benar laku di Amerika. Ini sebagian karena komputasi di negara ini sangat berfokus pada bisnis pada 1980-an dan hanya sedikit orang yang memahami apa yang dapat dilakukan dengan perangkat yang mampu menghasilkan suara, grafik, dan video tingkat lanjut. Saat ini, semua orang menerima hal-hal seperti itu begitu saja.

Hampir tidak ada yang tahu apa itu OS RISC, tetapi teknik “anti-aliasing” untuk menampilkan font pada monitor digunakan di hampir semua sistem operasi lain. Konsep BlackBerry tentang pengiriman email seluler instan bersifat universal, meskipun perusahaan tidak lagi memiliki pangsa pasar yang signifikan.

Perusahaan komputasi NeXT Steve Jobs mengalami kegagalan komersial, tetapi fokusnya untuk mengambil sistem operasi Unix yang kompleks dan kuat dan membuatnya dapat digunakan oleh ilmuwan non-komputer adalah kemajuan mendasar yang menggerakkan macOS dan iPhone saat ini. Lingkungan perangkat lunak NeXT memungkinkan Tim Berners-Lee untuk membuat World Wide Web pada tahun 1990 juga.

Warisan NeXT Jobs masih berdampak pada dunia saat ini. Dalam kasus smartphone, yang berpengaruh seperti iPhone, kenyataannya adalah bahwa kita hidup di dunia WebOS, bahkan jika kebanyakan orang tidak menyadarinya.

Dirilis pada tahun 2009 oleh Palm — perusahaan yang sama yang mempopulerkan PDA pada 1990-an — WebOS memelopori sejumlah inovasi, termasuk beberapa kalender yang disinkronkan, media sosial terpadu dan manajemen kontak, tampilan melengkung, pengisian daya nirkabel, teks terintegrasi dan pesan Web, dan tidak mengganggu pemberitahuan.

Sistem operasi, yang dibangun di atas kernel Linux, juga legendaris karena dapat dengan mudah ditingkatkan oleh pengguna dengan keterampilan pemrograman. WebOS juga istimewa karena menggunakan teknologi internet asli seperti JavaScript untuk aplikasi lokal. Itulah sebagian besar alasan mengapa ia mampu melakukan begitu banyak integrasi dengan layanan Web, sesuatu yang tidak dapat ditandingi oleh para pesaingnya pada saat itu.

iOS 11 Apple yang akan datang sekali lagi menunjukkan seberapa jauh sebelumnya WebOS sebenarnya. Sistem seluler Apple yang belum dirilis pada dasarnya telah menyalin model WebOS untuk beralih aplikasi dengan meminta pengguna menggesek ke atas dari bawah untuk mengungkapkan beberapa “kartu” yang mewakili aplikasi latar belakang.

Sementara keputusan Apple untuk menghapus tombol Home yang terlalu banyak bekerja merupakan peningkatan, ini masih merupakan cara yang lebih rendah untuk beralih aplikasi, dibandingkan dengan apa yang dapat Anda lakukan di WebOS delapan tahun lalu.

Meskipun banyak inovasi WebOS, beberapa di antaranya masih tetap tak tertandingi hingga hari ini, sistem operasi seluler tertatih-tatih oleh kenyataan bahwa Palm tidak memiliki jumlah uang dan koneksi ke perusahaan telepon yang sama dengan yang dilakukan Google dan Apple. Tidak memiliki banyak uang juga berarti bahwa perangkat keras Palm tertinggal dari pesaing yang anggarannya lebih besar memungkinkan mereka untuk merilis perangkat keras lebih cepat.

“webOS sangat brilian. Jauh lebih baik daripada perangkat kerasnya,” kata jurnalis teknologi veteran Walt Mossberg di Twitter 30 Agustus .

Tetapi WebOS juga mati karena beberapa keputusan buruk. Meskipun mengumpulkan tim inovator yang hebat, CEO Palm Jon Rubenstein tidak mengerti bahwa mendapatkan internet penuh di ponsel Anda berarti orang menginginkan perangkat yang lebih besar, bukan yang lebih kecil. Mereka juga lelah harus mematuk keyboard kecil.

Tanpa dana untuk menawarkan berbagai faktor bentuk (seperti yang dilakukan Samsung dengan seri Galaxy aslinya ), taruhan Rubenstein pada ponsel Pre dan Pixi kecil tidak membuahkan hasil. Akhirnya, mencari sumber daya yang lebih besar, Palm menjual ke Hewlett-Packard. Dalam beberapa bulan setelah eksekusi penjualan, impian WebOS seluler berakhir, sebagian besar berkat penggulingan tak terduga dari kepala eksekutif HP Mark Hurd. (Rincian lengkap tentang apa yang terjadi ada di Chris Ziegler’.)

WebOS masih dijual hari ini, meskipun dalam bentuk yang sangat berbeda. Setelah HP memutuskan untuk mematikan perangkat keras seluler WebOS, ia menjual hak perangkat lunak tersebut kepada pembuat perangkat keras Korea LG, yang masih menggunakannya untuk menyalakan televisi pintarnya. Sebagian besar perangkat lunak di balik WebOS juga telah disediakan oleh HP sebagai sumber terbuka, dan ada sekelompok pengembang tangguh yang telah mengambil basis ini dan menggabungkannya dengan teknologi Android yang mendasarinya untuk membuat LuneOS .

Namun, kecuali Google membuat kesalahan besar dengan Android, atau seseorang di LG menciptakan perangkat lunak yang setara dengan perjalanan kecepatan cahaya, kecil kemungkinan kita akan melihat ponsel atau tablet WebOS lain. John Greenleaf Whittier berhasil.

Palm Treo Antik Memiliki Tampilan QWERTY moderen
Info OS Palm OS

Palm Treo Antik Memiliki Tampilan QWERTY moderen

Palm Treo Antik Memiliki Tampilan QWERTY moderen – Enam bulan lalu saya membeli beberapa smartphone biasa tapi menarik dengan keyboard QWERTY: Palm Treo dan BlackBerry Curve 9300. Ini adalah perwakilan dari dua platform yang sama sekali berbeda. Yang pertama adalah PDA khas pada Windows Mobile dengan semua yang tersirat. Yang kedua adalah petani menengah, ditujukan untuk segmen bisnis.

Palm Treo Antik Memiliki Tampilan QWERTY moderen

 freewarepalm  – Keduanya terlihat tidak biasa di zaman kita, tetapi saya selalu tertarik untuk memahami betapa nyamannya menggunakan perangkat seperti itu secara umum. Peringatan spoiler: Saya tidak pernah memiliki dialer QWERTY, jadi saya memahaminya dari sudut pandang pengguna modern. Saya akan berbicara tentang kesan saya lebih lanjut.

Baca Juga : Mengulas Tentang Kembalinya Pilot Palm

Anda merasa bahwa Anda sedang menulis

Ketika saya mengambil kedua ponsel di tangan, saya bingung dengan tombol fisik. Lagi pula, setelah belasan tahun dengan layar sentuh, dialer tombol-tekan dianggap bukan sebagai peninggalan masa lalu, tetapi sebagai sesuatu yang sangat tidak biasa. Pada awalnya tidak nyaman untuk mengetik di atasnya (terutama di Palm Treo, karena semua kunci dibulatkan dan sulit dibedakan pada level motor).

Saya memiliki jari yang besar, dan terkadang bantalan menyentuh tombol yang berdekatan, tetapi dua puluh menit kemudian, teman-teman, saya senang. Merasakan setiap huruf saat Anda mengetik adalah suatu kesenangan. Bukan seperti laptop, tapi pengalaman yang menarik. Mungkin, jika saya terus menggunakan telepon seperti itu, saya akan belajar menulis secara membabi buta.

Tombol pintas kurang di smartphone modern

Anda tahu, sebanyak saya suka menulis catatan dan teks di iPhone, ada minusnya. Untuk meletakkan titik, koma, tanda kurung, dan, secara umum, tanda apa pun, Anda harus membuka layar terpisah. Ini adalah norma, untuk semua orang, tetapi jauh lebih keren untuk menekan tombol fungsi dan mengklik tanda yang diinginkan di belakangnya. Efisiensi pencetakan akan meningkat secara dramatis. Saya pikir ini bisa dilakukan di keyboard virtual juga. Mudah-mudahan suatu hari nanti Apple akan datang dengan ide ini. Sesuatu yang serupa telah ada di iPad selama beberapa tahun.

Lebih sedikit kesalahan saat menulis di keyboard QWERTY fisik

Pengamatan utama. Biarkan ponsel cerdas memiliki algoritme khusus yang secara diam-diam memperluas zona sentuh huruf selama pencetakan. Secara paralel, menebak apa yang ingin kita tulis. Tetapi kontak fisik secara permanen mengurangi jumlah kesalahan yang Anda buat. Ini semua tentang kontak fisik jari dengan tombol individu. Benar-benar lebih mudah untuk memukul mereka “secara akurat” daripada menyentuh layar. Aku bahkan menyukai prosesnya. Ada sesuatu di dalamnya.

BlackBerry juga memiliki joystick sentuh yang keren

Poin ini tidak terkait dengan keyboard, tetapi saya tidak dapat menghilangkannya. Sementara semua ponsel tombol tekan menggunakan D-pad “klasik”, BlackBerry memiliki joystick yang peka terhadap sentuhan. Sangat keren untuk menavigasi antarmuka, menggulir daftar dan melakukan segalanya dengannya. Bahkan ada beberapa game bawaan dengan dukungannya. Dalam hal kenyamanan, ini mungkin sebanding dengan Roda Klik iPod. Tapi hanya dia yang keren di pemain, dan joystick ada di ponsel.

Tetapi apakah perangkat seperti itu dibutuhkan di zaman kita?

Anda tahu, bagi sebagian orang, ya, tapi tentu saja tidak untuk semua orang. Saya akan membeli perangkat yang “dimodernisasi”, misalnya, di Android. Hanya sebagai ponsel (cadangan) kedua. Meskipun jelas, meskipun sedikit, keunggulan keyboard QWERTY, turunan sensitif sentuhannya memiliki keunggulan yang lebih signifikan. Sekarang saya akan memberi tahu Anda secara singkat tentang semuanya.

Mengetik di layar sentuh lebih efisien

Nilai sendiri, untuk mengetik di keyboard fisik, Anda perlu menekan tombol. Ini adalah upaya ekstra. Di layar sentuh, saya bisa mengetik dengan cepat, seperti mesin otomatis. Pada keyboard fisik, ternyata lebih akurat, tetapi tidak lebih cepat. Sayang.

Keyboard virtual memiliki gesekan

Keuntungan utama dari keyboard virtual di smartphone. Mungkin mengetik buta pada beberapa BlackBerry lebih baik. Tetapi memasukkan teks dengan gesekan dengan menggerakkan jari Anda dari satu huruf ke huruf lainnya tanpa syarat lebih nyaman. Teknologi ini telah ada selama bertahun-tahun, bahkan di keyboard iOS (belum berfungsi dengan bahasa Rusia). Tetapi Anda dapat mengunduh GBoard di mana itu.

Anda dapat memasang keyboard yang berbeda

Apple telah lama mengizinkan pengembang lain untuk memasang papan ketik dari App Store jika Anda tidak puas dengan papan ketik iOS standar. Adalah logis bahwa trik seperti itu tidak akan berfungsi dengan smartphone dengan keyboard fisik.

Ternyata jika Anda menyukai smartphone, tetapi memiliki keyboard yang tidak nyaman yang tidak dapat Anda gunakan, Anda hanya perlu menderita. Oleh karena itu, smartphone modern dalam hal ini praktis tidak memiliki kompromi. Berkat kemajuan yang juga diinvestasikan Apple untuk ini.

Mengulas Tentang Kembalinya Pilot Palm
Info OS Palm OS

Mengulas Tentang Kembalinya Pilot Palm

Mengulas Tentang Kembalinya Pilot Palm – PDA lama, atau “asisten digital pribadi”, yang membantu menciptakan pasar smartphone ketika ide-idenya dipinjam secara bebas oleh Apple untuk iPhone pertama, akan kembali ke Australia dalam beberapa bulan ke depan. Hanya saja, kali ini Palm yang melakukan peminjaman. Versi baru sangat mirip dengan iPhone lama, hanya jauh lebih kecil.

Mengulas Tentang Kembalinya Pilot Palm

 freewarepalm – Raksasa elektronik China TCL memperoleh hak atas merek “Palm” pada tahun 2015, dan sebagai bagian dari terjun ke Australia tahun ini, mereka berencana untuk meluncurkan perangkat bermerek Palm pertamanya pada akhir Agustus atau awal September, kata Sam Skontos, pengelola direktur bisnis ponsel Alcatel dan BlackBerry yang sudah dioperasikan TCL di Australia.

Baca Juga : Tautan Palm Os Pilot Baru ke Internet Secara Nirkabel

Alcatel

Alcatel (sebelumnya Alcatel Mobile Phones dan Alcatel OneTouch) (diresmikan sebagai lcɑtel sejak 2016, sebelumnya ALCATEL) dimiliki oleh perusahaan elektronik konsumen Finlandia Nokia dan digunakan di bawah lisensi dari perusahaan elektronik China TCL Technology. Ini adalah merek ponsel Prancis. Merek Alcatel memperoleh lisensi ponsel dan perangkat dari bekas perusahaan telekomunikasi Prancis Alcatel Lucentke TCL pada tahun 2005, dan lisensi saat ini akan kedaluwarsa pada akhir tahun 2024. Nokia mengakuisisi aset Alcatel Lucent pada tahun 2016 dan mewarisi perjanjian lisensi merek Alcatel.

Sejarah

Alcatel Mobile Phones didirikan pada April 2004 sebagai perusahaan patungan antara Alcatel Lucent (45%) dan TCL Corporation (55%). Alcatel mulai memproduksi ponsel pada akhir tahun 1996. Pada tahun 2005, usaha patungan dibubarkan, TCL mengakuisisi 45% saham di Alcatel Lucent, dan Alcatel Mobile Phones menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh TCL Group. Nama merek dilisensikan ke TCL. Pada tahun 2010, Alcatel One Touch menjadi merek perusahaan. Itu dikembalikan ke Alcatel hanya pada Februari 2016 dan logo baru diperkenalkan.

Karena sistem operasi yang pernah dijalankan oleh Palms asli telah dijual ke LG (yang menggunakannya untuk menyalakan TV pintarnya), Palm Phone adalah perangkat Android, yang menjalankan Android 8.1.

Dan karena hanya memiliki layar kecil 3,3 inci dan berat hanya 63 gram, TCL memposisikannya sebagai “pendamping” untuk ponsel Anda yang ada, bukan sebagai penggantinya. Ukurannya yang kecil, lebarnya hanya 5 sentimeter dan tinggi 10 sentimeter, menjadikannya jenis perangkat yang Anda bawa di akhir pekan atau saat bepergian, kata TCL, membantu Anda menghilangkan kecanduan ponsel sambil tetap dapat dijangkau.

Tidak seperti perangkat pendamping lainnya di pasaran, seperti Apple’s Watch Series 4 dan Samsung Galaxy Watch 4G, Palm seukuran telapak tangan tidak akan memiliki e-sim yang memungkinkannya diletakkan pada paket yang sama dan nomor yang sama dengan Anda. telepon utama, hanya dengan tambahan $5 per bulan.

Itu punya SIM sendiri, dan itu, dikombinasikan dengan harga yang diharapkan sekitar $ 700, akan membatasi daya tariknya, TCL mengakui. Awalnya dimaksudkan untuk menjadi pendamping pada paket yang sama dengan telepon utama pelanggan, tetapi TCL tidak dapat meyakinkan operator telepon seluler Australia untuk mengaktifkan fitur tersebut untuk perangkat pendamping dengan SIM mereka sendiri, kata Skontos.

“Anda dapat memilikinya sebagai telepon akhir pekan, tetapi Anda harus mengganti SIM. “Kami tidak punya harapan tinggi. Kami tidak berharap bisa menjual ribuan,” katanya. Palm bukan satu-satunya merek baru yang rencananya akan dibawa oleh perusahaan China ke Australia tahun ini, mengisi kekosongan yang ditinggalkan rekan senegaranya, Huawei, sekarang karena dipaksa keluar dari pasar Australia.

Jawaban China untuk Samsung juga berencana untuk mengeluarkan telepon dengan mereknya sendiri, yang sekarang dikenal sebagai “TCL T1”. Ini akan duduk di suatu tempat di antara ponsel bermerek Alcatel yang murah dan ponsel bermerek BlackBerry kelas atas (meskipun jelas niche). “Saya realistis. T1 tidak akan (menjual) ratusan ribu unit. Kami tidak mengharapkannya menghasilkan jutaan dan jutaan dolar,” kata Skontos.

Tautan Palm Os Pilot Baru ke Internet Secara Nirkabel
Info OS Palm OS

Tautan Palm Os Pilot Baru ke Internet Secara Nirkabel

Tautan Palm Os Pilot Baru ke Internet Secara Nirkabel – Melepaskan Internet dari komputer desktop, 3Com Corporation pada hari Senin bermaksud untuk memperkenalkan versi pertama komputer genggam Palm Pilot yang populer yang dapat memasuki dunia maya menggunakan tautan nirkabel. – freewarepalm

Tautan Palm Os Pilot Baru ke Internet Secara Nirkabel

3Com Corporation

3Com Corporation adalah produsen elektronik digital yang terkenal dengan produk jaringan komputernya . Perusahaan ini didirikan bersama pada tahun 1979 oleh Robert Metcalfe , Howard Charney, dan lainnya.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS

Bill Krause bergabung sebagai Presiden pada tahun 1981. Metcalfe menjelaskan bahwa nama 3Com adalah singkatan dari “Kompatibilitas Komunikasi Komputer”, dengan fokusnya pada teknologi Ethernet yang ia ciptakan bersama, yang memungkinkan jaringan komputer.

3Com menyediakan pengontrol dan sakelar antarmuka jaringan , router , titik akses dan pengontrol nirkabel , sistem suara IP , dan sistem pencegahan intrusi . Perusahaan ini berbasis di Santa Clara, California . Dari akuisisi tahun 2007 atas 100 persen kepemilikan H3C Technologies Co., Limited (H3C) —awalnya merupakan usaha patungan dengan Huawei Technologies yang berbasis di China —3Com mencapai kehadiran pasar di China , dan pangsa pasar jaringan yang signifikan di Eropa , Asia , dan orang Amerika. Produk 3Com dijual dengan merek 3Com, H3C, dan TippingPoint.

Pada tanggal 12 April 2010, Hewlett-Packard menyelesaikan akuisisi 3Com, dan tidak ada lagi sebagai entitas yang terpisah. Produk, dukungan, dan teknologi 3Com akhirnya digabungkan ke dalam unit bisnis Jaringan Aruba HPE setelah HP mengakuisisi Aruba pada tahun 2015 dan selanjutnya dipecah menjadi HPE pada tahun yang sama.

Setelah membaca artikel di ALOHAnet , Robert Metcalfe menjadi tertarik dengan jaringan komputer. ALOHAnet adalah sistem jaringan area luas over-the-air di Hawaii menggunakan radio frekuensi ultra tinggi dan membuat beberapa asumsi yang menurut Metcalfe tidak benar dalam praktiknya. Dia mengembangkan teorinya sendiri tentang bagaimana mengatur lalu lintas, dan mulai mempertimbangkan sistem jaringan “ALOHAnet in a wire”.

Baca Juga :Lima Cara Teknologi Seluler Mengubah Hidup Kita

Pada tahun 1972, ia bergabung dengan Xerox PARC untuk mengembangkan ide-ide ini, dan setelah berpasangan dengan David Boggs , keduanya memiliki versi awal Ethernet 3 Mbit/s yang bekerja pada tahun 1973. Mereka kemudian membangun protokol jaringan yang dikenal sebagai PARC Universal Packet(PuP), dengan seluruh sistem siap untuk dibangun pada akhir tahun 1974.

Pada titik ini, manajemen Xerox tidak melakukan apa-apa, bahkan setelah didekati oleh calon pelanggan. Semakin kesal dengan kurangnya minat manajemen, Metcalfe meninggalkan Xerox pada tahun 1975, tetapi dia dibujuk kembali lagi pada tahun berikutnya. Perkembangan lebih lanjut diikuti, menghasilkan protokol Xerox Network Systems (XNS) mani , yang diselesaikan pada tahun 1978. Sekali lagi, Metcalfe menemukan bahwa manajemen tidak mau benar-benar melakukan apa pun dengan produk, dan dia mengancam akan pergi dan pada 1979 dia meninggalkan perusahaan. perusahaan.

Pengenalan unit, Palm VII, dapat menjadi tonggak sejarah dalam evolusi Internet, memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan mudah dari mobil atau pantai. Meskipun Microsoft Corporation, Psion of Britain dan perusahaan lain mencoba mengembangkan perangkat lunak untuk menghubungkan telepon nirkabel ke World Wide Web, Palm Pilot telah mendominasi pasar komputer genggam di Amerika Serikat dan menikmati basis yang sangat setia. pelanggan.

Pengenalan Palm VII juga akan meningkatkan aspirasi BellSouth Corporation untuk tetap menjadi yang terdepan dalam komunikasi nirkabel. Palm VII menggunakan jaringan data nirkabel BellSouth, yang mencakup sebagian besar kota besar di negara ini.

Meskipun Palm Pilot baru tidak menyediakan panggilan telepon, beberapa analis komunikasi dan eksekutif percaya bahwa itu tidak akan menjadi hambatan besar. Sebagian besar telepon nirkabel yang menyertakan layanan data tidak memungkinkan pengguna untuk berbicara dan mendapatkan akses ke Internet pada saat yang bersamaan, karena layar ditekan ke pipi pengguna selama panggilan telepon.

3Com bermaksud untuk membuat produk baru, yang akan memiliki daftar harga $599, tersedia pertama kali di New York, New Jersey dan Connecticut. Tetapi orang yang membeli Palm VII di daerah tersebut akan dapat menggunakannya di seluruh negeri.

”Sekarang ada jaringan yang mulus,” kata Janet Boudris, wakil presiden senior untuk pemasaran strategis untuk unit data nirkabel BellSouth. ”Jadi jika Anda naik pesawat di New York dan turun di LA, layanan ini akan bekerja dengan lancar.”

Palm VII menggunakan teknologi yang dikenal sebagai kliping Web, yang memformat ulang halaman Web agar sesuai dengan layar Palm Pilot. Di antara operasi yang telah mendaftar untuk menyediakan konten ke unit baru adalah Espn.com, untuk skor dan informasi olahraga; Moviefone.com, jadwal film dan reservasi; United Parcel Service, pelacakan paket, dan E-Trade, harga saham.

3Com awalnya ingin mengenakan biaya $9,99 per bulan untuk paket layanan dasar, meskipun layanan lengkap dapat meningkatkannya menjadi $24,99 per bulan atau lebih tinggi. Paket harga yang berbeda juga akan mencakup jumlah transaksi nirkabel yang berbeda

Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS
Info OS Palm OS Uncategorized

Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS

Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS – Palm adalah lini personal digital assistant (PDA) dan ponsel yang dikembangkan oleh Palm, Inc. yang berbasis di California , awalnya bernama Palm Computing, Inc. Perangkat Palm sering dikenang sebagai “komputer genggam pertama yang sangat populer,” yang bertanggung jawab untuk mengantarkan yang smartphone era.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS

freewarepalm – Perangkat Palm pertama, PalmPilot 1000 , dirilis pada tahun 1996 dan terbukti populer. Hal ini menyebabkan pasar yang berkembang untuk perangkat komputasi portabel di mana usaha-usaha sebelumnya seperti Apel ‘s Newton gagal atau orang lain seperti Hewlett-Packard ‘ s 200LX hanya menyajikan target niche market.

Baca Juga : Ulasan Lebih Jauh Tentang Palm Phone

Sebagian besar PDA dan ponsel Palm menjalankan perangkat lunak Palm OS internal yang kemudian juga dilisensikan ke OEM lainnya . Beberapa perangkat berlari pada Microsoft ‘s Windows Mobile . Pada tahun 2009 webOS penerus Palm OS dirilis, pengiriman pertama dengan Palm Pre . Pada tahun 2011 Hewlett-Packard menghentikan merek Palm dan mulai merilis perangkat baru dengan merek HP, tetapi menghentikan perangkat kerasnya pada tahun yang sama.

Pada tahun 2018, sebuah start-up San Francisco bernama Palm dan didukung oleh TCL Corporation (pemilik merek Palm) merilis perangkat baru yang disebut Palm , meskipun pada dasarnya tidak ada hubungannya dengan perangkat Palm asli.

Sejarah

Pengembangan awal

Pilot adalah nama generasi pertama asisten digital pribadi yang diproduksi oleh Palm Computing pada tahun 1996 (saat itu merupakan divisi dari Robotika AS ). Penemu Pilot adalah Jeff Hawkins , Donna Dubinsky , dan Ed Colligan , yang mendirikan Palm Computing pada tahun 1992. Tujuannya ini dari awal perusahaan ini ,merupakan untuk membuat sebuah perangkat lunak pengenalan tulisan tangan, bernama PalmPrint, dan perangkat lunak manajemen informasi pribadi (PIM), bernama PalmOrganizer untuk perangkat Zoomer berbasis PEN/GEOS.

Penelitian mereka meyakinkan mereka, namun, mereka juga bisa membuat perangkat keras yang lebih baik. Sebelum memulai pengembangan Pilot, Hawkins mengatakan dia membawa balok kayu, seukuran Pilot potensial, di sakunya selama seminggu. Palm secara luas dianggap telah mendapat manfaat dari upaya sebelumnya yang terkenal, jika bernasib buruk, untuk membuat platform komputasi genggam yang populer oleh Go Corporation , Tandy , dan Apple Computer ( Newton ).

PalmPilot1000 dan 5000 (1996)

Prototipe untuk Palm Connected Organizer pertama disebut “Palm Taxi”. Pada tahun 1996 Palm merilis PDA generasi pertamanya, PalmPilot 1000 dan 5000 . Setelah penyelesaian di luar pengadilan pada tahun 1998 atas gugatan pelanggaran merek dagang yang diajukan oleh Pilot Pen Corporation , perusahaan tidak lagi menggunakan nama itu, malah menyebut perangkat genggamnya sebagai Palm Connected Organizers atau lebih umum sebagai “Palms” .

Palm pertama, Pilot 1000 dan Pilot 5000 , tidak memiliki port inframerah , lampu latar , atau memori flash , tetapi memiliki port komunikasi serial . Ukuran RAM mereka masing-masing 128 kB dan 512 kB, dan mereka menggunakan Palm OS versi 1. Kemudian, menjadi mungkin untuk memutakhirkan internal Pilot 1000 atau 5000 menjadi RAM internal hingga 1 MB.

Ini dilakukan dengan pembelian modul upgrade yang dijual oleh Palm, dan penggantian beberapa komponen perangkat keras internal. Awalnya, dianggap bahwa semua PDA Palm harus dapat ditingkatkan perangkat kerasnya sampai batas tertentu, tetapi pada akhirnya, kemampuan ini memberi jalan ke slot memori eksternal dan memori flash yang dapat diupgrade firmware setelah seri Palm III.

Generasi berikutnya (1998-2000)

Beberapa Palms berikutnya, PalmPilot Personal dan PalmPilot Professional , memiliki layar dengan lampu latar, tetapi tidak ada port inframerah atau memori flash. Ukuran RAM mereka masing-masing adalah 512 kB dan 1024 kB. Mereka menggunakan versi 2 dari Palm OS.

Baca Juga : Cara Membuka Kunci Ponsel Anda Dengan Semua Operator Utama

Palm III , dan semua Palm berikutnya, tidak memiliki kata “Pilot” dalam namanya karena sengketa merek dagang yang disebutkan sebelumnya. Palm III memiliki port IR , lampu latar , dan memori flash . Yang terakhir memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade Palm OS, atau, dengan beberapa aplikasi eksternal, untuk menyimpan program atau data dalam memori flash.

Itu berjalan pada dua baterai AAA standar . Itu mampu mempertahankan energi yang cukup selama 10-15 menit untuk mencegah kehilangan data selama penggantian baterai. Ini memiliki 2 megabyte memori, besar pada saat itu, dan menggunakan Palm OS 3. (Palm juga memproduksi kartu upgrade untuk seri Pilot, yang membuatnya secara fungsional setara dengan Palm III.)

Sementara itu, dengan Palm Computing yang sekarang menjadi anak perusahaan 3Com , para pendiri merasa mereka tidak memiliki kendali yang cukup atas pengembangan produk Palm. Akibatnya, mereka meninggalkan 3Com dan mendirikan Handspring pada Juni 1998. Ketika mereka meninggalkan Palm, Hawkins mendapatkan lisensi untuk Palm OS untuk Handspring, dan perusahaan tersebut menjadi pemegang lisensi Palm OS pertama. Handspring kemudian memproduksi Handspring Visor , tiruan dari perangkat genggam Palm yang menyertakan slot ekspansi perangkat keras (perangkat Palm awal juga memiliki slot ekspansi perangkat keras, namun ini untuk tujuan peningkatan perangkat, bukan periferal) dan menggunakan perangkat lunak yang sedikit dimodifikasi.

Versi Palm berikutnya menggunakan Palm OS 3.1. Ini termasuk Palm IIIx dengan memori 4 Megabyte, Palm IIIe tanpa memori flash atau slot ekspansi perangkat keras (dan tersedia dengan harga lebih rendah), Palm V dengan memori 2 Megabyte, dan Palm Vx dengan memori 8 Megabyte.

Palm VII memiliki koneksi nirkabel ke beberapa layanan Internet, tetapi koneksi ini hanya berfungsi di Amerika Serikat. Ini menggunakan Palm OS 3.2. Palm IIIc adalah handheld Palm pertama dengan layar berwarna. Ini menggunakan Palm OS 3.5 yang menyediakan alat ekstensif untuk menulis aplikasi warna. Beberapa perangkat genggam yang lebih baru ini, misalnya Palm V, menggunakan baterai isi ulang internal. Belakangan, fitur ini menjadi standar untuk semua Palms.

Handheld Palm hingga tahun 2002 berisi prosesor Motorola DragonBall , bagian dari keluarga Motorola 68000 . Dimulai dengan Palm Tungsten , platform beralih ke arsitektur ARM dengan Texas Instruments , Samsung , dan Intel sebagai pemasok. Karena ARM sebelumnya telah digunakan dalam seri Apple Newton , platform tersebut memiliki investasi yang signifikan dalam aplikasi seluler dan berdaya rendah.

Info OS Palm OS

Ulasan Lebih Jauh Tentang Palm Phone

Ulasan Lebih Jauh Tentang Palm Phone – Ponsel mungil Palm terlihat seperti alat komedi, tetapi lelucon sebenarnya adalah masa pakai baterai. Itu biasanya ekspresi yang saya dapatkan ketika saya mengeluarkan ponsel Palm baru, salah satu ponsel Android terkecil yang dirilis dalam memori baru-baru ini.

Ulasan Lebih Jauh Tentang Palm Phone

freewarepalm – Perangkat 3,3 inci ini memiliki lembar spesifikasi yang lebih dekat ke jam tangan pintar daripada ponsel cerdas, dan lebih terlihat seperti penyangga dari drama komedi daripada produk konektivitas yang serius. Ada ponsel dengan layar 3,3 inci di masa lalu, tetapi belum benar-benar digabungkan dengan tren desain yang lebih ringkas saat ini. Hasilnya adalah sesuatu yang sangat kecil, sangat menarik. Telepon Palm terlihat seperti lelucon.

Baca Juga : Cara Memprogram Sistem Operasi (OS) Anda Sendiri

Tunggu, “Telepon sawit”? Itu Palm? Yap, ponsel ini, yang disebut “Palm” dan dari perusahaan “Palm” (jadi Palm Palm ?) adalah merek zombie yang baru dibentuk yang terbuat dari abu Palm Inc yang legendaris, perusahaan yang sama yang menciptakan Palm Pilot , Palm Treo, dan WebOS. Setelah meledak di pasar smartphone sekitar tahun 2010 dan menjual ke HP , perusahaan Cina TCL membeli hak Palm kembali pada tahun 2014 dan mengumumkan rencanauntuk menghidupkan kembali perusahaan pada tahun 2015.

Mayat Palm tetap diam selama beberapa tahun, tetapi kombinasi yang tepat dari bulan purnama, atau sambaran petir, atau sesuatu yang membangunkan perusahaan kembali hidup bulan lalu. Produk pertama Zombie Palm adalah smartphone mungil eksklusif Verizon ini dengan banderol harga yang tidak terlalu kecil yaitu $350.

Desain dan kualitas bangunan

Palm pasti melakukan sesuatu yang benar dengan desain telepon Palm. Sebelum pusat logika otak masuk dan bertanya, “Untuk apa saya harus menggunakan ini?” Kesan awal orang terhadap ponsel Palm biasanya adalah hiburan. Anda akan selalu mendapatkan senyuman, tawa, atau tatapan mata ketika Anda menunjukkan ponsel Palm untuk pertama kalinya kepada seseorang. Ini sangat lucu dan kecil dan berbeda. Anda terlihat konyol menggunakannya di depan umum, dan Anda biasanya akan mendapatkan tatapan aneh dari orang-orang karena mereka pasti bertanya-tanya, “apa benda itu?”

Sulit untuk mengomunikasikan betapa kecilnya telepon dari lembar spesifikasi, tetapi inilah sedikit latihan untuk Anda yang di rumah: ambil dompet Anda, ambil kartu kredit, dan pegang seolah-olah itu adalah smartphone. Itu tentang seberapa besar telepon Palm. Sekarang pegang kartu kredit di kedua tangan, tempelkan kedua ibu jari di bagian depan, dan berpura-pura Anda sedang mengetik di keyboard QWERTY kecil. Tangan kamu udah kram belum? Sulit membayangkan mengetik di keyboard sekecil itu? Anda sekarang mendapatkan ide bagus tentang apa yang diharapkan.

Layar 3,3 inci tidak terdengar kecil pada lembar spesifikasi: bagaimanapun, iPhone generasi pertama memiliki layar 3,5 inci, dan ponsel Android pertama (T-Mobile G1/HTC Dream) memiliki layar 3,2- layar inci, jadi tidak terdengar aneh. Smartphone awal itu hanya memiliki rasio aspek 3:2. Jadi mereka jauh lebih lebar dari layar 16:9 telepon Palm. Jadi, lupakan ukuran layarnya—Anda mungkin belum pernah memegang smartphone setipis ini.

Layar 1280×720 berarti ponsel Palm mengemas 445 piksel per inci. Layarnya yang kecil dan padat terlihat bagus, meskipun hanya LCD. Bagian depan dan belakang dilapisi dengan Gorilla Glass, dengan bingkai aluminium yang mengintip dari antara dua panel kaca. Bagian belakang kaca adalah magnet sidik jari, dan, meskipun biasanya saya akan mengeluh tentang betapa rapuhnya bagian belakang kaca, sejujurnya saya tidak yakin ponsel Palm cukup berat untuk memecahkan panel kaca saat terjatuh.

Bagian depan menganut banyak konvensi smartphone biasa — Anda mendapatkan sudut tampilan membulat, kombo speaker / lubang suara di atas, dan kamera menghadap ke depan 8MP. Untuk navigasi, Anda mendapatkan opsi untuk menampilkan tombol navigasi layar terkecil di dunia atau menggunakan tombol navigasi kapasitif tunggal yang berada tepat di bawah layar. Tombol yang satu ini mencoba menarik tugas tiga kali lipat dan menutupi tiga fitur navigasi utama: satu ketukan akan kembali, ketuk dua kali akan membuka layar beranda, dan tekan lama akan membuka aplikasi terbaru. Saya tidak pernah menemukan itu bahkan mendekati bisa digunakan.

Sisi aluminium hanya memiliki tombol daya, baki SIM, sepasang mikrofon, dan port USB-C. Tidak ada volume rocker sama sekali. Sebagai gantinya, Anda harus menurunkan panel Pengaturan Cepat dan menyesuaikan penggeser volume dengan cara yang sama seperti Anda menyesuaikan kecerahan layar.

Kurangnya volume rocker cukup mengganggu — Anda tidak dapat dengan mudah mengatur volume musik atau panggilan, dan Anda tidak dapat mengubah volume video saat masih menonton video. Ini juga mempersulit kehidupan pengulas telepon, karena Anda tidak dapat mengambil tangkapan layar dengan mudah. Ada tombol di Pengaturan Cepat untuk mengambil tangkapan layar, tetapi itu tidak berfungsi untuk banyak layar.

Bagian belakang hanya memiliki satu kamera 12MP dan flash dan tidak ada yang lain. Tanpa pembaca sidik jari, Anda harus masuk dengan PIN, pola, atau kata sandi, atau Anda harus memercayai penguncian wajah 2D yang aman dan hanya didukung oleh kamera depan.

Selain kurangnya pembaca sidik jari dan NFC, telepon Palm adalah perangkat Android berfitur lengkap dengan semua konektivitas LTE, telepon, dan akses aplikasi yang Anda harapkan dari smartphone ukuran normal. Anehnya, Verizon tidak akan membiarkan Anda membeli telepon dan mengaktifkannya. Perusahaan mengharuskan ponsel Palm menjadi perangkat sekunder di akun Verizon Anda, di mana ia akan membagikan nomor telepon dan akses SMS dengan ponsel cerdas utama Anda. Keanehan lain: telepon memiliki apa yang jelas merupakan slot SIM di samping, tetapi tidak terbuka.

Jadi… untuk apa kau menggunakan ini?

Telepon Palm mungkin lucu untuk dilihat dan menyenangkan untuk dipamerkan kepada orang-orang, tetapi setelah Anda membuat semua referensi wajib Zoolander dan mengatasi kebaruan telepon seluler kecil, Anda akan menyadari bahwa telepon Palm tidak benar-benar baik dalam hal apapun. Dan itu benar-benar mahal. Apa yang Anda seharusnya menggunakan ini untuk? Apakah ini iPod zaman baru? Alternatif jam tangan pintar? Ponsel yang lebih kecil untuk melakukan aktivitas kebugaran Anda? Ini tidak benar-benar baik dalam hal-hal ini.

Pertama, label harga $ 350 menempatkannya dengan kuat di wilayah jam tangan pintar, yang merupakan masalah besar untuk membenarkan banyak kasus penggunaan Palm yang seharusnya. Anda bisa mendapatkan Apple Watch Series 3 dengan akses seluler seharga $380. Anda juga bisa mendapatkan Wear OS atau jam tangan Samsung yang dilengkapi LTE dengan harga sekitar ini.

Palm menyebut ponsel ini “dapat dipakai” dan menjual berbagai kasing, ban lengan, dan lanyard yang dirancang agar mudah dibawa, tetapi tidak ada yang lebih portabel daripada jam tangan pintar. Jadi, jika Anda ingin bepergian dengan ringan, beli saja perangkat yang lebih kecil.

Baca Juga : Teknologi Seluler Baru untuk Ditonton Pada Tahun 2021

Telepon Palm bukan pemutar musik yang bagus karena tidak adanya jack headphone dan volume rocker fisik. Tentu, Anda dapat memasangkan headphone Bluetooth dengannya, tetapi Anda juga dapat memasangkan headphone Bluetooth ke jam tangan pintar Anda, yang akan lebih kecil dan lebih portabel.

Telepon Palm juga tidak bisa mengalahkan jam tangan pintar untuk aktivitas kebugaran, karena jam tangan akan lebih ringan dan lebih mudah dibawa. Plus, jam tangan akan melakukan pelacakan detak jantung. Mungkin Anda ingin membawa ponsel asli, karena Anda benci tidak adanya keyboard pada jam tangan pintar dan tidak ingin berbicara dengan perangkat Anda di depan umum—tetapi ponsel Palm terlalu kecil untuk mengetik dengan nyaman.

Tubuhnya sangat kurus sehingga Anda tidak dapat memegangnya dengan dua tangan, dan keyboard pada layar tipis ini sangat kecil sehingga ujung jari menekan sekitar empat huruf keyboard sekaligus. Anda terlalu mengandalkan koreksi otomatis sehingga sebaiknya Anda menggunakan keyboard kecil Wear OS.

NFC

Plus, jam tangan pintar memiliki satu lagi fitur utama yang tidak didukung oleh ponsel Palm: NFC. Jika Anda keluar untuk jogging, Anda dapat pergi ke toko dan membeli minuman dengan jam tangan pintar Anda. Anda tidak dapat melakukan pembayaran dengan ponsel Palm.

Saya bisa memahami ponsel Palm jika harganya jauh lebih murah, sebagai semacam jam tangan pintar yang berdiri untuk orang-orang yang tidak ingin menghabiskan uang untuk jam tangan pintar yang bagus. Tetapi ketika harganya persis sama dengan jam tangan pintar—beli saja jam tangan pintar. Jika tujuan Anda adalah fungsionalitas hiper-portabel, Anda mendapatkan lebih banyak fungsionalitas dalam faktor bentuk yang lebih portabel dengan jam tangan pintar. Ponsel Palm tidak bagus dalam hal apa pun, dan tidak memiliki pelacakan pembayaran dan kebugaran jam tangan pintar.

Perangkat Lunak

Telepon Palm hadir dengan versi Android 8.1 yang sangat kecil. Sekali lagi, kita telah melihat ponsel Android dengan layar 3,3 inci sebelumnya, tetapi rasio aspek 16:9 membuat tampilan ini jauh lebih tipis daripada ponsel Android generasi pertama mana pun.

Resolusi 720p yang luar biasa juga berfungsi untuk membuat segalanya jauh lebih kecil daripada di perangkat 480×320 awal itu. Beberapa hal, seperti teks, melakukan pekerjaan penskalaan dengan baik, tetapi tombol navigasi di layar jelas terlalu kecil, dan layarnya tidak cukup lebar untuk mendukung keyboard QWERTY yang layak. Beberapa tombol, seperti tombol “Hapus semua” di bagian bawah panel notifikasi, sangat kecil sehingga sering kali saya tidak dapat menekannya pada percobaan pertama.

Versi Android 8.1 ini telah dikuliti dengan tema gelap di sebagian besar tempat. Kelihatannya bagus dan membuat LCD menyatu dengan bingkai ponsel, tetapi akan jauh lebih baik—dan lebih hemat daya—dengan layar OLED tanpa daya dan hitam pekat. Warna sorot tema gelap ini benar-benar funky, berkisar antara merah muda dan hijau neon untuk hal-hal seperti sakelar, tombol, dan ikon.

Perubahan terbesar dari tata letak Android normal adalah layar beranda, yang menghilangkan laci aplikasi biasa dan layar beranda multi-halaman untuk satu daftar aplikasi yang bergulir. Tata letaknya tampak seperti saudara laki-laki Apple Watch, dengan kisi-kisi ikon aplikasi sarang lebah yang tumbuh lebih besar saat mereka menggulir ke tampilan.

Tidak ada laci aplikasi dan bahkan tidak ada cara untuk mengatur wallpaper—hanya layar hitam dengan ikon bergulir. Ini adalah ponsel Android berfitur lengkap, tetapi layar beranda yang sederhana benar-benar membuat ponsel Palm terasa lebih seperti perangkat media terbatas daripada ponsel pintar serba guna. Jika Anda tidak menyukainya, menginstal sesuatu seperti Nova Launcher dan mendapatkan kembali layar beranda normal cukup mudah.

Cara Memprogram Sistem Operasi (OS) Anda Sendiri
Info OS

Cara Memprogram Sistem Operasi (OS) Anda Sendiri

Cara Memprogram Sistem Operasi (OS) Anda Sendiri – Tidak ada bidang pengembangan yang lebih menantang daripada pengembangan sistem operasi (OS). Ini adalah puncak pemrograman yang hebat.

Cara Memprogram Sistem Operasi (OS) Anda Sendiri

freewarepalm – Beberapa programmer pernah mencoba untuk membangun sebuah OS dan banyak dari mereka yang melakukan upaya tersebut tidak pernah menghasilkan sistem yang berfungsi.

Namun, jika Anda berhasil mencapai garis akhir dan menghasilkan sistem operasi yang berfungsi, Anda akan bergabung dengan kelompok elit pemrogram papan atas.

Apa itu Sistem Operasi?

Komputer paling awal tidak memiliki sistem operasi. Setiap program yang berjalan pada sistem awal ini harus menyertakan semua kode yang diperlukan untuk menjalankan komputer, berkomunikasi dengan perangkat keras yang terhubung, dan melakukan perhitungan yang sebenarnya dimaksudkan untuk dilakukan oleh program tersebut. Situasi ini berarti bahwa bahkan program sederhana pun kompleks.

Ketika sistem komputer terdiversifikasi dan menjadi lebih kompleks dan kuat, menjadi semakin tidak praktis untuk menulis program yang berfungsi baik sebagai sistem operasi dan aplikasi yang berguna.

Baca Juga : Definisi Sistem Operasi Untuk Pemula

Sebagai tanggapan, pemilik komputer mainframe individu mulai mengembangkan perangkat lunak sistem yang membuatnya lebih mudah untuk menulis dan menjalankan program dan sistem operasi lahir.

Sistem operasi ( OS ) adalah perangkat lunak yang mengelola perangkat keras komputer dan sumber daya sistem dan menyediakan alat yang dibutuhkan aplikasi untuk beroperasi. Kelahiran sistem operasi berarti bahwa program tidak lagi harus ditulis untuk mengontrol seluruh ruang lingkup operasi komputer.

Sebagai gantinya, aplikasi komputer dapat ditulis untuk dijalankan oleh sistem operasi sementara sistem operasi mengkhawatirkan sumber daya komputer dan peralatan periferal yang terhubung seperti printer dan pembaca kartu kertas berlubang.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, sistem operasi paling awal sangat bervariasi dari satu komputer ke komputer berikutnya, dan meskipun mereka membuatnya lebih mudah untuk menulis program, mereka tidak mengizinkan program untuk digunakan di lebih dari satu mainframe tanpa penulisan ulang yang lengkap.

Pada 1960-an, IBM adalah produsen komputer pertama yang mengambil tugas pengembangan sistem operasi dan mulai mendistribusikan sistem operasi dengan komputer mereka.

Namun, IBM bukan satu-satunya vendor yang membuat sistem operasi selama ini. Control Data Corporation, Computer Sciences Corporation, Burroughs Corporation, GE, Digital Equipment Corporation, dan Xerox semuanya merilis sistem operasi mainframe pada 1960-an juga.

Pada akhir 1960-an, versi pertama dari sistem operasi Unix dikembangkan. Ditulis dalam C, dan tersedia secara bebas selama tahun-tahun awal, Unix dengan mudah dipindahkan ke sistem baru dan dengan cepat mencapai penerimaan luas.

Banyak sistem operasi modern, termasuk Apple OS X dan semua rasa Linux , menelusuri akarnya kembali ke Unix.

Microsoft Windows dikembangkan sebagai tanggapan atas permintaan dari IBM untuk sistem operasi untuk menjalankan jangkauan komputer pribadinya.

OS pertama yang dibuat oleh Microsoft tidak disebut Windows , itu disebut MS-DOS dan dibangun pada tahun 1981 dengan membeli sistem operasi 86-DOS dari Seattle Computer Products dan memodifikasinya untuk memenuhi persyaratan IBM.

Nama Windows pertama kali digunakan pada tahun 1985 ketika antarmuka pengguna grafis dibuat dan dipasangkan dengan MS-DOS.

Apple OS X, Microsoft Windows, dan berbagai bentuk Linux (termasuk Android) sekarang menguasai sebagian besar pasar sistem operasi modern.

Kernel adalah jantung dari sistem operasi . Ini adalah program pertama yang dimuat saat komputer dinyalakan, mengelola sumber daya komputer, dan menangani permintaan dari program dan aplikasi sistem.

Program sistem berjalan di atas kernel. Mereka tidak digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berguna, sebaliknya, mereka adalah program yang diperlukan untuk menghubungkan kernel ke aplikasi pengguna dan perangkat periferal. Driver perangkat, sistem file, program jaringan, dan utilitas sistem seperti defragmeter disk adalah contoh program sistem .

Baca Juga : 5 Ponsel Smartphone Dengan Kamera Terbaik 2021

Program aplikasi bukan bagian dari sistem operasi dan merupakan program yang digunakan untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat. Aplikasi pengolah kata, browser, dan pemutar media adalah jenis program aplikasi yang umum. Program aplikasi dikelola dan diaktifkan oleh kernel, dan menggunakan program sistem untuk mengakses perangkat periferal komputer dan perangkat keras.

Daftar hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mencoba melakukan pengembangan sistem operasi sangat panjang . Tiga hal terpenting yang perlu Anda kuasai sebelum terjun ke pengembangan OS adalah:

  • Pengetahuan dasar ilmu komputer
  • Teori pemrograman komputer dan praktik terbaik;
  • Bahasa pemrograman tingkat rendah dan tingkat tinggi.

Belajar Ilmu Komputer

Pengembangan OS tidak seperti pengembangan web. Ini bukan sesuatu yang bisa Anda lompati dan pelajari sambil jalan. Anda perlu mengembangkan dasar yang kuat dalam ilmu komputer sebelum beralih ke topik lain.

Berikut adalah beberapa sumber daya untuk Anda mulai:

Kursus: Ilmu Komputer 101 adalah kursus yang harus Anda ambil pertama jika Anda baru di bidang pemrograman komputer dan ilmu komputer.

Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan dan pengalaman, lewati kursus ini demi opsi Udacity of edX. Namun, jika Anda baru di bidang ini, kursus ini menggunakan pendekatan tanpa pengalaman sebelumnya untuk memperkenalkan ilmu komputer dan topik pemrograman.

Udacity: Pengantar Ilmu Komputer mengambil pendekatan pengembangan web untuk mengajar ilmu komputer. Meskipun tidak secara langsung dapat diterapkan pada prospek membangun sistem operasi, ini adalah kursus yang solid yang memberikan informasi yang berguna dan memberikan gambaran yang baik tentang dasar-dasar pemrograman komputer.

edX: Pengantar Ilmu Komputer adalah kursus ilmu komputer paling lengkap dan mendalam dalam daftar ini. Kursus mandiri dan gratis ini dirancang oleh Universitas Harvard dan mencerminkan konten yang disajikan dalam kursus dengan nama yang sama yang ditawarkan di kampus Universitas Harvard.

Dalam kursus yang luas ini, Anda akan belajar tentang algoritme, struktur data, manajemen sumber daya, rekayasa perangkat lunak, dan mempelajari bahasa pemrograman seperti C, PHP , dan JavaScript .

Pelajari Pemrograman Komputer

Dengan pemahaman yang kuat tentang ilmu komputer di bawah ikat pinggang Anda dan beberapa pengalaman terbatas dengan bahasa pemrograman, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara menangani proyek pemrograman skala besar.

Udacity: Proses Pengembangan Perangkat Lunak adalah kursus luar biasa yang harus diambil semua orang jika mereka belum pernah melakukan proyek pemrograman yang menantang dan berskala besar sebelumnya. Dalam kursus ini Anda akan mempelajari alur kerja dan alat serta teknik manajemen seperti Git dan cara menyiapkan lingkungan pengembangan terintegrasi.

Pelajari Bahasa Pemrograman

Untuk mengembangkan sistem operasi, Anda harus menguasai setidaknya dua bahasa pemrograman:

  • Bahasa rakitan tingkat rendah
  • Sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Bahasa assembly digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan CPU. Setiap jenis CPU berbicara bahasa mesin dan hanya ada satu bahasa rakitan yang sesuai untuk setiap jenis CPU. Arsitektur komputer yang paling umum adalah x86, pada awalnya dikembangkan oleh Intel dan sekarang digunakan oleh berbagai produsen chip komputer termasuk AMD, VIA, dan banyak lainnya. Dalam panduan ini kami akan mengarahkan Anda ke arah belajar bahasa rakitan x86.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi bekerja dengan banyak arsitektur komputer. C adalah bahasa pemrograman yang paling umum digunakan dan direkomendasikan untuk menulis sistem operasi. Untuk alasan ini, kami akan merekomendasikan belajar dan menggunakan C untuk pengembangan OS. Namun, bahasa lain seperti C++ dan Python juga dapat digunakan.

x86 Bahasa Perakitan

The x86 Majelis Panduan adalah tempat yang tepat untuk mulai belajar bahasa assembly. Dokumen singkat ini memberikan gambaran singkat tentang bahasa rakitan x86 dan akan mengatur tahap untuk sumber daya yang lebih maju yang akan Anda lanjutkan ke berikutnya.

Pemrograman dari Bawah ke Atas oleh Jonathan Bartlett adalah salah satu buku yang menentukan lanskap bahasa assembly. Buku ini menggunakan bahasa assembly sebagai dasar untuk mempelajari ilmu komputer dan pemrograman. Sumber daya ini juga tersedia dari Internet Archive .

Art of Assembly Language oleh Randy Hyde adalah teks ikonik lainnya dalam dunia pendidikan bahasa assembly. Awalnya ditulis khusus untuk kursus pemrograman Hyde di Cal Poly dan UC Riverside, teks ini dirilis sebagai ebook HTML pada pertengahan 1990-an dan diakui sebagai karya yang menentukan dalam bidang ini. Teks juga di-host sebagai serangkaian file PDF oleh Yale FLINT Group.

Definisi Sistem Operasi Untuk Pemula
Info OS

Definisi Sistem Operasi Untuk Pemula

Definisi Sistem Operasi Untuk Pemula – Saat ini, hampir setiap orang menggunakan beberapa jenis perangkat elektronik, baik itu ponsel, laptop, tablet, atau desktop.

Definisi Sistem Operasi Untuk Pemula

freewarepalm – Semua perangkat ini memiliki satu kesamaan: mereka menggunakan Sistem Operasi (OS) untuk mengaktifkan fungsinya. Tetapi tidak banyak orang yang benar-benar memahami bagaimana sebuah OS disusun.

Jadi, apa itu OS? Kita dapat mendefinisikannya sebagai perangkat lunak yang mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak komputer dan menyediakan layanan umum untuk program komputer.

Dalam istilah yang lebih sederhana, kita dapat mengatakan bahwa OS adalah antarmuka antara pengguna dan mesin.

Baca Juga : Mempelajari Lebih Jauh Pemrograman Palm OS

Sekarang kita tahu apa itu OS, mari melangkah lebih jauh dan melihat bagaimana mereka dikembangkan, bagaimana mereka bekerja, dan mengapa Anda membutuhkannya.

Sejarah dan Evolusi Sistem Operasi

Inilah fakta singkatnya: komputer pertama tidak memiliki sistem operasi.

Program yang berjalan di komputer ini harus menyertakan semua kode yang diperlukan untuk berjalan di komputer, berkomunikasi dengan perangkat keras yang terhubung, dan melakukan perhitungan yang harus dilakukan oleh program. Ini bahkan membuat program yang paling sederhana menjadi sangat kompleks.

Karena tantangan ini, pemilik mesin pusat mulai mengembangkan perangkat lunak yang memfasilitasi penulisan dan pelaksanaan program. Ini adalah ketika sistem operasi pertama dibuat.

OS pertama dibuat pada tahun 1956 oleh General Motors untuk menjalankan satu komputer pusat IBM. Kemudian pada 1960-an IBM mulai memproduksi dan mendistribusikan sistem operasi.

Versi pertama Unix dikembangkan pada tahun 60-an, ditulis dalam bahasa pemrograman C. Itu sudah tersedia, sehingga menjadi banyak digunakan dan diterima di pasar.

Banyak sistem operasi komputer modern saat ini (termasuk Apple OS X dan berbagai versi Linux) mengandalkan OS Unix.

Microsoft windows pertama kali dikembangkan setelah sebagai OS yang dapat berjalan di komputer pribadi. Model pertamanya disebut MS-DOS dan dibangun pada tahun 1981. Itu adalah modifikasi dari sistem Produk Komputer Seattle yang diperbarui untuk memenuhi persyaratan IBM.

Saat ini Apple, OS X, Windows dan berbagai bentuk Linux mendominasi pasar Sistem Operasi modern.

Bagaimana Sistem Operasi Bekerja

Ambil skenario ini: jika Anda bepergian ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, di mana mereka berbicara bahasa lain yang tidak Anda ketahui, apa yang Anda perlukan untuk membantu berkomunikasi dengan penduduk setempat?

Nah, tebakan Anda benar membutuhkan penerjemah. Nah, itulah yang dilakukan OS di komputer Anda. Ini mengubah input biner menjadi bahasa yang dapat dimengerti manusia.

Tanpa OS, setiap program akan membutuhkan sarana untuk menangani semua komponen dan perangkat keras komputer.

Ini berarti bahwa diperlukan metode untuk menerima input pengguna menggunakan keyboard dan mouse, mencetak dokumen, membaca dan menulis di perangkat penyimpanan, melacak waktu, mengirim output ke layar lain, dan bahkan berkomunikasi melalui jaringan.

Ini akan menyebabkan setiap program menjadi sangat kompleks dan berat.

Itulah mengapa salah satu tujuan utama dari sebuah OS adalah untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras dan perangkat lunak sehingga perangkat tempat tinggalnya berperilaku dengan cara yang fleksibel namun dapat diprediksi.

Jadi apa saja jenis-jenis sistem operasi dan bagaimana cara kerjanya?

Jenis Sistem Operasi

Sejak sistem operasi pertama dibuat, mereka terus berkembang dari waktu ke waktu untuk mengakomodasi semakin banyak tugas. Mari kita lihat beberapa jenis sistem operasi yang paling umum digunakan saat ini.

Sistem Operasi Waktu Nyata

Jenis OS ini memberikan waktu maksimum untuk setiap operasi penting yang dijalankannya. Akibatnya, sistem operasi harus menjamin bahwa peristiwa akan diproses dalam waktu tertentu.

Beberapa dari sistem ini mungkin memungkinkan multi-tasking, tetapi mereka memiliki algoritme khusus untuk penjadwalan. Ini memastikan bahwa OS mengalihkan tugas sesuai dengan prioritasnya sehingga tenggat waktu terpenuhi untuk setiap tugas.

Contoh sistem operasi Realtime meliputi: sistem kontrol lalu lintas udara, sistem kontrol senjata, sistem kontrol industri, dan mesin kontrol.

Sistem Operasi Multiprogramming

Sistem operasi ini kadang-kadang disebut sebagai sistem operasi multitasking karena memungkinkan dua atau lebih proses berjalan secara bersamaan. Ini berarti bahwa data dari dua atau lebih proses dapat disimpan di memori utama pada waktu tertentu.

Baca Juga : Samsung Galaxy S Series : Sejarah Nama Terbesar di Android

Tujuan utama dalam sistem operasi multiprogramming adalah untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya dan throughput sistem. Mereka mencapai ini dengan mengatur pekerjaan komputasi dengan cara yang memastikan bahwa CPU selalu memiliki pekerjaan untuk dieksekusi pada satu waktu.

Sistem Operasi Batch

Dalam sistem operasi batch, pengguna menyiapkan pekerjaan dan menyerahkannya ke operator komputer dalam bentuk perangkat seperti kartu atau pita. Operator komputer kemudian mengelompokkan pekerjaan sesuai dengan persyaratan komputasi mereka dan menjalankannya dalam batch untuk memastikan kecepatan pemrosesan yang lebih cepat.

Beberapa masalah yang terkait dengan sistem operasi ini termasuk kurangnya interaksi antara pengguna dan komputer, kesulitan dalam memprioritaskan tugas berdasarkan urgensinya, dan waktu idle CPU yang tinggi yang disebabkan oleh rendahnya kecepatan perangkat input dan output mekanis.

Sistem Operasi Berbagi Waktu

Sistem operasi ini sangat mirip dengan sistem batch Multiprogramming. Tapi ini unik karena dirancang untuk mengakomodasi banyak pengguna. Ini berarti bahwa banyak pengguna dapat menggunakan sumber daya komputer yang sama.

Sistem Operasi Terdistribusi

Sistem operasi terdistribusi menggunakan mikroprosesor kuat yang memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi.

Prosesor ini menyatukan kelompok komputer yang berbeda dan membuatnya berfungsi sebagai satu komputer tunggal. Sistem operasi terdistribusi juga memastikan bahwa ada beban yang lebih ringan pada mesin host bahkan saat melakukan komputasi berat.

Contoh Sistem Operasi

Ada banyak sistem operasi di luar sana saat ini. Perusahaan teknologi yang berbeda telah membuat sistem yang berbeda untuk memenuhi permintaan pelanggan mereka dengan fitur yang berbeda.

Dan beberapa dari mereka lebih populer daripada yang lain. Di bawah ini adalah daftar sistem operasi komputer dan smartphone paling populer.

Sistem Operasi Komputer

Microsoft Windows banyak orang telah menggunakan sistem operasi Windows di beberapa titik. Saat ini, Windows 11 adalah versi rilis terbaru, sedangkan versi yang lebih lama meliputi: Windows 10, 8.1, 8, 7, Windows Vista, Windows XP dan Windows 2000.

Mac OS dikembangkan oleh Apple untuk komputer Apple. Itu datang pra-instal di semua komputer Macintosh.

Linux dirancang untuk orang yang mengetahui perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Distribusinya termasuk Ubuntu, Parrot, Debian, Linux Mint, Fedora, Kali Linux, dan banyak lagi.

Lainnya

Chrome OS, Android

Sistem Operasi Ponsel Cerdas

Sama seperti komputer, smartphone memiliki sistem operasi sendiri dengan fitur sebanyak komputer.

Beberapa sistem operasi ponsel pintar yang paling populer termasuk Android, Apple iOS, Windows Mobile, Blackberry OS, Palm OS, dan Symbian OS.

Apa yang Dilakukan Sistem Operasi?

Alasan utama kami memiliki OS adalah untuk membantu kami menyelesaikan berbagai tugas komputasi. Sementara beberapa orang mungkin berpendapat bahwa sistem operasi harus berbuat lebih banyak, karena Anda akan melihat mereka sudah menangani banyak hal.

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari sistem operasi:

  • Manajemen Prosesor
  • Sistem operasi melakukan manajemen prosesor, juga disebut penjadwalan proses. Manajemen prosesor melibatkan:
  • Memastikan bahwa setiap proses dan aplikasi menerima cukup waktu prosesor.
    Melacak status proses.

Manajemen memori

Sistem operasi juga mengelola Memori Utama atau Memori Utama komputer. Sistem Operasi melakukan fungsi-fungsi berikut untuk manajemen memori:

  • Ini mengalokasikan memori ke suatu proses ketika proses memintanya dan membatalkan alokasi memori ketika proses telah dihentikan.
  • Itu menyimpan jejak memori utama.

Manajemen perangkat

OS mengelola perangkat melalui driver masing-masing dan melakukan tugas berikut untuk manajemen perangkat:

  • Melacak semua perangkat yang terhubung ke sistem.
  • Menunjuk program yang bertanggung jawab untuk setiap perangkat yang dikenal sebagai pengontrol Input/Output.
  • Memutuskan proses mana yang mendapatkan akses ke perangkat tertentu dan untuk berapa lama.
  • Mengalokasikan perangkat dengan cara yang efektif dan efisien dan membatalkan alokasi perangkat saat tidak lagi diperlukan.
  • Manajemen file

Sistem Operasi melakukan aktivitas manajemen file berikut:

  • Itu melacak di mana informasi disimpan
  • Ini mengelola pengaturan akses pengguna, status setiap file, dan banyak lagi. Fasilitas ini secara kolektif dikenal sebagai sistem file.

Penjadwalan Pekerjaan

Sistem operasi menentukan pekerjaan/tugas yang perlu diproses terlebih dahulu dan memastikan bahwa tugas-tugas ini diselesaikan. Itu juga melacak waktu dan sumber daya yang digunakan oleh berbagai tugas dan pengguna.

Penanganan Kesalahan

Sistem operasi memantau setiap kesalahan yang terjadi dan melakukan pemeriksaan kesalahan pada perangkat keras dan perangkat lunak.

Keuntungan Sistem Operasi

Ada banyak manfaat menggunakan sistem operasi, beberapa di antaranya telah kami singgung secara singkat di sini. Tapi mari kita lihat beberapa alasan lain mengapa OS sangat penting:

  • Resource Sharing – sistem operasi memberikan kesempatan untuk berbagi sumber daya dengan pengguna lain.
  • Sumber daya meliputi: file, seperti video, gambar dan aplikasi, printer, modem, dan banyak lagi.
  • Keamanan – Merupakan tanggung jawab OS untuk memastikan semua data yang ada aman.
  • User Friendly – Antarmuka yang disediakan oleh GUI jauh lebih ramah pengguna dibandingkan dengan antarmuka baris perintah. Muncul dengan berbagai simbol, tombol, menu, dan representasi grafis lainnya yang semuanya membuatnya mudah dimengerti. Hasilnya, pengguna dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan mesin dengan mudah.
  • Multitasking – Dengan menggunakan sistem operasi, pengguna dapat melakukan tugas yang berbeda secara bersamaan. Tidak perlu menutup satu jendela untuk membuka jendela lainnya.
Mempelajari Lebih Jauh Pemrograman Palm OS
Info Palm OS

Mempelajari Lebih Jauh Pemrograman Palm OS

Mempelajari Lebih Jauh Pemrograman Palm OS – Pelajari lebih lanjut tentang mengembangkan perangkat lunak untuk komputer genggam populer yang kompatibel dengan Palm.

Mempelajari Lebih Jauh Pemrograman Palm OS

freewarepalm – Artikel ini memberikan informasi tentang bagaimana Anda dapat memulai, dengan melihat beberapa alat pengembangan Palm yang lebih populer yang tersedia.

Komputer genggam menjadi semakin umum, dan seiring dengan meningkatnya popularitasnya, mereka juga menjadi lebih kuat. Pengembangan untuk platform Palm standar saat ini agak mirip dengan pengembangan untuk sistem desktop. Namun, ada cukup banyak perbedaan untuk membuat tugas ini sulit bagi mereka yang tidak siap.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa perbedaan ini dan membahas secara singkat beberapa alat populer yang tersedia untuk mengembangkan aplikasi untuk Palm OS.

Baca Juga : Treo Clouds Masa Depan Palm OS

Palms saat ini kira-kira sama kuatnya dengan komputer desktop dari 15 tahun yang lalu yang, secara relatif, tidak terlalu kuat sama sekali. Model top-of-the-line memiliki penyimpanan 8 MB sebagian besar memiliki lebih sedikit.

Kecepatan CPU tipikal adalah 16 MHz dan segmen kode terbesar dan ukuran alokasi memori adalah 32 KB. Aplikasi dan datanya biasanya dibatasi hingga ukuran maksimum 1 MB. Namun terlepas dari batasan kejam seperti itu, pengguna telah mengharapkan aplikasi yang cepat, responsif, dan waktu tunggu yang minimal untuk diproses.

Semua ini berarti bahwa aplikasi Palm harus kecil, cepat, dan ringan. Pemrogram harus selalu menyadari penggunaan memori aplikasi mereka dan menggunakan variabel sekecil mungkin. Ini juga berarti bahwa perbedaan kinerja yang sangat kecil antara konstruksi pemrograman loop For versus loop While, misalnya tiba-tiba bisa menjadi sangat penting.

Pada prinsipnya, pemrograman Palm OS mirip dengan pemrograman modern lainnya, sistem operasi berjendela. OS berkomunikasi dengan aplikasi melalui model kejadian yang disederhanakan, mengelola alokasi memori, dan menukar aplikasi masuk dan keluar dari ruang eksekusi saat mereka menjadi aktif atau tidak aktif. API sistem diekspos sebagai kumpulan C Library yang dimuat ke dalam ruang alamat aplikasi.

Pertimbangan antarmuka pengguna

Antarmuka pengguna aplikasi Palm OS dibangun dari seperangkat widget standar: tombol, kotak edit, kotak daftar, menu, dan sebagainya. Meskipun ini berarti bahwa pedoman UI akal sehat yang sama untuk desktop biasanya berlaku untuk aplikasi genggam, beberapa pertimbangan khusus memang ada:

Layar genggam jauh lebih kecil biasanya 6 cm kali 6 cm (lebar 160 piksel) untuk perangkat Palm dan, sebagian besar, monokrom. Ini adalah satu-satunya pengaturan resolusi yang didukung, dan tidak banyak real estat yang bisa digunakan.

Pengguna perangkat genggam sering berpindah-pindah, menyodok layar dengan stylus, dan bekerja dalam pencahayaan yang kurang optimal. Jika memungkinkan, elemen UI harus besar, kontras tinggi, dan diberi label dengan jelas. Keseimbangan harus dicapai antara pertimbangan ini dan batasan ukuran tampilan.

Sebagian besar, pengguna perangkat genggam tidak menggunakan keyboard. Entri data malah dilakukan dengan stylus. Akibatnya, entri data yang diperlukan untuk aplikasi Anda sangat sedikit. Jika entri data diperlukan, coba berikan alternatif kepada pengguna untuk memasukkan teks: grup opsi, kotak kombo, dan sejenisnya.

Sebagai aturan umum, aplikasi bawaan Palm adalah contoh UI yang sangat baik. Mereka meminimalkan bergulir, membuat data aplikasi sesuai dengan layar, dan membuat asumsi penting yang yang pengguna akan mempertahankan sebagian besar data pada desktop genggam biasanya digunakan untuk referensi. Asumsi ini adalah dasar untuk pengembangan aplikasi genggam dan membawa kita dengan rapi ke pertimbangan khusus terakhir kita: komunikasi dengan desktop.

Saluran: Berbagi data dengan desktop

Cara termudah untuk memasukkan data Anda ke desktop adalah dengan meminta Palm OS melakukannya untuk Anda di setiap HotSync. Saluran default disediakan yang mencadangkan basis data apa pun yang ditandai membutuhkan pencadangan melalui fungsi API DmSetDatabaseInfo.

Baca Juga : Data Preferensi Pengguna Global untuk Ponsel Android

Alternatif lainnya adalah memprogram saluran khusus untuk menangani transfer data Anda dan menangani perselisihan atau konflik apa pun. Palm menawarkan Conduit Development Kit (CDK) untuk pembuatan saluran kustom untuk digunakan pada desktop Windows atau Macintosh.

Sebelumnya, pengembangan saluran memerlukan pengetahuan C++, tetapi versi 4.01 dari CDK menyertakan dukungan COM, memungkinkan saluran dibangun menggunakan bahasa yang sadar akan COM. Seperti yang akan kita lihat di bagian berikutnya, beberapa vendor alat menyediakan alternatif mereka sendiri untuk CDK.

Alat pengembangan

Berbagai macam alat dan bahasa tersedia untuk mengembangkan aplikasi Palm OS. Alat yang lebih populer termasuk kompiler C yang dioptimalkan untuk Palm OS, interpreter Java dan Basic, dan alat RAD visual tingkat yang lebih tinggi.

C memiliki reputasi untuk memberikan kode yang kecil, ringan, dan cepat, sehingga ideal untuk pemrograman Palm OS. Dua pilihan bagus untuk pengembangan C Palm OS adalah PRC-Tools dan Metrowerks CodeWarrior untuk Palm OS.

Kedua paket termasuk editor sumber daya, debugger, dan emulator Palm. PRC-Tools adalah solusi berbasis GCC yang tersedia secara gratis untuk sebagian besar sistem operasi. CodeWarrior, alat pengembangan Palm “resmi” dan favorit pribadi saya, adalah IDE Macintosh populer yang di-porting ke Linux dan Windows yang menampilkan templat proyek dan debugging di perangkat. Namun, berhati-hatilah: Kecuali Anda terbiasa dengan standar GUI Macintosh, UI CodeWarrior bisa, yah, funky.

Java dirancang dari awal untuk aplikasi lintas platform, sehingga secara alami hadir di Palm OS.KVM Sun adalah mesin virtual Java dengan memori rendah yang dirancang untuk beroperasi dengan Platform Java 2, Edisi Mikro . Dikombinasikan dengan perpustakaan aslinya, KVM membutuhkan minimal sekitar 80 KB memori, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk pengembangan Palm OS.

CASL (diucapkan kastil) adalah bahasa sintaksis mirip dengan Visual Basic. Mesin virtual saat ini ada untuk Windows dan Palm OS, dan salah satunya sedang dikembangkan untuk Windows CE, menjadikan CASL sebagai alternatif lintas platform yang menarik untuk Java.

Beberapa alat RAD tingkat tinggi juga ada. Dua yang lebih populer adalah Bentuk Satelit PumaTech dan Bentuk Pendragon Software Pendragon. Satellite Forms adalah lingkungan RAD mirip Visual Basic yang kuat yang menampilkan format database yang kompatibel dengan dBase 5-di desktop, bahasa skrip seperti VB, dan kontrol ActiveX untuk pemrograman saluran.

Formulir Pendragon adalah alat desain formulir tingkat tinggi yang menggunakan model pemrograman yang mirip dengan makro Access atau perilaku Dreamweaver. Pendragon Forms juga memiliki fitur unggah file yang dibatasi koma untuk mendapatkan data dari perangkat genggam ke desktop.

Seperti yang telah Anda lihat, mengembangkan aplikasi untuk perangkat genggam Palm OS mirip dengan mengembangkan sepupu desktopnya. Namun, perampingan bisa sulit. Pengembang yang nyaman dengan C akan lebih mudah beralih daripada mereka yang mencoba mentransfer keterampilan lain. Namun, ada berbagai alat yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan paradigma dan bahasa apa pun yang paling mereka ketahui.

Treo Clouds Masa Depan Palm OS
Info Palm OS

Treo Clouds Masa Depan Palm OS

Treo Clouds Masa Depan Palm OS – Ketika Palm Inc. mengumumkan minggu lalu ponsel pintar Treo yang akan menjalankan Windows Mobile, hal itu memicu perdebatan di antara manajer TI mengenai apakah sistem operasi Microsoft Corp. atau Palm OS adalah pilihan yang lebih baik bagi pengguna.

Treo Clouds Masa Depan Palm OS

freewarepalm – Tetapi 10 manajer TI yang diwawancarai setelah pengumuman menyetujui satu hal: Mereka lebih suka menggunakan satu sistem operasi seluler untuk membantu menyederhanakan dukungan.

“Pada dasarnya, saya bukan pembenci Microsoft, dan saya mungkin menginginkan Windows Mobile dalam lima tahun,” kata Bruce Hagen, wakil presiden sistem informasi perusahaan di Bemis Manufacturing Co. di She-boygan Falls, Wis. ingin memiliki satu OS untuk mendukung. Ada terlalu banyak masalah dukungan dengan satu, apalagi [dua].”

Baca Juga : Akses Platform Linux Dan Masa Depan Palm OS

Sekitar 50 pengguna akhir di Bemis menggunakan Treo 650s yang menjalankan Palm OS untuk mengakses server email Exchange perusahaan dan melakukan panggilan suara melalui layanan GoodLink dari Good Technology Inc. Hagen mengatakan GoodLink memberinya semua fungsi yang dijanjikan Microsoft dan Palm di perangkat berbasis Windows Mobile. Dan dia mengatakan dia tidak mengharapkan Palm untuk mundur dari Palm OS.

Pandangan pesimis

Tetapi Drew Mazeitis, manajer mobilitas di Ferrellgas Partners LP, pengecer propana nasional di Liberty, Mo., mengatakan bahwa pangsa pasar Palm telah “mengikis dengan cepat.” Dengan pengumuman minggu lalu, dia berkata, “setiap hari kita semakin dekat dengan kenyataan bahwa [Palm OS] mati.”

Ferrellgas menggunakan Windows Mobile untuk menyalakan 4.000 perangkat genggam khusus yang digunakan oleh pekerja layanan propana dan sekitar 50 ponsel flip Samsung Corp. untuk para eksekutif perusahaan. “Sebanyak Anda benci memberi makan mesin Microsoft, mereka terus meningkatkan produk mereka dan mengintegrasikan berbagai hal dan mempersulit Anda untuk tidak menggunakan barang-barang mereka,” kata Mazeitis.

Palm yang berbasis di Sunnyvale, California mengatakan Treo baru akan tersedia di AS awal tahun depan dan awalnya akan bekerja pada jaringan seluler Verizon Wireless. Dengan Windows Mobile 5.0, pengguna akan dapat menghubungkan Treos mereka ke server Exchange dan menyebarkan aplikasi yang ditulis untuk Windows di ponsel, menurut pejabat perusahaan.

Setelah pengumuman tersebut, Gartner Inc. mengeluarkan laporan yang merekomendasikan agar pengguna korporat “tidak melakukan investasi lebih lanjut di Palm OS Treos untuk aplikasi perusahaan.” Perangkat baru ini akan memungkinkan Palm untuk bersaing secara lebih efektif melawan BlackBerry Research In Motion Ltd. dan semakin banyak perangkat genggam berbasis Windows Mobile 5.0, kata Gartner dalam laporannya.

Palm OS dikembangkan oleh PalmSource Inc., sebuah perusahaan terpisah yang bulan lalu setuju untuk diakuisisi oleh Access Co yang berbasis di Tokyo.

Analis Gartner Todd Kort mengatakan versi terbaru dari perangkat lunak, yang disebut Palm OS Cobalt, telah “kegagalan” sejak dirilis tahun lalu. Cobalt belum diadopsi oleh pemegang lisensi Palm utama karena “membutuhkan jumlah memori yang fantastis” untuk berjalan dengan baik, kata Kort.

Ed Colligan, presiden dan CEO Palm, tidak secara langsung membahas masa depan Palm OS dalam perangkat vendor perangkat keras selama konferensi pers. Tapi dia menyebut dukungan untuk Windows Mobile sebagai “ekspansi” dari lini produk Palm. “Ini bukan tentang hal-hal lain yang akan pergi,” katanya. “Ini tentang pertumbuhan.”

Windows atau Tidak Sama Sekali

Setelah itu, juru bicara Palm mencatat bahwa beberapa pengguna korporat telah memberi tahu vendor bahwa mereka tidak akan mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat keras Palm “kecuali jika menjalankan Windows.”

Baca Juga : Ponsel Smartphone 5G terbaik di tahun 2021

Dale Frantz, CIO di Auto Warehousing Co. di Tacoma, Wash., saat ini mendukung 30 Treo 650s yang menjalankan Palm OS dan digunakan oleh para eksekutif di prosesor mobil baru. Tetapi Frantz mengatakan dia akan “segera” beralih ke perangkat Windows Mobile ketika sudah tersedia.

Sebuah fitur untuk mendorong e-mail melalui jaringan Verizon Wireless ke Treos yang ada membutuhkan PC pengguna dan klien Outlook untuk tetap aktif selama proses, kata Frantz, menggambarkan pendekatan itu sebagai “sangat tidak dapat diandalkan.” Karena stafnya telah menghabiskan banyak waktu untuk mengatasi masalah tersebut, mengubah ke Treos berbasis Windows “akan sangat cepat mengurangi biaya dukungan teknis PC,” katanya.

Pete Salerno, seorang teknolog dalam kelompok aliansi strategis di vendor perangkat lunak sinyal Ulticom Inc. di Mt. Laurel, NJ, mengatakan dia berpikir bahwa merangkul Palm Windows Mobile “berarti akhir dari Palm OS, sayangnya.” Salerno, yang mengatakan dia berbicara untuk dirinya sendiri dan bukan Ulticom, menambahkan bahwa dia prihatin dengan komitmen jangka panjang Microsoft untuk mengatasi masalah keamanan.

Akses Platform Linux Dan Masa Depan Palm OS
Info Palm OS

Akses Platform Linux Dan Masa Depan Palm OS

Akses Platform Linux Dan Masa Depan Palm OS – Komunitas Linux adalah audiens penting untuk Access/PalmSource saat ini salah satu tujuan pertama Access adalah menjadikan Linux selulernya sebagai versi pilihan di antara komunitas Linux. Dukungan mereka akan membantu memenangkan pemegang lisensi.

Akses Platform Linux Dan Masa Depan Palm OS

freewarepalm – Untuk membantu mewujudkannya, Access telah merilis beberapa kode Palm OS ke komunitas open source, dan telah berjanji untuk memasukkan beberapa teknologi standar Linux ke dalam OS baru.

Reaksi di Slashdot tidak meyakinkan, tetapi ada artikel yang sangat mendukung di Ars Technica. Ia mengatakan dengan tepat banyak hal yang ingin Anda dengar dari komunitas Linux. (Jika Anda tidak tahu Ars Technica, ini adalah tempat nongkrong yang sangat bagus untuk para technophiles. Ars Technica sering memposting analisis yang jauh lebih menyeluruh daripada kebanyakan situs web lain, jadi ini adalah sumber yang sangat berguna.)

Baca Juga : Mengenal Palm Vintage dan Windows Mobile 

Ada juga suara-suara yang menggembirakan dari bagian komunitas pengembang Palm OS. David Beers menulis komentar yang bagus. David adalah pengembang Palm OS terkemuka, dan meskipun dia ingin platform ini berhasil, dia sama sekali bukan fanboy. Saya yakin Access ingin mempertahankan sebanyak mungkin pengembang Palm OS, jadi postingan seperti ini sangat menggembirakan.

Menganalisis kutipan

Salah satu elemen tradisional dalam siaran pers pra-pengumuman adalah bagian kutipan, di mana Anda mendapatkan semua kutipan kaku dari berbagai vendor sekutu. Biasanya terbaca sedikit seperti propaganda Soviet lama dan seperti propaganda, Anda belajar lebih banyak dengan membaca yang tersirat daripada yang Anda lakukan dari kutipan yang sebenarnya.

Permainan ini bekerja seperti ini: Perusahaan yang mengeluarkan siaran pers menginginkan kutipan dari sebanyak mungkin perusahaan terkemuka, dan ingin bahasa yang mendukung dan sespesifik mungkin. Orang-orang yang memberikan kutipan biasanya tidak ingin membuat terlalu banyak janji spesifik, dan sering kali lebih tertarik untuk mempromosikan produk mereka sendiri daripada mengatakan sesuatu yang baik tentang topik siaran pers yang sebenarnya.

Biasanya orang-orang pengembangan bisnis menghabiskan banyak waktu untuk menegosiasikan hal-hal ini, hingga ke detail kecil dari kutipan.

Performa Access dalam game quotes beragam. Bagian kutipan dimulai dengan dukungan yang berguna dari LIPS dan OSDL, keduanya adalah organisasi Linux. Saya pikir penempatan kutipan ini di depan menunjukkan betapa pentingnya Access pada komunitas Linux. LIPS (Forum Standar Telepon Linux) terdiri dari France Telecom ditambah sekelompok perusahaan infrastruktur Linux dan telepon.

OSDL (Open Source Development Labs) adalah rumah bagi Linus Torvalds dan menyebut dirinya sebagai pusat komunitas Linux. Anggota pendiri OSDL termasuk IBM, Intel, NEC, dan HP, sehingga memiliki banyak bobot. Kutipan OSDL membantu melegitimasi Access di komunitas Linux (saya agak terkejut Access menempatkan kutipannya di urutan kedua dalam daftar).

Wind River juga dikutip, yang bagus karena Anda ingin OS bekerja dengan distribusi standar Linux. Dan saya sangat senang melihat kutipan dari dua operator seluler, NTT DoCoMo di Jepang dan Telefonica di Eropa. Itu sangat penting karena mereka memberi sinyal kepada perusahaan handset bahwa ada pasar untuk perangkat berbasis perangkat lunak ini.

Ada juga kutipan dari beberapa produsen komponen ponsel – Freescale (sebelumnya Motorola Semiconductor), Intel, Samsung Semiconductor (sayangnya bukan grup ponsel), tim semikonduktor NEC, dan Texas Instruments. Meskipun banyak kutipan yang sangat tidak mengikat (pada dasarnya mengatakan “kami menyukai apa pun yang melibatkan Linux, dan kami mendengar Access menggunakan Linux”), kutipan dari perusahaan seperti ini sangat membantu karena mereka meyakinkan calon pemegang lisensi bahwa banyak komponen akan tersedia untuk telepon berbasis perangkat lunak.

Baca Juga : Review Vivo X70 Pro Plus Android Dengan Spesifikasi Tinggi

Dan ada kutipan dari Motricity (perusahaan induk dari distributor perangkat lunak PalmGear). Ini terasa aneh bagi saya karena Motircity tidak terlibat langsung dalam pengembangan OS. Saya menafsirkan kutipan tersebut sebagai tanda bahwa Access sedang mencoba mengumpulkan kutipan mitra sebanyak mungkin.

Siapa yang hilang?

Ada beberapa kelalaian mencolok dari daftar kutipan. Sebelum saya masuk ke detailnya, saya ingin mengakui bahwa mudah untuk membaca terlalu banyak tentang tidak adanya perusahaan tertentu dari daftar kutipan. Terkadang ada penjelasan yang tidak bersalah pengacara mereka tidak menyukai kutipan itu, atau seorang eksekutif yang perlu menyetujuinya sedang berlibur. Tapi tetap saja, beberapa hal menonjol bagi saya

Yang pertama adalah tidak adanya operator lain. Oranye di Inggris secara historis menjadi pendukung Treo yang kuat, dan dimiliki oleh France Telecom, yang merupakan anggota LIPS. Jadi saya cukup terkejut bahwa tidak ada kutipan Orange. Yang lebih mengejutkan adalah tidak adanya operator AS. T-Mobile belum pernah hangat untuk Palm OS, dan Verizon sangat konservatif, jadi saya tidak khawatir bahwa mereka tidak dikutip. Tapi di mana sih Sprint, juara asli Treo? Dan dimana Cingular, yang akhir-akhir ini menjadi salah satu endorser Treo terbesar? Saya pikir ketidakhadiran mereka bukanlah pertanda baik.

Itu juga mengecewakan bahwa tak satu pun dari operator telepon utama Cina dikutip. Sebagian besar pekerjaan pengembangan di Access Linux sedang dilakukan di Cina, dan negara ini gila untuk Linux, jadi Anda akan berpikir setidaknya salah satu operator akan bersedia untuk mengatakan sesuatu yang positif tentang OS.

Tidak ada kutipan dari Monta Vista. Itu agak menakutkan, karena MontaVista dan PalmSource telah mengumumkan rencana untuk bekerja sama pada Agustus lalu . Saya kira hubungan itu tidak berjalan dengan baik. Saya juga kecewa tidak melihat kutipan dari CE Linux Forum , sebuah konsorsium Linux tertanam yang mencakup sejumlah perusahaan elektronik konsumen besar. Access dan PalmSource sama-sama anggota, jadi menurut Anda mereka bisa mendapatkan semacam penawaran.

Tapi pertanyaan terbesar saya adalah, di mana pemegang lisensi? Di mana Samsung, LG, GSPDA, Garmin, Simbol? Dimana Palm? Mengingat semua pekerjaan yang telah dilakukan Palm untuk meyakinkan pelanggan yang menggunakan Palm OS, saya sangat terkejut bahwa tidak ada kutipan dari mereka dalam siaran pers. Ada kemungkinan bahwa pemegang lisensi tidak ingin mengisyaratkan pra-pengumuman produk masa depan, karena itu dapat merusak penjualan mereka saat ini. Tapi saya bertanya-tanya apakah mungkin juga ada masalah bisnis.

Pengumuman Access mengatakan bahwa platform Linux baru akan tersedia untuk pemegang lisensi sebagai SDK (perangkat pengembangan perangkat lunak) pada akhir tahun. Anda menggunakan SDK untuk menulis aplikasi, tetapi Anda memerlukan PDK (kit pengembangan produk) untuk benar-benar mengembangkan perangkat. Sejauh yang saya tahu, Access bahkan belum memberikan tanggal publik untuk PDK, selain mengatakan bahwa itu akan terjadi setelah SDK.

Kecuali jika ada semacam rilis pra-ketersediaan khusus untuk pemegang lisensi tertentu, atau Access mengurungkan tanggalnya, kita akan melihat landasan yang sangat panjang hingga perangkat dirilis dengan OS baru. Palm biasanya membutuhkan waktu satu tahun atau lebih untuk membangun OS menjadi perangkat baru (kebanyakan penundaan adalah karena mereka harus mengerjakan ulang aplikasi PIM milik mereka untuk dijalankan dengan OS baru). Itu mungkin berarti Anda akan

Itu bukan bencana yang mengancam jiwa untuk Access, karena mereka memiliki kantong yang dalam dan dapat meluangkan waktu untuk mendapatkan produk dengan benar. Tapi saya pikir itu mungkin masalah bisnis yang sangat signifikan bagi Palm. Sebagian besar operator sekarang sedang melakukan migrasi ke 3G.

Bahkan enam bulan lalu, mereka sangat enggan mempertimbangkan untuk menambahkan produk non-3G ke lini produk smartphone mereka. Ada rumor yang kuatdari Treo 700p, berjalan di jaringan EVDO 3G Sprint, untuk dikirimkan musim panas ini. Saya dapat melihat itu terjadi karena Palm secara tradisional melakukan pekerjaannya sendiri untuk mengadaptasi Palm OS ke jaringan Sprint dan Verizon.

Tapi saya tidak tahu apakah Palm memiliki kemampuan untuk mengadaptasi versi Palm OS saat ini untuk bekerja dengan standar UMTS 3G yang digunakan oleh operator GSM dunia. Jika tidak, Palm mungkin tidak dapat mengirimkan Treo yang kompatibel dengan Palm OS pada jaringan 3G GSM hingga akhir tahun 2007. Hal itu akan berdampak besar pada potensi penjualan Treo di Eropa, Afrika, sebagian Asia, dan sebagian AS.

Beberapa orang berspekulasi secara online bahwa Palm mungkin berencana untuk pindah sepenuhnya ke Windows Mobile. Saya ragu itu maksud mereka, tetapi mengingat permintaan yang kuat untuk 3G di antara operator GSM, Palm mungkin tidak punya pilihan selain menempatkan lebih banyak investasi terhadap Windows Mobile, karena saat ini kompatibel dengan UMTS.

Itu sebabnya diamnya Palm pada OS baru membuat saya khawatir.

Jadi saya akhirnya merasa bahwa pengumuman itu campur aduk. Sepertinya Access sedang merakit produk Linux seluler yang kredibel (jika rumit). Mengingat dukungan dari Telefonica dan terutama NTT DoCoMo, saya pikir itu memiliki peluang untuk mendapatkan beberapa kemenangan desain. Tapi saya sangat khawatir tentang situasi dengan Palm dan operator AS.

Mengenal Palm Vintage Dan Windows Mobile
Palm OS

Mengenal Palm Vintage Dan Windows Mobile

Mengenal Palm Vintage dan Windows Mobile – Satu teknologi mengikuti yang lain dalam siklus yang memusingkan. Tetapi bagaimana sesuatu yang dulunya merupakan keajaiban teknik yang menakjubkan berhenti menjadi begitu?

Mengenal Palm Vintage Dan Windows Mobile

freewarepalm – Jika itu benar-benar berfungsi sebagai alat musik, bagaimana itu bisa menjadi alat musik yang kurang dari sebelumnya?

Ashley Elsdon dari Palm Sounds berbicara tentang pembuatan musik di telapak tangan Anda sebelum ada orang yang pernah melihat iPhone. Jadi saya harus tersenyum ketika saya melihatnya menghubungkan Palm tua ke synth MeeBlip kami.

Itu bukan hanya hal baru synth terus berjalan seiring dengan teknologi vintage ini dengan cara yang secara umum terlihat keren, layak untuk meneteskan air liur entah bagaimana, baru.

Baca Juga : Mengapa Beberapa Pengembang Mengira Palm Pre Dapat Mengungguli iPhone? 

Jadi saya meminta Ashley untuk membuat cerita khusus bagi CDM untuk mengeksplorasi apa yang dapat Anda lakukan dengan pembuatan musik saku vintage  untuk meninjau kembali apa yang mungkin melalui mata modern, dan melihat apa yang masih dapat Anda gunakan hari ini.

Apa yang kami dapatkan adalah pelajaran sejarah, bagi mereka yang tetap menggunakan produk terbaru mereka, dan panduan praktis untuk menggunakan perangkat yang sekarang sering Anda temukan hampir gratis. (Petunjuk: Anda bahkan dapat meniru Palm di perangkat baru juga.)

Ini bukan hanya sebuah cerita untuk kepentingan itu. Gadget ini adalah produk dari pengeluaran energi yang besar, dikemas dengan bahan kimia beracun. Ini bisa menjadi apa yang menyelamatkan mereka dari tempat pembuangan sampah – dan apa yang menciptakan musik baru, bukan sampah baru. Tapi masih ada alasan Anda membeli iPhone baru itu. Jadi, biarkan Ashley menjelaskan betapa bergunanya gadget retro ini. -PK

Palm Sounds: Pembuatan Musik Palm OS dan Windows Mobile

Dunia pembuatan musik seluler telah berkembang melampaui semua harapan selama beberapa tahun terakhir, dan adil untuk mengatakan bahwa iOS sekarang adalah raja di dunia itu. Jadi, mengapa membuat musik di PDA lama? Mereka lebih lambat. Hampir tidak ada perkembangan baru.

Namun masih ada beberapa area di mana PDA yang sudah tua dapat membuat iDevice baru yang mengkilap terlihat bodoh. Sebagai permulaan, Anda dapat mengakses sistem file, dan penyimpanan yang diperluas juga. Ed.: Oke, saya harus sedikit mengeluh pada kenyataan bahwa ini tidak benar pada gigi yang lebih baru, tapi – ya. Benar.

Jika itu tidak cukup, ada beberapa perangkat lunak luar biasa untuk perangkat lama yang sepenuhnya gratis.

Jadi, saya akan berasumsi bahwa Anda tertarik untuk mengetahui lebih detail tentang perangkat ini dan apa yang dapat mereka lakukan. Saya akan membahas dua sistem operasi dan perangkat keras yang menjalankannya. Akan ada lebih banyak fokus pada Palm OS daripada Windows Mobile, tetapi keduanya memiliki perangkat lunak unik yang tersedia yang dalam beberapa kasus melampaui apa yang mungkin dilakukan pada iOS saat ini.

Palm OS

Palm dalam berbagai samarannya selama bertahun-tahun mungkin merupakan produsen PDA paling terkenal di tahun 1990-an. Mereka membuat perangkat keras, mereka membuat OS, mereka membuat periferal. Terdengar seperti model yang familiar?

Baca Juga : Ponsel Masa Depan: Apa Yang Akan Terjadi Pada Generasi Ponsel Selanjutnya

Perangkat keras awal Palm menggunakan koneksi serial untuk terhubung ke desktop, yang membuatnya sangat baik untuk aplikasi MIDI, dan banyak pengembang memanfaatkan fasilitas ini dengan baik.

Namun, dari versi 5 OS mereka dan perpindahan simultan ke perangkat keras berbasis ARM, koneksi serial hilang dan MIDI bersamanya. Ed.: Sangat tidak masuk akal: tidak ada alasan Anda tidak dapat melakukan serial dan MIDI dari chip ARM. Tapi saya ngelantur.

Keuntungan dari langkah ini adalah lebih banyak kekuatan pemrosesan, dan bersama dengan itu beberapa perangkat lunak yang paling dicintai dan paling inovatif untuk digunakan dalam beberapa dekade. Lebih dari itu nanti. Karena Palm adalah produsen utama perangkat keras mereka sendiri, sebagian besar model masih tersedia dan berguna untuk musik. Saya akan menyebutkan model terbaik untuk pembuatan musik di akhir.

Windows Mobile

Dalam beberapa hal, Windows Mobile berada di depan permainan di sini. Untuk lebih jelasnya, saya berbicara tentang OS hingga versi 6.5 dan sebelum berubah menjadi Windows Phone (yang membuat banyak pengembang sangat marah, dan tidak ada pengembang musik yang mem-porting kode mereka ke OS baru).

Windows Mobile telah mengembangkan beberapa perangkat lunak musik luar biasa untuk itu, beberapa di antaranya masih tersedia hingga saat ini, tetapi sayangnya, tidak semuanya. Ada banyak sekali perangkat Windows Mobile yang berbeda di pasaran, dan Anda masih dapat menemukan banyak perangkat ini di situs lelang hari ini. Dalam hal perangkat mana yang / terbaik untuk musik, itu bisa diperdebatkan. Namun, kecepatan prosesor dan memori adalah dua faktor utama seperti biasa dalam mempertimbangkan perangkat.

Palm OS: Kekayaan yang memalukan

Seperti banyak platform, pembuatan musik Palm OS dimulai dengan aplikasi yang paling sederhana. Saya tidak bermaksud untuk menutupinya, karena banyak yang telah menghilang sekarang. Namun, beberapa aplikasi yang dimulai pada hari-hari awal itu dikembangkan lebih lanjut dan masih tersedia sekarang.

Aplikasi dari miniMusic ( minimusic.com ) termasuk dalam kategori ini. miniMusic adalah pionir aplikasi musik Palm OS, dan penawaran mereka mencakup berbagai macam kebutuhan musik yang berbeda. Inilah lari cepat ke bawah:

  • BeatPad: Mesin drum dan sequencer pola sederhana. Ini menangani 4 bank dari 8 pola dan memungkinkan Anda mengontrol nada, kecepatan, dan panjang nada pada setiap nada di sequencer. Ini memiliki MIDI dan juga dapat menggunakan suara yang dibuat di SoundPad.
  • NotePad: Aplikasi Notasi lengkap untuk Palm. Ini adalah aplikasi yang benar-benar menakjubkan. Berkemampuan MIDI, dan dapat mengakses suara GM pada perangkat dengan chip GM atau menggunakan bank suara SoundPad FM.
  • SoundPad: Ini adalah aplikasi yang membuat file suara dapat digunakan oleh semua orang. SoundPad menggunakan 4 osilator untuk sintesis FM.
  • AxisPad: Instrumen bantalan XY. Seperti sebelumnya, ia menggunakan SoundPad untuk sumbernya dan dapat menampung banyak ‘batu tulis’ untuk berbagai jenis kinerja.
  • MixPad: Adalah pemutar file MIDI. Versi ‘pro’ memiliki lebih banyak kemampuan pengeditan dan bahkan perekaman, tetapi sangat tidak mungkin hal ini akan terjadi sekarang.

Jika itu tidak cukup, miniMusic juga memiliki aplikasi pembelajaran musik (BugBand dan EarTrain), dan demo awal aplikasi yang sayangnya tidak dikembangkan lebih lanjut, SpinPad dan WavePad.

Mengapa Beberapa Pengembang Mengira Palm Pre Dapat Mengungguli iPhone?
Info Palm OS

Mengapa Beberapa Pengembang Mengira Palm Pre Dapat Mengungguli iPhone?

Mengapa Beberapa Pengembang Mengira Palm Pre Dapat Mengungguli iPhone? – Akankah Palm Pre menjadi perangkat yang tidak hanya menantang kesejukan, tetapi juga fungsionalitas dan keanggunan iPhone? Beberapa pengembang merespons dengan jawaban ya.

Mengapa Beberapa Pengembang Mengira Palm Pre Dapat Mengungguli iPhone?

freewarepalm – Ian McFarland, kepala sekolah dan wakil presiden teknologi di Pivotal Labs, yang merupakan konsultan yang berspesialisasi dalam pengembangan Web dan seluler, mengatakan bahwa dia pertama kali mulai berbicara dengan Palm tentang Pra November lalu, dan “kami menyadari itu bukan hanya saya-juga platform.”

McFarland mengatakan dia dengan enggan menunggu dalam antrean untuk melihat Pra di Consumer Electronics Show pada bulan Januari, “tetapi saya benar-benar terkesan,” katanya.

Baca Juga : Kebangkitan dan Kejatuhan Legenda Palm Os

“Ini memiliki pengalaman pengguna kelas satu, dan satu hal yang menonjol bagi kami adalah kemudahan pengembangan untuk platform karena didasarkan pada teknologi Web-HTML, CSS dan JavaScript,” kata McFarland tentang Pre.

Memang, sistem operasi WebOS Palm Pre dan Kit Pengembangan Perangkat Lunak Mojo (SDK) memungkinkan pengembang menggunakan teknologi Web yang sudah dikenal untuk membuat aplikasi, tanpa harus mempelajari bahasa atau teknologi yang berbeda.

“Itu membuatnya mudah untuk membangun aplikasi dengan cepat dan tidak membuatnya terasa seperti aplikasi kelas dua,” kata McFarland, mencatat bahwa hingga saat ini, banyak aplikasi yang dibangun dengan teknologi Web tidak sekaya yang dibangun dengan native atau teknologi kustom.

Selain itu, “semua gangguan kecil yang saya miliki dengan iPhone saya dibuat sederhana,” kata McFarland. “Saya benar-benar tidak tahu bahwa saya mengalami ‘gangguan’ ini, sampai saya mulai bermain-main dengan Pre. Tapi itu menunjukkan kepada saya bahwa Anda benar-benar dapat melakukan banyak tugas di ponsel.

Pergi dari e-mail untuk melakukan sesuatu yang lain adalah kerumitan pada perangkat lain, tetapi dengan Pra Anda dapat membuka aplikasi yang berbeda dengan beberapa tampilan. Dan notifikasi ditangani dengan elegan. Sementara itu, BlackBerry, iPhone, dan yang lainnya memiliki poin yang menyakitkan.”

“Ini memiliki OS [sistem operasi] multitasking yang nyata; Android semakin dekat, tetapi tidak memiliki kemudahan penggunaan seperti yang dimiliki Pra.”

McFarland menambahkan, “Setiap kali Anda dapat melihat iPhone dan perangkat Pra dan mengatakan ini jauh lebih baik, itu mengganggu. Ini adalah perangkat kecil yang indah,” katanya tentang Pre.

Tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang baik, tetapi juga memberikan pengalaman pengembang yang baik, kata McFarland.

“Ini memiliki alat pengembang yang bagus,” katanya. “Dan meskipun sulit untuk melakukan test-driven development [TDD] di iPhone dan BlackBerry, kami suka melakukan TDD dan kami menyukai bagaimana kami bisa melakukan TDD di Pre.

Baca Juga : 5 Smartphone Kelas Menengah Terbaik 2021

Dan fakta bahwa itu adalah JavaScript dan Anda berurusan dengan bahasa berorientasi skrip berarti Anda tidak harus berurusan dengan waktu kompilasi yang lama. Ini membuka pengembangan untuk lebih banyak pengembang. Ini sangat deklaratif dan memiliki seperangkat alat yang kuat, ”kata McFarland.

Dia mencatat bahwa Pivotal Labs akan bertanggung jawab atas beberapa aplikasi yang akan tersedia saat Palm membuat Pra tersedia secara umum untuk umum, yang mungkin akan segera tersedia pada Mei. McFarland mengatakan Pivotal membuat aplikasi Pra sendiri dan sedang mengerjakan empat aplikasi lain di bawah kontrak dengan organisasi pihak ketiga yang akan mengirimkannya dengan merek mereka sendiri. Pivotal memiliki 10 pengembang yang didedikasikan untuk pengembangan aplikasi Pra, dengan dua pengembang tambahan yang siap dihubungi saat dibutuhkan.

Mengapa Beberapa Pengembang Mengira Palm Pre Dapat Mengungguli iPhone?

title=Perangkat Kelas Perusahaan Hebat Berikutnya?}

McFarland mengatakan dia yakin Pre dapat menjadi perangkat kelas perusahaan hebat berikutnya. “Saya pikir itu sangat cocok untuk ruang itu,” katanya. “Palm sudah melakukan penetrasi di area itu.

Dan Pra memberikan seperangkat alat yang mudah untuk dikembangkan. Jika Anda mengembangkan untuk perusahaan dan Anda menggunakan layanan Web back end dan mengikatnya ke AJAX [Asynchronous JavaScript and XML] front end, Anda dapat mengambil keahlian yang sama persis dan membangun aplikasi untuk platform ini. Ini akan sangat cocok untuk aplikasi kustom untuk perusahaan, dan untuk pengembang aplikasi Web khususnya untuk membuat aplikasi kustom.”

Palm mengatakan Pre adalah yang pertama dalam serangkaian perangkat yang akan menggunakan WebOS. Namun, perusahaan belum mengatakan, seperti halnya Google dengan Android, bahwa sistem operasi pada akhirnya akan berjalan di netbook. Namun, “tidak ada yang akan menghalanginya melakukan itu,” kata McFarland. “Ini harus sepenuhnya portabel.”

Selain itu, McFarland mengatakan dia yakin penyerapan Pre akan menjadi substansial setelah dirilis. Namun, dia mencemooh gagasan bahwa beberapa orang mengatakan dia membicarakan Pra hanya karena Pivotal berdiri untuk menghasilkan uang dengan mengembangkan aplikasi untuk itu. Itu bukan skenario ayam atau telur, katanya. “Kami memilih untuk mengembangkan untuk Pra karena kami percaya itu akan menjadi game changer,” katanya. “Saya pikir kita akan menghasilkan uang darinya karena orang akan mengadopsinya.”

Sementara itu, Mike Benjamin, CEO FlightView, yang membuat aplikasi pelacak penerbangan, mengatakan Pre adalah “benar-benar salah satu perangkat seluler pertama yang memiliki hal-hal yang tidak dimiliki perangkat lain—Anda dapat menjalankan tugas di latar belakang, dan itu adalah masalah besar.”

FlightView adalah mitra pameran untuk Palm dan Pra.

“Kami sudah ada selama 28 tahun dalam bisnis pelacakan pesawat dan menyediakan data kepada orang-orang tentang apa yang terjadi di langit,” kata Benjamin. “Dan perangkat seluler adalah hal yang hebat untuk bisnis kami” karena memungkinkan pengguna memiliki akses cepat dan mudah ke data. FlightView menyediakan aplikasinya di iPhone dan BlackBerry, di antara perangkat lainnya.

Namun, “kami pikir dengan keunggulan Pre, itu akan menjadi pelacak penerbangan terbaik di luar sana,” kata Benjamin, mencatat kemampuan multitasking perangkat.

Selain itu, pengembangan untuk Pre sangat mudah bagi perusahaan yang beranggotakan 30 orang, kata Benjamin. “Kami sedang membangun versi khusus dari perangkat lunak kami untuk Pra. Ini memiliki banyak fitur yang sama dengan versi lain, kecuali peta telah disesuaikan dan antarmuka pengguna sedikit berbeda. Alur dari apa yang Anda lakukan serupa, tetapi tampilannya disesuaikan.

“Dengan iPhone Anda harus memiliki seorang pria yang ahli dalam Objective-C, dan kami tidak memiliki banyak dari mereka, jadi ini lebih merupakan permainan outsourcing,” kata Benjamin. “The Pre adalah pengembangan berbasis Web, yang tetap kami lakukan.”

Namun, di antara tantangan menulis untuk Pra adalah kebaruannya. “Anda tidak memiliki banyak aplikasi yang dapat Anda lihat untuk melihat bagaimana mereka menangani berbagai hal, tetapi itu juga memungkinkan Anda untuk menjadi kreatif.”

Perasaan yang Luar Biasa

Benjamin setuju dengan McFarland tentang potensi penyerapan Pre, baik untuk konsumen maupun perusahaan. “Ini memiliki perasaan yang hebat,” katanya. “Ini jauh lebih kecil dari iPhone, dan pas di telapak tangan Anda dengan nyaman. Ini memiliki kunci, yang saya suka. Dan layarnya tampak hebat dan integrasinya sangat bagus.”

Ketika ditanya mengapa perusahaannya mengembangkan aplikasi untuk Palm Pre, Evan Conway, wakil presiden eksekutif pemasaran di Handmark, mengatakan, “Handmark memiliki sejarah dalam mengembangkan aplikasi pada platform pra-produksi baru. Ada alasan mengapa platform ini disebut ‘pra-produksi’—seringkali tidak stabil dan spesifikasinya masih berubah. Itu adalah bagian yang membuat frustrasi. Bagian yang menarik adalah berada di awal ponsel pertama yang menantang iPhone dalam hal inovasi luar dan dalam dari atas ke bawah.”

Selain itu, Conway menyebutkan beberapa tantangan dalam mengembangkan platform baru seperti WebOS dan Pre. “Ada tantangan yang melekat ketika Anda mengembangkan pada platform pra-produksi-Anda tidak memiliki banyak keahlian mencoba-dan-benar untuk berkonsultasi, untuk satu,” katanya. “Tetapi dalam banyak hal, kendala itulah yang membuat hasil akhirnya lebih memuaskan. Tentu saja, ada saat-saat kami berharap bisa turun ke Java atau C#, tetapi kami juga membangun aplikasi yang tampak hebat dengan usaha yang jauh lebih sedikit daripada yang dibutuhkan di banyak platform lain.

Handmark adalah penyedia aplikasi hiburan, informasi dan produktivitas untuk ponsel. Aplikasi pertama yang akan disediakan perusahaan untuk Palm Pre adalah Express Stocks. “Nama itu harus berbicara untuk dirinya sendiri,” kata Conway. “Stok-cepat dan mudah.” Handmark menyediakan aplikasi untuk Apple iPhone, Android, Windows Mobile, Symbian S60, BREW, BlackBerry, Java dan Palm OS.

Todd Williams, wakil presiden teknologi dan salah satu pendiri Genuitec, yang telah mengamati Pre dan platform pengembangnya, mengatakan, “The Pre adalah satu-satunya telepon yang sepenuhnya menganut sistem kepercayaan bahwa aplikasi Web seluler adalah cara yang digunakan oleh perusahaan seluler. konten akan dikirimkan ke depan. Dan Web seluler adalah satu-satunya model pemrograman untuk Pra. WebOS pada dasarnya adalah browser berbasis WebKit yang telah diperluas menjadi sistem operasi yang lengkap. Jadi, model pemrograman ‘asli’ untuk Pra adalah HTML5/CSS3/JavaScript. Tidak ada model lain. Mojo adalah kerangka kerja JavaScript yang menyediakan integrasi dan akses mudah dengan semua konten ‘di ponsel’ [kontak, kalender, dll.] sehingga aplikasi sekaya aplikasi asli ponsel apa pun dapat dibangun dengan teknologi Web modern.”

Williams mencatat bahwa dia percaya pengembangan untuk Pra akan menghadirkan lebih sedikit tantangan bagi pengembang daripada pengembangan untuk platform seluler lainnya karena “tidak ada subset Java yang funky untuk menggunakan [Java ME atau Android Java SE dikurangi hal-hal acak] atau bahasa asli [Objective-C dan XCode untuk iPhone atau C++ untuk Symbian]. Apa yang perlu diketahui jutaan pengembang, mereka sudah tahu: HTML5/CSS3/JavaScript. Semua terstandarisasi dan siap digunakan.”

Kebangkitan dan Kejatuhan Legenda Palm Os
Palm OS

Kebangkitan dan Kejatuhan Legenda Palm Os

Kebangkitan dan Kejatuhan Legenda Palm Os – Saat itu musim panas 1996, dan US Robotics Pilot 5000 baru saja tiba di bootLab (‘boot Magazine’ adalah pendahulu dari Maximum PC yang saat itu baru diluncurkan).

Kebangkitan dan Kejatuhan Legenda Palm Os

freewarepalm – Dengan keganasan yang belum pernah terjadi sebelumnya, kami para editor berjuang dengan gaya gladiator untuk mendapatkan ulasan tentang plastik berukuran saku kecil ini dengan layar monokromnya yang suram. Bahkan kartu grafis uber-PC atau 3D terbaru tidak menghasilkan nafsu editorial seperti itu.

Ada sesuatu yang ajaib tentang Pilot awal. Sesuatu yang sederhana, elegan, benar-benar berguna. Itu adalah salah satu dari sedikit produk yang kita semua tahu akan layak mendapatkan penghargaan “Kick Ass” segera setelah menyentuhnya.

Baca Juga : Ketidakmampuan Palm Os Yang Mengerikan

Pilot pertama itu mungkin bukan PDA pertama, tetapi PDA pertama yang ‘melakukannya dengan benar’, meluncurkan industri, menembus budaya populer, dan membuka jalan bagi perangkat kelas yang sama sekali baru.

Pilot kecil yang rendah hati meluncurkan ‘Palm’ sebagai salah satu merek yang paling dikenal luas di dunia.

Apa yang mengikuti peluncuran Pilot pada tahun 1996 adalah salah satu opera sabun perusahaan yang paling berbelit-belit dan tragis dalam sejarah, dengan cukup banyak pemilik, rebranding, kesalahan, tuntutan hukum, awal yang salah, dan salah langkah untuk membuat kepala siapa pun berputar.

1992 – 1995: Pra-Penerbangan

Palm didirikan pada tahun 1992 oleh Jeff Hawkins, dan pada awalnya Palm menyediakan perangkat lunak manajemen informasi untuk PDA Casio yang gagal yang dikenal sebagai ‘Zoomer’, perangkat lunak sinkronisasi untuk perangkat HP, dan menjual perangkat lunak pengenalan tulisan tangan Graffiti kepada pengguna Apple Newton yang frustrasi.

Tetapi setelah melihat Zoomer gagal, Jeff bertekad untuk menciptakan generasi PDA yang benar-benar baru. Dia menyadari bahwa yang lebih penting daripada dikemas dengan fitur, asisten digital pribadi harus berukuran kecil dan cukup ringan sehingga orang merasa nyaman membawanya ke mana pun. Untuk mengingat fokus ini, Jeff benar-benar membawa balok kayu seukuran dan berat Pilot akhirnya.

Dengan desain Pilot yang lengkap tetapi kekurangan dana untuk membawanya secara independen ke pasar, pada tahun 1995 Palm setuju untuk diakuisisi oleh produsen modem US Robotics, yang memiliki kemampuan dan skala manufaktur untuk membawa Pilot ke pasar dengan harga yang terjangkau.

Dunia akan berubah selamanya.

Zen dari Palm

Seringkali kunci untuk menciptakan produk yang hebat bukanlah apa yang Anda masukkan, tetapi apa yang Anda tinggalkan. Pilot awal Palm sangat kurang bertenaga dibandingkan dengan Newton yang telah keluar bertahun-tahun sebelumnya, dan daftar fitur dan spesifikasi teknologi perangkat Palm selama bertahun-tahun sepertinya selalu tertinggal jauh di belakang setiap pesaing. Tetapi rahasia kesuksesan Palm, ‘Zen of Palm’ yang mistis, berfokus pada pengalaman pengguna daripada daftar fitur. Berapa banyak ketukan untuk menyelesaikan tugas? Fitur apa yang benar-benar penting bagi pengguna biasa? Bagaimana data dapat ditampilkan dengan paling efisien? Baterainya bisa tahan berapa lama?

Itu adalah fokus pada Zen yang membedakan Palm, dan bisa dibilang kehilangan fokus inilah yang memulai stagnasi panjang Palm.

1996: Pilot Terbang

Spesifikasi teknis USR Robotics Pilot 1000 dan 5000 menurut standar saat ini menggelikan.

Dengan layar monokrom dengan resolusi 160×160, CPU Motorola 68k 16MHz yang mencolok, dan memori hanya 128Kb atau 512Kb, perangkat kerasnya sangat kecil tetapi sebaliknya tidak terlalu mengesankan. Layarnya bahkan tidak memiliki lampu latar!

Baca Juga : Review Iphone 13 Pro, Salah Satu Ponsel Terbaik Yang Pernah Ada

Namun yang mengesankan adalah perangkat lunak Pilot, yang membuat pengelolaan kalender, kontak, daftar tugas, dan memo Anda menjadi sederhana dan mudah saat bepergian, melakukan ini dengan cara yang lebih sederhana dan lebih intuitif daripada apa pun yang pernah ada sebelumnya.

Juga revolusioner adalah perangkat lunak sinkronisasi Palm’s HotSync dan palungan informasi PalmDesktop pendamping memungkinkan informasi di saku Anda untuk dengan mudah mencocokkan informasi di meja Anda. Pilot sepenuhnya didukung dengan setiap sinkronisasi, meminimalkan trauma kehilangan perangkat Anda atau kehabisan baterai Anda. Dan berbicara tentang baterai, Pilot 5000 bisa berjalan selama berbulan-bulan (benar-benar!) Penggunaan khas pada sepasang AAA.

Satu lagi sedikit jenius yang tidak disengaja yang terbayar selama dekade berikutnya adalah keputusan Palm untuk merilis SDK, membuka Pilot untuk perangkat lunak dari pengembang pihak ketiga. Palm sebenarnya tidak mengharapkan SDK untuk menjadi masalah banyak, tetapi pada akhirnya menghasilkan longsoran aplikasi luar biasa yang menjadi salah satu keunggulan utama Palm dibandingkan platform lain.

Sampai iPhone datang, ada lebih banyak perangkat lunak untuk PalmOS daripada platform seluler lainnya.

Koneksi BeOS

Sentuhan lain yang sedikit diketahui dari opera sabun Palm melibatkan perusahaan sistem operasi perintis Be, yang pada tahun 1996 menolak tawaran $125 juta dari Apple untuk menjadi fondasi generasi MacOS berikutnya. Sebaliknya, Apple membeli NextStep, membawa Steve Jobs kembali, dan sisanya adalah sejarah.

Lima tahun kemudian Be tertatih-tatih dalam bisnis. Membutuhkan fondasi untuk membangun PalmOS 6.0, Palm mengambil sisa-sisa Be (termasuk sekelompok insinyur OS yang sangat berbakat) dengan harga $11 juta.

Bayangkan seperti apa dunia hari ini jika Be tidak menolak Apple, Steve Jobs tidak kembali, dan MacOS X didasarkan pada BeOS sebagai gantinya…

1997: Pilot Meninggal

Sayangnya, hampir sejak awal Palm telah menjadi sasaran empuk bagi para pengacara.

Ketika Pilot meledak ke panggung untuk menjadi salah satu produk yang paling banyak dibicarakan tahun 1996, perusahaan pena Pilot tidak geli. Ini meluncurkan gugatan yang mengklaim bahwa konsumen entah bagaimana akan salah mengira komputer saku dengan stylus plastik padat untuk salah satu tabung berteknologi rendah mereka yang diisi dengan tinta.

Untuk menenangkan perusahaan pena Pilot, US Robotics mengganti nama model PDA baru untuk tahun 1997 menjadi PalmPilot Personal (512Kb) dan PalmPilot Professional (1MB). Selain nama baru dan lebih banyak memori, PalmPilot memperkenalkan inovasi mendebarkan dari lampu latar hijau bercahaya di layar monokrom.

Perusahaan pena Pilot masih belum puas, dan perusahaan induk baru Palm, 3Com (yang telah mengakuisisi US Robotics pada tahun 1997) setuju untuk tidak pernah menggunakan nama Pilot lagi.

Palm belajar satu atau dua hal dari pengacara Pilot yang gigih, dan pada tahun 1998 menggugat Microsoft, memaksa rebranding platform “PalmPC” Microsoft yang bersaing sebagai “Pocket PC”.

1998 – 2003: Pendiri Berangkat / Kisah Handspring

Frustrasi dengan arahan US Robotics dan 3Com telah mengambil Palm, pendiri asli Jeff Hawkins, Donna Dubinsky, dan Ed Colligan pergi untuk memulai Handspring pada tahun 1998, menjadi salah satu pemegang lisensi PalmOS pertama.

Hingga saat ini, Palm telah melisensikan OS-nya kepada mitra yang ingin menjelajahi pasar gratis – IBM mengubah citra perangkat Palm untuk perusahaan, Symbol membangun pemindai kode batang PalmPowered yang kokoh untuk penggunaan industri, dan Qualcomm mengerjakan smartphone PalmPowered pertama (pdQ, yang dikirim pada tahun 1999).

Tetapi dengan melisensikan ke Handspring, Palm menandatangani pesaing langsung yang ganas dengan jajaran PDA Visor Handspring yang ditakdirkan untuk berhadapan langsung dengan Palm di pasar arus utama.

Ketidakmampuan Palm Os Yang Mengerikan
Info Palm OS

Ketidakmampuan Palm Os Yang Mengerikan

Ketidakmampuan Palm Os Yang Mengerikan – Windows Mobile , Palm OS, Linux , dan Symbian saat ini menggerakkan smartphone dunia. Bagaimana masing-masing ditumpuk dengan OS X Apple di iPhone? Artikel ini menyajikan ikhtisar Palm.

Ketidakmampuan Palm Os Yang Mengerikan

freewarepalm – Produk awal Palm sebenarnya mengikuti lintasan yang sangat mirip dengan Macintosh asli Apple. Perbedaan dalam pilihan yang dibuat di Palm memberikan gambaran menarik tentang skenario “bagaimana jika” dari alam semesta paralel.

Berikut adalah keputusan yang membentuk nasib dinasti Palm, dan mengapa Palm jatuh dari posisinya sebagai kekasih era dotcom yang menikmati masa keemasan kemakmuran untuk menjadi CP/M modern , jauh melewati masa jayanya.

Baca Juga : Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS

Identitas Palm dan OS-nya telah berubah secara dramatis selama dekade terakhir di bawah pengawasan berbagai kelompok dan perusahaan yang berbeda. Palm telah dibeli, diteruskan dari satu perusahaan ke perusahaan berikutnya, dipisahkan, dipecah, digabungkan, dan dikelompokkan kembali, dan Palm OS telah dilisensikan kepada pengembang independen.

Sebaliknya, WinCE telah mempertahankan sejarah yang stabil di dalam Microsoft di bawah manajemen yang sama selama dekade terakhir, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam The Spectacular Failure of WinCE dan Windows Mobile .

Potensi Palm yang Tidak Terpenuhi

Palm menyarankan banyak potensi menggiurkan yang tidak pernah benar-benar tersampaikan. Fitur integrasi telepon di lini Treo terbarunya sangat mengecewakan.

Potensi aplikasi pihak ketiga di Palm sebagian besar telah dikebiri oleh penanganan Palm OS yang tidak kompeten, keterbatasan perangkat keras, dan fungsionalitas sinkronisasi yang hanya berfungsi dengan baik pada hari-hari keberuntungan dalam seminggu.

Kelemahan ini saling memperumit: jumlah Flash dan RAM sistem yang tersedia memperumit fitur sinkronisasi dan pemasangan aplikasi, karena begitu batas memori tercapai, perangkat Palm menolak untuk menyinkronkan.

Pengguna harus secara manual menghapus aplikasi dan database bernama samar dari perangkat untuk memberikan ruang yang cukup. Stabilitas adalah masalah lain yang terkait dengan masalah pengembangan OS dan keterbatasan perangkat keras.

Dalam banyak hal, Palm OS telah menabrak tembok dengan cara yang mirip dengan Apple Mac System 7 di awal 90-an. Masalah di Palm OS berhubungan dengan masalah warisan dari akhir 90-an, seperti masalah Apple dengan Mac terikat pada pertimbangan desain yang dibuat satu dekade sebelumnya. Sama seperti zaman keemasan Mac Klasik di akhir 80-an dan awal 90-an, Palm terjadi di akhir 90-an dan memasuki milenium.

Zaman Keemasan Palm: 1996-2002

Jeff Hawkins, visioner di balik Palm Pilot yang asli, sebelumnya telah memelopori ide-ide dalam komputasi pena di GRiD. Upaya pertamanya untuk merancang PDA untuk pasar konsumen, Casio Zoomer, adalah kegagalan besar, hanya menjual sepersepuluh dari penjualan Newton .

Setelah kegagalan Zoomer yang mengecewakan, Hawkins mendirikan Palm Computing untuk mengembangkan perangkat lunak pihak ketiga untuk perangkat genggam pabrikan lain, termasuk sistem input teks yang disederhanakan Graffiti untuk Newton.

Hawkins juga mulai bekerja pada platform referensi untuk PDA baru, yang ditujukan untuk pasar kelas bawah dan memanfaatkan fitur praktis sederhana untuk konsumen: Palm Pilot.

Hawkins mencari-cari ide untuk menemukan Casio lain yang tertarik untuk membuat alternatif yang lebih murah daripada Newton yang terlalu canggih dari Apple. Produsen modem US Robotics setuju untuk membeli Palm pada tahun 1995 seharga $44 juta dan memasuki bisnis PDA.

Palm Pilots akhirnya mengalahkan penjualan kedua Newton – yang dibatalkan Apple tepat ketika Palm mulai benar-benar lepas landas – dan perangkat WinCE Microsoft, yang bahkan tidak bersaing dengan perangkat Palm OS yang jauh lebih sederhana dan praktis sampai sekitar tahun 2002.

Alih-alih mencoba menawarkan perangkat keras canggih dan konsep pengembangan, Palm Pilot dirancang untuk melakukan tugas-tugas sederhana dengan baik pada perangkat keras berbiaya rendah.

Baca Juga : Review iPhone 13: Semua yang perlu Anda ketahui

Itu menghasilkan produk yang bagus dan populer di sepanjang akhir 90-an, dan memungkinkan Palm mengalami zaman keemasan pengembangan yang hampir tak terbantahkan selama beberapa generasi pertama PDA Palm.

Beruntung bagi Palm, periode ini juga berhubungan dengan gelembung besar pengeluaran teknologi, memberi gadget kutu buku peluang sempurna untuk menjadi populer dan menguntungkan.

Jiwa Telapak Tangan Baru: 1995-1997

Untuk membangun Pilot PDA baru, Palm Computing memilih DragonBall , versi tertanam dari prosesor 68k populer Motorola yang mendukung Macintosh , Amiga, Atari ST, dan Sega Genesis asli.

OS sederhana Palm dirancang di atas kernel multitasking yang dilisensikan dari Kadak , meskipun lisensi Palm tidak mengizinkan dukungan untuk fitur multitaskingnya.

Sejumlah faktor digabungkan untuk membuat Palm Pilot menyerupai desain Macintosh asli Apple:

•itu menggunakan desain perangkat keras yang sangat terintegrasi dan disesuaikan berdasarkan prosesor 68k
•itu menggunakan tampilan monokrom yang sederhana dan praktis daripada mencoba melakukan warna dengan buruk
•itu tidak memiliki fitur sistem operasi yang canggih, dan berfokus pada kegunaan
•itu dirancang untuk menjadi alat praktis, tidak hanya mengesankan para geek dengan potensi teknologi mentah yang tidak dapat digunakan.

US Robotics memperkenalkan Palm Pilot 1000 dan 5000 generasi pertama pada Maret 1996 seharga $300 dan $400, dan diikuti dengan versi Palm Pilot Personal dan Professional yang disempurnakan setahun kemudian.

Dua bulan kemudian, US Robotics dibeli oleh 3Com pada bulan Juni 1997. Para pendiri Palm berharap untuk mengadaptasi platform tersebut ke pasar baru, tetapi 3Com memiliki rencana yang lebih konservatif untuk generasi ketiga Palm III, yang akan dirilis pada tahun 1998.

Dalam satu tahun, Hawkins, Donna Dubinsky , Ed Colligan, dan lainnya dari tim inti Palm meninggalkan 3Com untuk membentuk Handspring, berniat mengembangkan visi mereka sendiri tentang masa depan Palm.

Newton Supernova: 1997-1998

Sebelum tahun 1997, lini Apple’s Newton MessagePad belum pernah melihat pembaruan yang menghancurkan bumi sejak debutnya pada tahun 1993. Namun pada bulan Maret 1997, Apple memperkenalkan lini baru model yang jauh lebih cepat dan lebih baik, termasuk MessagePad 2000 dan eMate 300 , Laptop Newton OS dirancang untuk pasar pendidikan.

Langkah itu menunjukkan Apple tiba-tiba menjadi serius tentang pasar perangkat genggam, setelah tiga tahun prospek masa depan Newton yang tidak jelas.

Model-model baru diumumkan hanya tiga bulan setelah Apple membeli NeXT; dua bulan kemudian, CEO Apple Gil Amelio mengumumkan bahwa Newton akan dipisahkan sebagai perusahaan independen, bernama Newton, Inc.

Newton, Inc. didirikan pada 2 Juli 1997. Seminggu kemudian, Amelio digulingkan oleh dewan direksi Apple, dan Steve Jobs diangkat sebagai CEO sementara Apple. Pada 19 September, Jobs menarik Newton kembali ke Apple.

Dalam email pribadi tentang kepindahan tersebut, Jobs dilaporkan menulis, “Emate memiliki masa depan yang cerah,” dan “penjualan MessagePad saat ini sangat pesat.”

“Jangan khawatir, kami menarik grup ini kembali ke Apple sehingga kami dapat menginvestasikan lebih banyak sumber daya penjualan dan pemasaran ke dalam produk ini, daripada membuang produk ke spin-off kecil yang tidak memiliki sumber daya seperti itu.”

Bulan berikutnya, Apple merilis Newton MessagePad 2100, bersama jajaran G3 PowerBooks dan PowerMacs baru yang disederhanakan, dan toko web online baru .

Apple juga mengumumkan kerugian bersih sebesar $1 miliar untuk tahun fiskal 1997, meskipun itu termasuk $667 juta dalam pengeluaran terkait pembelian NeXT. Apple telah kehilangan $816 juta tahun sebelumnya di bawah Amelio.

Newton eMate termurah adalah $800, dan MessagePad lebih dari $1000. Palm Pilots adalah $300-400; perbedaan harga yang besar itu, bersama dengan format ukuran saku Palm yang jauh lebih kecil dan lebih praktis, membuat Palm Pilot yang konservatif menjadi populer dan membunuh segala harapan untuk kebangkitan pasar massal Newton.

IDC melaporkan bahwa Apple hanya menjual 60.000 MessagePads pada tahun 1996, turun dari 100.000 unit pada tahun pertama. Palm menjual satu juta PDA dalam satu setengah tahun pertama, dan penjualan Palm sedang booming.

Intel juga baru saja mengambil alih bisnis prosesor DEC, termasuk prosesor StrongARM yang digunakan di MessagePads. Ketidakpastian tentang minat Intel untuk melanjutkan pengembangan StrongARM, penjualan unit yang lesu, dan upaya untuk menyederhanakan jajaran produknya, semuanya berkontribusi pada Apple membatalkan pengembangan Newton pada Februari 1998.

Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS
Info Palm OS

Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS

Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS – Profil Perangkat Informasi Seluler (MIDP) Sun menawarkan Java API untuk bekerja dengan perangkat seluler, seperti PDA tingkat pemula. Cari tahu cara menambahkan ikon warna khusus dan mengakses font monospace.

Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS

freewarepalm – Tak lama setelah saya mulai bekerja dengan Mobile Information Device Profile (MIDP) Sun untuk Palm OS, saya melihat dua batasan yang menjengkelkan menambahkan ikon warna dan mengakses font monospace.

Saya akan berbagi solusi saya dengan Anda di sini. Pertama, saya akan menunjukkan cara menggunakan ikon warna khusus untuk aplikasi Anda. Kemudian, saya akan menjelaskan cara mengakses font monospace dari MIDP untuk Palm OS.

Baca Juga : Peluncur Aplikasi Untuk PDA Palm OS

Mendukung ikon warna khusus

Sebagai seorang pengembang, saya tidak peduli apa jenis ikon yang ditampilkan aplikasi saya di desktop perangkat Palm. Tapi itulah yang dikhawatirkan oleh orang-orang pemasaran yang terjaga sepanjang malam. Jadi ketika saya akhirnya menerima ikon warna untuk digunakan dengan aplikasi saya, saya cukup membuka alat Sun untuk membuat PRC dari file JAR MIDP standar saya dan menyuruhnya untuk menggunakan ikon yang diberikan kepada saya. Aku tercengang ketika saya menemukan bahwa file PRC saya telah kembali ke ikon default.

Setelah menelusuri dokumentasi, saya menemukan dengan ngeri mutlak bahwa ikon warna tidak didukung oleh alat pembuatan RRC Sun. Solusi yang saya buat mengharuskan Anda melakukan sedikit pengumpulan untuk mengumpulkan alat yang tepat.

Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal versi demonstrasi Metrowerks CodeWarrior untuk Palm OS ke desktop pengembangan Anda. Selanjutnya, Anda perlu mengunduh dan menginstal RsrcEdit ke perangkat Palm OS yang sama dengan aplikasi MIDP Anda.

Setelah Anda melakukan kedua hal ini, solusinya sendiri cukup sederhana. Pertama, buat aplikasi standar Palm OS, berbasis C menggunakan CodeWarrior. Kemudian, gunakan alat Konstruktor CodeWarrior untuk membuat ikon warna untuk aplikasi ini. Jika Anda tidak terbiasa dengan CodeWarrior, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

Buka grup program CodeWarrior for Palm OS Platform 7.0 pada menu Start Windows.
Pilih CodeWarrior IDE.
Di CodeWarrior IDE, pilih perintah Open dari menu File.
Buka (Contoh CodeWarrior)\Metrowerks Sample Projects untuk Palm OS\Tic-Tac-Toe 1.1\Tic-Tac-Toe.mcp file dari mana pun Anda memilih untuk menginstal CodeWarrior.
Klik dua kali Tic-Tac-Toe.rsrc.
Di bawah Bitmaps, edit ikon berikut:
Ikon Aplikasi (Besar, Warna), seperti yang ditunjukkan pada Gambar B
Ikon Aplikasi (Kecil, Warna)
Tutup Konstruktor.
Pilih Buat dari menu Proyek.
Salin file Tic-Tac-Toe PRC yang dihasilkan ke perangkat Palm OS Anda.

Selanjutnya, muat aplikasi ini dan RsrcEdit ke perangkat Palm OS yang sama dengan aplikasi MIDP Anda. Terakhir, gunakan RsrcEdit untuk menyalin ikon warna dari aplikasi CodeWarrior C Anda dan menempelkannya ke aplikasi MIDP Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Luncurkan RsrcEdit.
Pilih aplikasi CodeWarrior Anda (Tic-Tac-Toe, misalnya) dari daftar drop-down.
Klik Buka.
Pilih tAIB1001 untuk ikon kecil atau tAIB1000 untuk ikon besar.
Klik Buka.
Untuk menyalin ikon Anda, klik tombol Menu Palm; pilih Edit, lalu Salin dari daftar drop-down.

Untuk menempelkan ikon Anda ke dalam aplikasi MIDP, ulangi langkah 1 hingga 5 untuk aplikasi MIDP Anda, tetapi pada langkah 6, pilih Edit, lalu Tempel dari daftar drop-down.
Catatan
Saat Anda membuat ikon baru, Anda juga dapat memilih variasi tingkat dukungan warna (256 warna, 8 juta warna, dll.)

Dukungan penulisan untuk font monospace

Masalah kedua melibatkan tidak adanya dukungan untuk font monospace di bawah MIDP untuk Palm OS. Singkatnya, MIDP untuk Palm OS tidak akan pernah menggunakan font monospace. Jika Anda memintanya untuk menggunakan font monospace, itu akan mengabaikannya secara diam-diam. Alasan untuk ini, menurut Sun, adalah bahwa perangkat Palm OS tidak dikirimkan dengan font monospace tunggal sekalipun.

Untuk mengatasi keterbatasan ini, Anda harus, sekali lagi, memulai dengan sedikit ekspedisi pengumpulan di Internet. Pertama, unduh program FontHack123 Sergey Menshikov yang luar biasa . Selanjutnya, temukan beberapa font monospace untuk Palm OS yang Anda sukai dan unduh. Contoh yang bagus (jika Anda tidak ingin mencari sendiri) adalah font Midget-Mono XSdalam koleksi Font Alfa. Terakhir, unzip semuanya dan instal X-Master (dari paket FontHack123), FontHack123, dan font khusus Anda semua ke perangkat yang sama dengan aplikasi MIDP Anda.

Baca Juga : Tanggal Rilis Google Pixel 6, Harga, Chip Tensor, dan Spesifikasi

Dengan menggunakan antarmuka yang disediakan pada layar berikutnya, Anda dapat memaksa aplikasi apa pun untuk menggunakan font pilihan Anda. Jadi tergantung pada seberapa besar Anda menyukai font kustom baru Anda, Anda dapat mengaitkannya dengan:

Semua, untuk memaksa setiap aplikasi di perangkat Anda menggunakan font baru Anda.
Java HQ,  untuk memaksa setiap aplikasi MIDP menggunakan font baru Anda.
Hanya aplikasi kustom Anda.

Setelah Anda membuat asosiasi ini dan keluar dari X-Master, jalankan aplikasi kustom Anda. Anda akan melihat bahwa semua yang ada di dalamnya sekarang menggunakan font monospace kustom Anda. Sayangnya, ini adalah proposisi semua-atau-tidak sama sekali, tetapi ini adalah solusi terbaik yang tersedia saat ini untuk batasan ini di MIDP untuk Palm OS.

Peluncur Aplikasi Untuk PDA Palm OS
Info Palm OS

Peluncur Aplikasi Untuk PDA Palm OS

Peluncur Aplikasi Untuk PDA Palm OS – Apa salah satu fitur yang paling kami sukai dari PDA Palm OS? Kustomisasi! Jika ada fitur yang tidak kita sukai dari Pilot, maka kemungkinan seseorang telah menulis program yang memperbaiki apa yang tidak kita sukai.

Peluncur Aplikasi Untuk PDA Palm OS

freewarepalm – Program peluncur aplikasi pihak ketiga adalah salah satu fitur yang telah memperbaiki apa yang tidak kami sukai dari peluncur bawaan. Ada beberapa program yang tersedia mulai dari freeware hingga komersial.

Dengan PAL, Anda dapat membuat layar dengan nama berbeda tempat aplikasi Anda dapat ditempatkan. PAL tidak memiliki layar tab, tetapi menggunakan menu pull-down untuk menavigasi ke layar yang diinginkan. Sebenarnya, PAL sangat mirip dengan peluncur aplikasi bawaan Palm III.

Baca Juga : Perbedaan Perangkat Lunak Palm OS Pocket PC Dan Blackberry

Jika Anda sudah memiliki Palm III, PAL tidak memberi Anda lebih banyak fitur. Itu memang memiliki 4 gadget di bagian bawah layar yang dapat Anda matikan atau hidupkan . Mereka mengatur ulang, mengunci, menyalakan lampu latar dan mematikan PDA. PAL juga memberi Anda tampilan baterai sehingga Anda dapat melihat berapa banyak daya yang tersisa di baterai Anda. Mengetuk ini akan memungkinkan Anda beralih di antara tiga cara berbeda untuk melihat voltase yang tersisa .

Memindahkan ikon aplikasi Anda ke layar yang berbeda tidak semudah peluncur aplikasi yang lebih baru . Anda harus membuka jendela edit yang memungkinkan Anda menggulir daftar aplikasi Anda dan kemudian memungkinkan Anda memilih layar mana mereka harus berada.

Ketika Anda menambahkan aplikasi baru ke PDA Anda, mereka akan muncul di layar Unfiled. Anda dibatasi hingga 15 layar (kategori) berbeda tempat Anda dapat menempatkan aplikasi Anda.

Untuk memaksa PAL menjadi satu-satunya peluncur aplikasi Anda (sehingga diaktifkan setiap kali Anda mengetuk tombol aplikasi silkscreen…), Anda harus mengatur opsi di menu preferensi. Jika Anda memiliki Pilot 1000 atau 5000 yang lebih lama, Anda harus menginstal retasan terpisah . Peretasan ini termasuk dalam arsip PAL dan berukuran sekitar 1k.

PAL benar-benar hanya bagus untuk PDA Palm OS non Palm III karena Palm III memiliki sebagian besar fitur yang sama. Ini cukup terbatas sejauh fungsionalitas dan fitur. Saya akan mengatakan meneruskan peluncur aplikasi ini dan memeriksa yang lain terlebih dahulu.

LaunchPad v1.11 adalah program Peluncuran Kakek. Meskipun PAL datang lebih dulu, LaunchPad memulai pendekatan layar tab. Dari LaunchPad datang, AppMan, Launcher III, dan Launch’Em saat ini. Ini semua pada dasarnya adalah program yang sama dengan antarmuka yang sama tetapi dengan beberapa fitur tambahan.

LaunchPad memungkinkan layar tab bernama tempat Anda dapat memindahkan berbagai aplikasi dengan menyeretnya ke tab yang diinginkan. 3 gadget kecil berada di bagian bawah layar yang memungkinkan Anda memeriksa memori, mematikan, dan mengunci PDA dengan kata sandi sistem.

Aplikasi dapat dengan mudah dipindahkan ke layar yang berbeda hanya dengan menyeret ikon ke tab yang diinginkan. Tab baru dapat ditambahkan, diganti namanya, dan dihapus. Anda memiliki pilihan untuk memiliki 2, 3, 4 dan bahkan 5 ikon di layar. Ini bagus untuk meremas ikon sebanyak mungkin ke dalam satu layar. Satu-satunya bagian yang buruk adalah bahwa judul aplikasi cenderung berjalan bersama.

Fitur lain termasuk indikator tegangan di bagian bawah layar yang dapat diubah antara nilai tegangan atau batang dengan indikator persentase. Indikator tanggal/waktu juga ada di bagian bawah layar. Seperti voltase, itu juga dapat diaktifkan untuk menampilkan waktu, tanggal, atau hari saat ini dalam seminggu.

Menekan tombol menu silkscreen dan item menu Pilot memberi Anda akses cepat ke beberapa aplikasi sistem yang lebih penting seperti Memori, Preferensi, Keamanan, dan HotSync.

LaunchPad memiliki beberapa versi bahasa yang tersedia: Inggris, Hongaria, Belanda, Prancis, dan Spanyol.

Kelebihan:

Bernama layar tab.
Mudah untuk memindahkan aplikasi ke layar yang berbeda dengan menyeretnya ke tab yang diinginkan.
Versi bahasa yang berbeda tersedia.

Kekurangan:

Tidak lagi diperbarui. Versi ini tidak kompatibel dengan Palm III.

AppMan v1.01 oleh Alexander Hinds adalah pembaruan sederhana dari program LaunchPad Asli. Satu-satunya perbedaan adalah penambahan gadget tempat sampah yang memungkinkan Anda menyeret aplikasi ke dalamnya untuk menghapusnya dari PDA Anda.

AppMan tampaknya berfungsi dengan baik dengan Palm III saya tetapi untuk menjadikannya Peluncur default Anda, Anda memerlukan peretasan yang disebut AppManHack. Saya tidak dapat menemukan peretasan ini di mana pun jadi saya tidak dapat mengatakan apakah itu berhasil atau tidak.

Baca Juga : Perubahan Terbesar Desain Ulang Versi Android 12

Satu-satunya masalah lain yang saya hadapi dengan AppMan adalah gadget memori tidak berfungsi dengan Palm III saya. Mengetuknya membawa saya ke layar System Prefs.

Kelebihan:

Menambahkan tempat sampah yang bagus sehingga Anda cukup menyeret aplikasi ke dalamnya untuk menghapusnyasepenuhnya.

Kekurangan :

Perlu peretasan terpisah untuk menggunakannya sebagai peluncur default Anda di Palm III.

Launcher III v1.40 adalah adaptasi Bozidar Benc dari program LaunchPad Eric Kenslow. Ini pada dasarnya sama dengan Launch’Em kecuali bahwa ia tidak memiliki beberapa fitur dan menambahkan beberapa.

Antarmuka Launcher III sangat mirip dengan Launch’Em dan LaunchPad. Launcher III memungkinkan Anda untuk membuat halaman tab bernama seperti dua aplikasi lainnya. Tidak seperti Launch’Em, Anda tidak dapat meletakkan tab di bagian bawah layar.

Launcher III memungkinkan Anda menentukan apakah Anda ingin 2, 3, 4 atau tampilan List View dari ikon Anda. Ada juga database ikon mini yang disertakan untuk pengguna 1000, 5000, Pribadi, dan Profesional yang ingin menggunakan Tampilan Daftar. Saya memiliki beberapa masalah dengan Tampilan Daftar di Palm III saya.

Pada beberapa layar tab itu akan menampilkan layar garis vertikal dan sampah. Layar lain akan baik-baik saja. Beralih bolak-balik antara Tampilan Daftar dan tampilan biasa akan tampak menakutkan karena membutuhkan waktu lama untuk beralih ke tab yang berbeda.

Perbedaan Perangkat Lunak Palm OS Pocket PC Dan Blackberry
Info Palm OS

Perbedaan Perangkat Lunak Palm OS Pocket PC Dan Blackberry

Perbedaan Perangkat Lunak Palm OS Pocket PC Dan Blackberry – Ada banyak diskusi di pers perdagangan dan di konferensi industri tentang pilihan strategis platform OS untuk PDA. PalmOS, EPOC Symbian dan Pocket PC semuanya berlomba-lomba untuk mempertahankan atau merebut peran kepemimpinan.

Perbedaan Perangkat Lunak Palm OS Pocket PC Dan Blackberry

freewarepalm – Ada beberapa pandangan yang kuat tergantung pada kepentingan pribadi kelompok atau analis yang mengungkapkan pandangan ini. Situasi dan tren berubah dengan cepat. Persyaratan OS telah berubah dengan konvergensi perangkat dan dengan keinginan konsumen untuk hanya membawa satu perangkat.

Baca Juga : Perangkat Lunak Menghubungkan Palm OS Dan Pocket PC

Dominasi PalmOS telah menurun dari tahun 1999 hingga sekarang (April 2002). Kami membawa perhatian para profesional ke opini-opini berikut yang diungkapkan oleh para analis dan analisis kami terhadap opini-opini ini.

Kami telah melihat dan Anda pasti juga telah melihat presentasi dari Palm, Symbian dan Microsoft yang menekankan keunggulan sistem operasi dan perangkat mereka sendiri berdasarkan OS ini. Hingga akhir tahun 2000, PalmOS dan perangkat berbasis ini memonopoli pasar selama Anda ingin perangkat tersebut menjadi pengatur dan menangani aplikasi bisnis sederhana.

Versi PalmOS sebelumnya tidak memiliki kekuatan, fleksibilitas, keserbagunaan, dan dukungan yang kuatprosesor baru datang ke pipa Intel, aksesori dan jaringan nirkabel. Sementara itu, Microsoft dengan persenjataan R&D dan pengalaman rekayasa perangkat lunak yang jauh lebih besar, terus meningkatkan Windows CE-nya dan segera Pocket PC menjadi lawan yang tangguh.

Palm sebagai sebuah perusahaan mengalami masa-masa sulit dengan para eksekutif senior yang keluar untuk membentuk Handspring dan 3COM sebagai induk perusahaan tidak tahu bagaimana cara membawa anak istimewa yang disebut PalmOS ini. Palm tidak dapat dengan mudah menghilangkan keasyikannya dengan pasar konsumen dan mengarahkan dirinya ke dalam perusahaan.

Sebagai penyelenggara Palm mencoba untuk menjadi perangkat e-mail mencoba untuk menyalin Blackberry RIM, gagal total. Palm VII tidak berhasil menggulingkan Blackberry. Handspring menciptakan perangkat PalmOS yang lebih baik dan menyempurnakan perangkat dengan implementasi unik dari kartu ekspansi ekstra yang melahirkan ponsel Visor.

Pada pertengahan tahun 2001, beberapa analis mulai membicarakan kematian Palm – penggabungan Palm dan handspring juga dikabarkan. Kami tidak pernah berpikir bahwa Palm berada dalam masalah yang begitu serius. Palm sakit dan lemah tetapi memiliki cukup simpatisan sehingga tidak akan mati. Bahkan, langkah-langkah yang diambil pada akhir tahun 2001 telah memberinya kekuatan yang cukup sehingga kami merasa masa depannya terjamin untuk beberapa waktu. Pengumuman Palm Os 5.0, akuisisi ThinAir Apps, dan pengalihan untuk memenangkan hati para profesional TI perusahaan memang memberi Palm rasa hormat.

Kami ingin merangkum beberapa pendapat dan pandangan yang kami ingin Anda pertimbangkan dalam membuat keputusan perangkat.

Perangkat Palm terus memiliki % pangsa pasar PDA yang lebih besar daripada perangkat atau OS lain mana pun (jangan sertakan ponsel pintar yang tidak memiliki fungsi atau perangkat real estat yang setara mari kita bandingkan apel dengan apel) bahkan hingga hari ini.

Karena itu, kami juga harus menyadari bahwa kecuali Anda monopoli Microsoft, % pangsa pasar Anda akan turun setelah beberapa tahun sukses besar. Oleh karena itu, apa yang kita lihat saat ini tidak lain adalah fenomena bisnis dan ekonomi yang alami. Akibatnya, proyeksi kami adalah bahwa perangkat PalmOS akan terus menjadi OS yang dominan untuk kelas PDA-nya sendiri setidaknya selama beberapa tahun. Pada waktu bersamaan,

Semua diskusi tentang dominasi PalmOS, Symbian dan Blackberry ini hanya menarik bagi pengamat pasar, investor dan mereka yang menulisnya termasuk penulis halaman ini. Ini hanya memiliki nilai terbatas bagi profesional TI yang harus memilih perangkat atau menulis aplikasi bisnis untuk perangkat dan OS tertentu.

Skenario yang paling mungkin (menurut perkiraan kami dengan keandalan lebih dari 70%) adalah bahwa ketiga OS (PalmOS, Symbian EPOC, Pocket PC) akan bertahan selama tiga hingga lima tahun lagi. Saat Anda memilih perangkat untuk aplikasi bisnis Anda atau untuk mendistribusikannya ke profesional di organisasi Anda, pangsa pasar relatif perangkat OS seharusnya tidak menjadi pertimbangan utama.

Pertimbangan yang jauh lebih penting adalah mencocokkan apa yang ingin dilakukan pengguna Anda dengan kemampuan solusi, jenis antarmuka pengguna apa yang dapat Anda rancang dengan perangkat yang dipilih, dan harapan hidup aplikasi. Mereka yang masih terpaku dengan OS harus berhenti sejenak untuk menanyakan apakah kita khawatir tentang OS dari TV atau perangkat lain yang kita beli untuk kesenangan kita.

Baca Juga : Samsung Galaxy S22: Berita, Tanggal Rilis, Spesifikasi, Dan Rumor

Analoginya tidak sempurna tetapi memberi kita perspektif. jenis antarmuka pengguna apa yang dapat Anda rancang dengan perangkat yang dipilih dan harapan hidup aplikasi. Mereka yang masih terpaku dengan OS harus berhenti sejenak untuk menanyakan apakah kita khawatir tentang OS dari TV atau perangkat lain yang kita beli untuk kesenangan kita.

Analoginya tidak sempurna tetapi memberi kita perspektif. jenis antarmuka pengguna apa yang dapat Anda rancang dengan perangkat yang dipilih dan harapan hidup aplikasi. Mereka yang masih terpaku dengan OS harus berhenti sejenak untuk menanyakan apakah kita khawatir tentang OS dari TV atau perangkat lain yang kita beli untuk kesenangan kita. Analoginya tidak sempurna tetapi memberi kita perspektif.

Bagi mereka yang ngotot tentang seberapa baik perangkat Palm i705 dalam mencocokkan Blackberry dalam hal email, kita mungkin harus mengingatkan mereka pada makalah yang sangat bagus yang ditulis oleh Carl Zetie, VP Mobile Research di Giga dalam edisi terbaru minggu Informasi.

Anda harus mengambil pandangan yang seimbang dan holistik dari segala sesuatu. Jika semua yang perlu Anda lakukan adalah email nirkabel, jangan pertimbangkan i705 karena Blackberry melakukannya lebih baik dari apa pun. Jika di sisi lain, selain e-mail Anda ingin melakukan beberapa di antara ribuan aplikasi PalmOS, maka Anda harus mempertimbangkan i705 Palm.

Harga perangkat PalmOS umumnya lebih rendah daripada perangkat Pocket PC. Namun, untuk penerapan perusahaan, harga perangkat genggam hanya satu komponen (berkontribusi di mana saja dari 15 hingga 25% dari biaya operasi) dari total harga penerapan solusi.

Perbedaan kecil $100-150 antara satu kategori perangkat versus yang lain tidak begitu penting, jika Anda bisa mendapatkan nilai dan penerimaan yang jauh lebih besar oleh kekuatan lapangan. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan total biaya kepemilikan yang mencakup biaya pengembangan aplikasi, dukungan, dan manajemen.

Perangkat Lunak Menghubungkan Palm OS Dan Pocket PC
Info Palm OS

Perangkat Lunak Menghubungkan Palm OS Dan Pocket PC

Perangkat Lunak Menghubungkan Palm OS dan Pocket PC – Meskipun komputer genggam yang menjalankan sistem operasi Palm terjual lebih banyak daripada komputer yang menggunakan Pocket PC Microsoft empat banding satu, yang terakhir ini berkembang pesat.

Perangkat Lunak Menghubungkan Palm OS Dan Pocket PC

freewarepalm – Pocket PC seperti iPaq H3600 dari Compaq Computer Corp. dan Jornada 540 dari Hewlett-Packard Co. telah menarik banyak penggemar. iPaq, misalnya, menarik premi $400 dan $500 di atas harga eceran $500 ketika dilelang di EBay, dan Kepala Eksekutif Compaq Michael Capellas telah berjanji untuk meningkatkan produksi.

Baca Juga : Ulasan Telepon Palm OS Untuk Masalah Yang Sangat Modern

Tapi seperti hari-hari awal perekam kaset video, ada dua standar yang bersaing. Itu masalah. Dalam keadaan asli mereka, kedua perangkat tidak dapat berbicara satu sama lain. Pengguna Palm dengan senang hati mengirimkan kartu nama elektronik satu sama lain, dan pengguna Pocket PC dapat berbagi file dengan perangkat serupa. Tetapi pengguna Palm tidak dapat memindahkan gambar ke Pocket PC.

Namun, ada cara untuk menjembatani kesenjangan. Dan yang lainnya mungkin akan segera hadir. Menyadari koeksistensi adalah kunci popularitas Pocket PC, HP membundel program yang disebut Peacemaker di Jornada barunya.

Dengan beberapa ketukan, pengguna dapat mengirim kartu nama ke pengguna Palm atau menerimanya. Versi baru perangkat lunak, Peacemaker Pro, memungkinkan pengguna mengirim jenis file lain, seperti janji temu. Ini tersedia online seharga $14,95 dari pengembangnya, Conduits Technologies Inc. Versi gratis, yang hanya dapat digunakan untuk bertukar data kontak, juga tersedia di sana.

Untuk tujuan dasarnya, Peacemaker berhasil dengan mengagumkan. Apakah orang lain memiliki perangkat berbasis Palm OS atau dari Psion Inc., pengguna Pocket PC dapat menerima kartu nama dan menambahkannya ke daftar kontak. Sebaliknya, saya telah menggunakan iPaq H3600 saya untuk mengirimkan kartu saya puluhan kali ke pengguna Palm, banyak dari mereka terkejut dengan fitur ini.

Namun bahkan dengan Peacemaker, pertukaran antara Pocket PC dan Palm tidak sesederhana antara dua perangkat Palm. Pada platform Palm, pengguna menunjuk kartu alamat mana, biasanya milik mereka sendiri, untuk dikirim baik dengan perintah Beam Business Card atau, lebih umum, dengan menahan tombol Alamat pada unit. Arahkan saja ke Palm lain dan, presto, informasinya melayang. Penerima memiliki pilihan untuk menerima atau menolak kartu.

Baca Juga : Tanggal Rilis Google Pixel 6, Harga, Chip Tensor, dan Spesifikasi

Pada Pocket PC, mengirim alamat ke Palm membutuhkan sedikit lebih banyak pekerjaan–dan biasanya kedua tangan. Menekan dan menahan tombol Kontak di bagian depan hanya akan memunculkan bidang untuk kontak baru. Untuk mengirim kartu, perlu membuka daftar kontak, menemukan dan memilih nama, dan menahan stylus di sana cukup lama untuk membuka menu yang menawarkan “Beam Card” atau mengatur “Card Exchange”, di mana satu kartu dikirim dan yang lain diterima.

Itu semua baik dan bagus, tetapi pekerjaannya belum selesai. Perangkat lunak Pocket PC terkait dengan Microsoft Outlook pada komputer desktop–tidak perlu dipikirkan lagi mengingat asal Redmond, Wash., dari kedua program tersebut. Tapi Outlook memungkinkan masuknya alamat bisnis dan rumah. Jika sebuah kartu memiliki keduanya, pengguna akan diminta untuk memilih mana yang akan dikirimkan ke Palm.

Pengguna pertama kali mungkin menemukan langkah ini membingungkan. Pengguna yang sering mungkin merasa kesal. Cara yang lebih baik untuk menyelesaikan ini adalah dengan Conduits Technologies yang memungkinkan pengguna memilih satu opsi atau yang lain sebagai pengaturan default.

Dengan cara yang sama, bukanlah ide yang buruk bagi Palm Computing untuk mengupgrade buku alamat Palm untuk mengakomodasi lebih dari satu alamat. Ini juga harus dilakukan pada pengelola informasi pribadi Palm Desktop, yang sangat populer di kalangan pengguna Palm.

Namun, bundling perangkat lunak Peacemaker dasar oleh HP di Jornada dan ketersediaan Peacemaker Pro adalah langkah positif. Dan Microsoft sedang menyelidiki pengembangan “perangkat lunak pertukaran file antar-platform” untuk rilis Windows CE berikutnya, kata Ed Suwanjindar, seorang manajer produk di perusahaan tersebut.

Bukankah lebih baik jika Microsoft belajar membuat programnya bekerja dengan platform yang ada daripada mencoba mengolah dunia dalam citranya?

1 2 3 5