Lebih Memilih Palm OS Atau Windows CE

Info
Spread the love

freewarepalm – Akhirnya, ada pilihan yang berarti untuk dibuat lagi antar komputer. Kalian yang ingat perang berdarah antara Apple, Cromemco dan Atari (komputer, bukan mesin game) tahu apa yang saya maksud.

Untuk waktu yang lama sekarang, pilihan melibatkan perangkat keras berbasis x86 mana yang Anda inginkan untuk menjalankan perangkat lunak Microsoft Windows yang selalu ada. Memang, Apple masih bertahan di sana, dan ada teman kencan singkat dengan OS / 2 dan rasa Unix yang mengganggu yang tidak pernah benar-benar hilang.

Lebih Memilih Palm OS Atau Windows CE

Dikutip dari kompas.com, Tetapi barisan komputer di sudut Anda CompUSA sebagian besar telah mengibarkan bendera Wintel. Namun, hal ini berubah dengan munculnya komputasi pribadi generasi berikutnya: asisten digital pribadi (PDA).

Lebih Memilih Palm OS Atau Windows CE – Microsoft Corp. dan Intel Corp. masih menjadi pemain di generasi ini, tetapi sekarang mereka hanyalah dua opsi. Kelas berat saat ini di bidang ini adalah Palm Inc. di Santa Clara, California, yang telah menentang filosofi “lebih banyak lebih baik” dari dunia PC untuk menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan dengan keindahan kesederhanaan.

Menjalankan jauh kedua adalah batch PDA yang menjalankan Windows CE pada berbagai platform perangkat keras berdasarkan prosesor seperti seri StrongARM Intel (yang menggunakan desain chip ARM dari Cambridge, ARM Ltd. yang berbasis di Inggris) dan Hitachi SH-3.

Hal ini menyebabkan kebingungan bagi pengguna yang ingin membuat aplikasi berguna dengan perangkat ini. Bagaimana Windows CE menjadi Windows jika tidak dapat menjalankan aplikasi standar? Demikian juga, bagaimana Anda menulis perangkat lunak untuk Motorola Inc. DragonBall CPU yang ada di perangkat Palm?

Baca Juga : Eksekutif Teknologi Terkenal Jon Rubinstein, Qualcomm

Ini hanyalah beberapa dari banyak pertanyaan kunci yang dihadapi bisnis saat mereka bergulat dengan penggunaan PDA. Sangat mungkin untuk menggunakannya hanya sebagai pengelola jadwal dan sebagai cara portabel untuk membaca email Anda, tetapi kenyataannya adalah mereka memiliki kemungkinan untuk melakukan lebih banyak lagi. Pertanyaan bagi perusahaan adalah manakah dari perangkat yang sangat berbeda ini yang paling baik memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang?

Pendekatan Berbeda

Perangkat Palm mewarisi banyak dari perangkat manajemen jadwal tujuan tunggal yang mendahuluinya. Konsepnya adalah untuk memperluas platform ini dengan sistem operasi yang lebih umum, menambahkan integrasi yang lebih baik dengan PC desktop dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan aplikasi ke perangkat. Peningkatan bertahap ini telah terbukti sangat berhasil, karena sebagian besar mempertahankan kemudahan penggunaan perangkat khusus sambil menambahkan beberapa tingkat perluasan dan kemampuan sebagai platform komputasi tujuan umum.

PDA berdasarkan Windows CE datang dari arah yang sangat berbeda. Modelnya di sini adalah untuk menghadirkan sebanyak mungkin fungsionalitas PC desktop ke perangkat genggam. Ini adalah komputer yang dapat diprogram yang menghabiskan sebagian besar waktunya melakukan fungsi perangkat khusus. Windows CE telah ditulis ulang dari awal untuk perangkat ini, tetapi antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang memberdayakannya sebagian besar identik dengan yang ada pada PC desktop yang didukung Microsoft Windows.

Keputusan desain ini memiliki konsekuensi yang cukup jelas dalam retrospeksi. Kesederhanaan fungsi yang menggerakkan perangkat Palm telah membuatnya sangat populer, terutama bila digabungkan dengan kemampuan untuk memperluas perangkat melalui perangkat lunak atau perangkat keras tambahan.

Lini Palm VII terintegrasi masih merupakan PDA nirkabel terintegrasi terbaik di pasar. Fitur-fitur ini berpadu dengan baik dengan biaya yang relatif rendah yang diizinkan oleh perangkat keras kelas bawah. Kecepatan CPU, panel LCD, dan memori sistem semuanya agak lemah menurut standar PC, tetapi semuanya menyelesaikan pekerjaan.

Perangkat Windows CE memiliki sejarah yang sangat berbeda. Mereka mulai sebagai PC hamstrung yang memiliki sistem operasi yang membengkak dan biaya sistem yang jauh lebih tinggi. Mereka juga jauh lebih tidak stabil, sebagian besar karena perangkat lunak dan perangkat kerasnya yang lebih kompleks. Semua faktor ini menyebabkan awal pasar yang relatif lambat.

Pilihan yang Jelas

Keputusan desain ini juga memiliki konsekuensi bagi pengguna. Sangat jarang di industri komputasi untuk pilihan yang begitu jelas berdasarkan pada manfaat teknis dari platform yang bersaing, jadi sangat disayangkan bahwa banyak dari keputusan ini saat ini dibuat berdasarkan emosi (Saya percaya / tidak percaya Microsoft ; perangkat Palm / Microsoft jelas akan menang). Beberapa derajat dari hal ini tidak dapat dihindari, tetapi profesional TI perusahaan harus mengambil pendekatan yang lebih obyektif.

Pertanyaan kuncinya adalah apa yang akan Anda lakukan dengan mereka? Jika penggunaan yang diantisipasi hanya sebagai platform untuk manajemen kalender dan email, maka ini hanyalah pertanyaan tentang platform standar mana yang terintegrasi lebih baik dengan sistem back-end dan pengguna Anda.

Klien email dasar yang disediakan dengan perangkat Palm relatif sederhana, tetapi tersedia yang lebih baik. Fungsi email dan kalender pada perangkat Windows CE disesuaikan setelah perangkat lunak desktop Outlook, yang mungkin baik atau buruk bagi organisasi Anda.

Gambarannya sama jelasnya jika Anda mengantisipasi menjalankan perangkat lunak tambahan tertentu pada perangkat. Palm OS menyediakan dasar-dasar untuk mendukung aplikasi, tetapi tidak lebih dari itu. Alat untuk membuat aplikasi kliping Web sangat bagus untuk aplikasi yang relatif sederhana, tetapi alat tersebut dan prosesor DragonBall akan kehabisan bahan bakar saat aplikasi yang lebih signifikan dicoba.

Windows CE mulai menggunakan aplikasi kompleks itu sendiri. Sistem operasi yang membengkak tiba-tiba berubah menjadi API berguna yang sangat familiar bagi pemrogram aplikasi generasi saat ini. Memang, perangkat keras yang mendasarinya sangat berbeda dari yang ada pada PC biasa, tetapi ternyata hal ini sebagian besar tidak relevan dengan pemrogram aplikasi yang tetap menulis kode C ++ atau Visual Basic. Kompleksitas relatif dari perangkat tiba-tiba menjadi lebih banyak fitur daripada bug.

Baca Juga : Membahas Tentang Aplikasi Adobe Photoshop

Dan omong-omong, Versi 3.0 dari Windows CE telah melanjutkan tradisi Microsoft yang jauh lebih baik daripada versi sebelumnya. Semua faktor ini telah digabungkan untuk mendorong perangkat Windows CE generasi saat ini ke titik di mana mereka saat ini mengalahkan penjualan perangkat Palm sekitar 4-ke-1.

Ingatlah bahwa versi mendatang dari perangkat ini sekarang sedang dikembangkan. Peningkatan besar berikutnya dari perangkat berbasis Palm akan memiliki prosesor ARM yang lebih cepat dan dukungan untuk lebih banyak jenis API dalam sistem operasi. Versi baru keduanya akan mengintegrasikan fungsi nirkabel. Di masa depan, keputusan ini mungkin tidak begitu jelas berdasarkan pada manfaat teknis seperti saat ini.

Review bagus dan pesanan balik besar-besaran dari perangkat Windows CE baru Compaq, iPAQ, meyakinkan saya untuk membeli perangkat CE ketiga saya beberapa minggu yang lalu. Dua yang sebelumnya — Cassiopeia E-11 dan NEC Color 800 — masing-masing bertahan sekitar 2 hari sebelum saya memasukkannya ke dalam kotak “perangkat keras sampah”. Jadi apa putusan iPAQ?

Yah, itu belum ada di kotak sampah tapi juga bukan perangkat Palm saya, Handspring Prism. Saya mulai berpikir bahwa mereka sama sekali bukan perangkat yang sebanding, dan bahwa saya mungkin harus membawa keduanya. Saya akan berbagi sedikit pemikiran tentang Palm OS versus Windows CE (atau mungkin saya harus menyebutnya Pocket PC karena itulah nama terbaru Microsoft untuk Windows CE).

Saya telah menggunakan Palm OS sejak 1994 atau 1995, saya lupa yang mana. Saya ingat pernah terkejut bahwa saya dapat menggunakan HotSync pada Windows NT bahkan sejauh Palm Pilot asli. Dan saya selalu menyukai sifat minimalis dari perangkat Palm.

Sebagian besar perangkat Palm OS memiliki RAM sekitar 2MB, CPU dalam kisaran 25MHz hingga 33MHz, layar monokrom, dan model font yang mencakup “kecil dan sulit dibaca”, “kecil dan sulit dibaca tetapi dicetak tebal”, “lebih besar dan hampir dapat dibaca, “dan” lebih besar dan hampir dapat dibaca serta tebal. ” Program-programnya kecil, murah, dan seringkali gratis. Dan sesuatu tentang Palm Pilot selalu mengingatkan saya pada masa lalu yang indah dari peranti lunak DOS — Spartan tetapi terfokus.

Sebaliknya, iPAQ menggunakan prosesor 206MHz, layar warna yang menampilkan 4096 warna, RAM 32MB, dan font odel yang indah dan dapat dibaca. Dan itu tidak berhenti di situ, teman, oh tidak. Anda sebenarnya dapat meletakkan kartu CompactFlash (CF) dan PC di iPAQ. IBM menjual hard disk 1GB yang cocok dengan slot CF (sekitar 1 1/2 “persegi kali tinggi 5mm). Tidak — Anda tidak salah membacanya. Lain kali Anda melihat permen mint di bantal kamar hotel, mint mungkin lebih besar dari hard disk ini. Keren, eh?

Meskipun daya tarik teknologi-seks utama iPAQ, bagaimanapun, saya masih membawa Handspring. Inilah alasannya.

Pertama, pembuat perangkat Pocket PC dan pembuat perangkat Palm ternyata berbeda secara filosofis. Sampai saya meninggalkannya di hotel baru-baru ini, saya membawa Palm Vx. Kekurangannya dalam hal lonceng dan peluit, Palm Vx mengembalikan masa pakai baterai dan kekompakan.

Saya benar-benar dapat menggunakan Palm Vx di jalan selama 2 minggu tanpa mengisi ulang. Sebaliknya, saya tidak dapat bepergian lebih dari satu atau dua hari tanpa pengisi daya iPAQ. Pada dasarnya saya harus mengisi ulang iPAQ setiap hari, seperti yang saya lakukan pada ponsel dan laptop saya (saya harus menemukan TIGA outlet di setiap kamar hotel. Sepertinya saya perlu mulai mengemas strip enam outlet dan pelindung lonjakan arus).

Apa yang saya inginkan dalam Personal Digital Assistant (PDA) pada dasarnya adalah buku alamat yang dimuliakan, sesuatu untuk menjaga jadwal saya, daftar telepon, daftar tugas, dan versi elektronik dari potongan kertas catatan yang biasa saya masukkan ke dalam kertas saya kalender saku berbasis — dan Pilot menangani semua itu. Ratusan game freeware dan shareware untuk Pilot hanyalah lagniappe, membiarkan saya menambahkan GameBoy ke daftar fungsinya.

Saya juga ingin PDA disinkronkan dengan mudah dengan aplikasi Personal Information Manager (PIM) di desktop saya. Lebih lanjut, saya tidak ingin aplikasi PIM dibatasi ke Outlook karena saya lebih suka Lotus Organizer 6.0. Selain itu, saya ingin PDA saya disinkronkan dengan beberapa desktop karena saya cenderung bekerja di dua lokasi, dan Pilot saya adalah cara termudah untuk memindahkan kontak, daftar tugas, janji temu, dan catatan saya dari satu lokasi ke lokasi lain.

IPAQ menangani kontak, daftar tugas, dan janji, jika bukan catatan. Tak satu pun dari tiga program sinkronisasi sadar-Agenda yang tersedia secara komersial — Intellisync, CompanionLink, dan XTNDConnect PC — tampaknya dapat menyinkronkan Notepad di Agenda atau PIM lain selain Outlook.

Dan kedua lokasi saya bermasalah karena iPAQ ingin “bermitra” dan menyinkronkan data hanya dengan satu komputer, jadi bolak-balik antara dua PC menyebabkan sedikit masalah. Namun iPAQ bekerja jauh lebih baik daripada Windows CE 1.0, pengalaman Windows CE pertama saya.

Namun, iPAQ melakukan beberapa hal yang tidak dilakukan perangkat Palm (dengan baik). IPAQ saya dapat menampilkan film Moving Picture Experts Group (MPEG), memutar file MP3, mengedit spreadsheet Excel dan dokumen Word dengan mudah, memutar buku audio, dan menjalankan beberapa game dengan grafik yang benar-benar mengesankan.

Ketika saya berbelanja program untuk mengaktifkan fitur iPAQ yang rapi itu, saya menemukan perbedaan filosofis lain antara kedua pasar: berapa biaya aplikasi. Kekayaan aplikasi yang baik di The Palm biasanya berharga sedikit atau tidak sama sekali. Aplikasi Pocket PC lebih langka tetapi itu berubah.

Namun, aplikasi Pocket PC tidaklah gratis atau murah — mungkin karena kerumitannya yang lebih besar. Bagaimanapun, saya merasa berhati-hati untuk meninggalkan dunia Palm OS untuk merasakan alam semesta Pocket PC yang tidak meninggalkan rumah-tanpa-dompet Anda.

Apakah perangkat Palm OS atau Pocket PC lebih baik? Saya semakin berpikir bahwa pertanyaan itu mungkin tidak bermakna. Pocket PC adalah versi Windows mini (berukuran saku).

Ada beberapa hal yang harus dilakukan, dan dalam beberapa tahun, kita mungkin melihat iPAQ versi 1GHz, dilengkapi dengan RAM 512MB dan modul pengenalan suara yang akan mengatasi kekurangan keyboard. Pocket PC tidak masuk akal tanpa layar berwarna, dan layar berwarna membutuhkan backlighting, sehingga pengguna Pocket PC harus menerima masa pakai baterai yang buruk. Selama kami menerimanya, menghabiskan sedikit lebih banyak daya untuk CPU dan RAM yang lebih cepat tampaknya masuk akal.

Tetapi UI Pilot yang lebih sederhana cocok untuk layar monokrom yang jarang membutuhkan cahaya latar, sehingga pengguna Pilot mengharapkan (dan mendapatkan) efisiensi daya. Tetapi menambahkan pemutaran film MPEG, pengenalan suara, atau fitur lainnya akan membutuhkan layar yang lebih baik, lebih banyak daya CPU, dan lebih banyak RAM.

Pada titik itu, ini bukan lagi Pilot. (Pertukaran dari “ya, UI-nya Spartan tapi saya bisa bekerja selamanya dengan sekali pengisian baterai” menghilang, seolah-olah produsen sepeda memutuskan bahwa mereka dapat meningkatkan penjualan dengan menambahkan power steering dan AC — yang akan memerlukan penambahan mesin .) Ketika dihadapkan dengan baik membeli perangkat Pocket PC atau perangkat Palm OS MENCOBA menjadi perangkat Pocket PC, sebagian besar pengguna Palm mungkin kemudian mulai mengincar perangkat Pocket PC.

Saya perhatikan bahwa PDA Palm OS saya saat ini, Prism, memiliki layar warna yang cantik, tetapi saya harus mengisi daya jauh lebih sering daripada yang saya harapkan dari perangkat Palm, jadi saya mungkin akan mendapatkan Palm V lagi. .

Mungkin Palm OS dan Pocket PC hanyalah dua hewan yang berbeda — satu “buku hitam kecil” elektronik yang sangat halus dan yang lainnya adalah versi Windows dengan layar yang sempit di laptop yang sangat kecil yang memiliki masa pakai baterai yang sedikit lebih lama daripada laptop tradisional.

Mereka mungkin terlihat mirip dan tampaknya menghuni ceruk yang sama melalui evolusi paralel, seperti hiu dan lumba-lumba tampak serupa dalam bentuk dan tujuan (keduanya adalah karnivora laut besar) tetapi beroperasi dengan sangat berbeda.

Hiu berhutang keefektifan yang luar biasa sebagai predator laut selama hampir 400 juta tahun evolusi, tetapi mereka tidak akan melangkah lebih jauh. Hiu 100 juta tahun dari sekarang mungkin akan terlihat sangat mirip dengan yang ada sekarang, dengan asumsi kita tidak memusnahkan mereka sama sekali dari planet ini. Sebaliknya, lumba-lumba baru berada di laut hanya sepersepuluh dari waktu hiu, tetapi telah berubah secara radikal dari makhluk darat — dan akan terus berubah.

Palm OS Windows CE
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts

Apa itu Palm OS? Palm Software dan Palm OS | www.freewarepalm.com