Menghidupkan kembali perangkat Palm OS

Info
Spread the love

Menghidupkan kembali perangkat Palm OS – Saat saya menonton video komputasi vintage, saya teringat hari-hari ketika saya menggunakan perangkat genggam Palm saya seperti Palm III, Palm V dan lainnya.

Itu membuat saya berada dalam beberapa momen dan perasaan nostalgia. Saya berakhir di eBay dan situs iklan baris tempat saya mencari-cari.

Menghidupkan kembali perangkat Palm OS

freewarepalm – Tidak butuh waktu lama dan saya menemukan Palm m515 yang benar-benar baru dan belum dibuka dari tahun 2002. Di saat-saat gembira dan dengan biaya rendah 20 €, saya mencobanya. Beberapa hari kemudian sebuah paket tiba di depan pintu saya.

Perangkat yang dibeli oleh orang yang baik hati pada tahun 2002 dan dikunci di lemari setidaknya selama 17 tahun, benar-benar baru dan tidak pernah digunakan setelah keluar dari pabrik dalam kemasannya.

Dulu, itu adalah andalan Palm Inc. dengan harapan dapat bersaing dengan Pocket PC dan perangkat penyelenggara lainnya. Muncul dengan PalmOS 4.1, layar berwarna, pena, banyak manual dan tentu saja baterai Lithium-Ion. Baterai terbukti menjadi tantangan pertama.

Saya dengan hati-hati membongkar perangkat, membaca manual, menghubungkan buaian dan semua utilitas untuk memberi Palm pengisian daya pertama. Manual menyatakan akan membutuhkan perangkat sekitar 2 jam untuk pengisian penuh.

Baca Juga :  Palm OS Emulator, Pengetahuan Tentang Kerja Bagian Dalam Palm OS

Namun mengetahui bahwa setelah lebih dari 15 tahun baterai dengan benar memiliki pengosongan yang dalam yang berarti hampir mati. Setelah beberapa jam mengisi daya, ternyata memang begitu.

Memiliki perangkat baru yang melihat siang hari untuk pertama kalinya dalam hidupnya dan tidak akan dapat hidup, tidak dapat saya terima. Saya dengan hati-hati membuka pria itu untuk melihat bagian dalamnya.

Untungnya tidak butuh waktu lama bagi saya untuk menemukan pemasok baterai yang kompatibel di eBay dan saya memesan baterai baru untuk Palm yang tiba sekitar 3 hari kemudian.

Beberapa video pembongkaran dan manual nanti, saya punya baterai baru dan segar di Palm. Karena baterai datang dengan muatan dasar, saya menghubungkan orang itu ke daya menggunakan buaiannya dan dapat segera menyalakannya.

Palm m515 sekarang hidup dan siap untuk petualangan. Terlepas dari kenyataan bahwa dibutuhkan komputer untuk dapat menginstal aplikasi apa pun di dalamnya.

Komunitas di sekitar perangkat Palm tampaknya tidak terlalu aktif dan basis penggemarnya pasti cukup kecil pada tahun 2019.

Perangkat ini dirilis pada tahun 2002, tetapi perangkat lunak Palm Desktop sudah ada sejak pertengahan tahun 90-an era Palm Pilot dari Windows 95 dan awal MacOS. versi dan seterusnya.

Saya pikir sistem operasi terbaik untuk memulai Palm mungkin adalah Windows 2000. Tentu saja Windows XP dirilis pada tahun 2001, setahun sebelum m515, dan mungkin akan bekerja dengan semua perangkat lunak.

Namun Microsoft mencoba untuk menjaga Windows XP keluar dari pasar sebaik mungkin untuk mencegah orang menggunakannya dalam produksi. Saya juga menganggap Palm Desktop versi Windows pasti dikembangkan pada Windows 2000.

Semua perangkat lunak yang diperlukan dan beberapa tambahan tersedia di archive.org. Selain hanya menyinkronkan, saya juga mendapatkan alat pengembangan dan Perangkat Internet Seluler dari Palm. Cukup banyak peralatan perangkat lunak premium dari masa lalu.

Berbagai aplikasi telapak tangan dan gambar CD-ROM dengan koleksi aplikasi telapak tangan juga dapat ditemukan di sana. Penginstal palmOne memungkinkan untuk menginstal aplikasi yang datang dalam bentuk file PRC tunggal dan terkadang bersama dengan file database PDB untuk aplikasi tersebut.

Setelah satu minggu atau lebih, saya mendapatkan Palm m515 bersama Windows 2000 untuk bekerja dengan sempurna dan menyediakan fungsionalitas yang pernah saya lakukan.

Baca Juga : Fitur Penting yang Ada di Zorin Os Linux

Namun menyinkronkan Palm, e-Mail, kalender, kontak, dan sebagainya cukup menantang karena HotStync, aplikasi Palm’s Sync, hanya akan menyinkronkan dengan sejumlah aplikasi dan layanan yang sepenuhnya usang termasuk Outlook 2000, Eudora Mail dan beberapa layanan online yang tidak lebih lama diberikan dengan cara yang dulu.

Cara termudah adalah menggunakan server IMAP dan SMTP (tanpa enkripsi tentu saja) di Outlook 2000 atau Outlook Express dengan tambahan langkah-langkah keamanan yang ketat.

Semua komponen perangkat lunak kuno ini, tentu saja, memiliki banyak kerentanan keamanan yang parah dan tidak boleh dibiarkan online atau di tempat umum tanpa firewall yang kuat oleh dan dukungan dari sistem Linux atau Unix.

Internet dan modul Wi-Fi Xircom

Palm m515 hadir dengan dua pilihan konektivitas. Yang pertama adalah port serial di bagian bawah dan yang kedua adalah port Inframerah di bagian atas. Port serial juga digunakan oleh dudukan yang disertakan dan port IR memungkinkan sambungan ke ponsel.

Bukan iPhone Anda, tapi yang dari masa lalu. Seperti Ericsson R320s atau Motorola Timeport (lebih disukai dengan GPRS).

Ponsel ini menyediakan akses Internet saat bepergian dengan kecepatan menarik hingga 56 Kbps seperti modem Anda yang berdecit di masa lalu. Palm pada tahun 2003 mengumumkan modul bluetooth SD-card yang menurut saya cukup menarik sebagai opsi.

Saya juga mengetahui bahwa sebuah perusahaan bernama Xircom, sekarang dimiliki oleh Intel, menyediakan modul Wi-Fi untuk seri m500 yang dilengkapi dengan baterai sendiri dan akan terhubung langsung ke port serial Palms.

Yah coba tebak… seberuntung saya, saya menemukan seorang pria yang baik di Magdeburg, Jerman melalui iklan baris eBay yang menawarkan modul Wi-Fi Xircom bersama modul bluetooth TDK seharga 10 €. Satu-satunya iklan baris di eBay atau eBay yang bisa saya temukan di mana pun di Eropa. Dua minggu kemudian keduanya tiba.

Modul Xircom Wi-Fi hampir tidak digunakan, tidak memiliki bekas goresan atau apapun dan baterai di dalamnya masih dalam kondisi yang sangat baik. Ini pasti hanya digunakan sesekali dan mempertahankan daya yang menurun agar tidak merusak baterai.

Ketika tiba, saya memberinya daya penuh karena untungnya mengisi daya menggunakan kabel pengisi daya Palm m515 yang terhubung ke dudukan. Ketika Xircom dan Palm m515 terisi penuh, saya menghubungkan pasangan yang bahagia.

Untungnya Xircom menginstal semua drivernya ke Palm menggunakan koneksi serial (yang sebenarnya merupakan mimpi buruk keamanan dalam istilah saat ini) dan siap digunakan. Satu-satunya teka-teki yang harus dipecahkan adalah bahwa Wi-Fi 802.11n yang dilindungi WPA2, yang saya simpan untuk perangkat lama, terlalu baru untuk Xircom.

Ini hanya memungkinkan 128-Bit WEP pada 802.11b Wi-Fi. Jadi saya mendapatkan TP-Link WA750RE dari penyimpanan saya dan mem-flash-nya dengan OpenWRT untuk menyediakan titik akses portabel kecil untuk telapak tangan yang mengarahkan perangkat ke jaringan saya dan menyediakan beberapa firewall untuk melindunginya.

Ini bekerja dengan sangat baik dan saya dapat menjelajahi Internet menggunakan EudoraWeb untuk PalmOS. Setidaknya beberapa bagian Internet yang tidak menggunakan SSL, HTTPS atau menggunakan segala bentuk sertifikat dan protokol SSL yang kedaluwarsa.

Sejujurnya, saya akhirnya meluncurkan server di Amazon Web Services untuk menyediakan halaman HTML lama dan mengubah konten untuk browser Palm Eudora yang btw tidak mampu menampilkan gambar.

Saya suka menyebutkan bahwa Google.com masih berfungsi dengan baik pada perangkat dengan cara yang kurang lebih berguna. Saya juga menginstal Palm Web Clipping dari Mobile Internet Kit yang memberikan pengalaman menjelajah yang lebih modern (HTML 3.2) pada tahun 2002.

Sayangnya, diperlukan Proxy-Server dari Palm Inc. yang tidak lagi beroperasi. Jadi Anda hanya dapat menggunakan file PQA (seperti file PRC tetapi dengan halaman HTML di dalamnya) secara offline.

Juga mengingat kapasitas penyimpanan Palm sebesar 16 Megabyte dan SD-card (milik saya adalah 1 GB yang seharusnya maksimal), Anda tidak akan benar-benar ingin mengelola email, kontak atau kalender hari ini.

Menjelajah web di Palm tidak terlalu menyenangkan, tetapi masih berguna dan masih berfungsi jika Anda tidak menggunakan HTTP dengan SSL (HTTPS). Modul Xircom juga cukup baik dalam hal handling. Ya, Palm menjadi lebih besar secara signifikan, tetapi penanganannya tetap bagus.

Situs web yang saya gunakan sebagian besar adalah yang saya buat sendiri atau skrip yang saya buat untuk mengubah sumber informasi seperti berita ke dalam format dan pengkodean yang akan dimengerti Palm (EudoraWeb dari 2002 tidak melakukan UTF8 misalnya).

Selain EudoraWeb, saya juga menemukan browser WAP Ekspedisi yang berfungsi dengan sempurna, selain fakta bahwa tidak ada situs WAP (halaman WML) yang dapat ditemukan hari ini.

Kejutan terbesar? Kedua baterai dengan mudah bertahan berjam-jam karena keduanya tidak memiliki bentuk siaga apa pun. Mereka hanya akan keluar secara nyata saat benar-benar digunakan. Masa pakai baterai seminggu tidak biasa dengan Palm.

Pemrograman aplikasi dan situs web Palm OS 4.1

Karena sebagian besar aplikasi telah lenyap dan beberapa sumber masih menyediakan aplikasi Palm, seringkali terutama untuk perangkat Palm OS 5, saya secara praktis dibiarkan membangunnya sendiri. Pilihan utama adalah menggunakan CodeWarrior dengan C ++ untuk membangun aplikasi Palm kecil yang bagus.

Ada juga sejumlah IDE dan bahasa pemrograman lain di arsip. CodeWarrior memungkinkan Anda membangun file Palm PRC dengan cukup mudah dan juga dilengkapi dengan UI designer bernama “Constructor for PalmOS”.

Jika Anda ingin membangun Aplikasi Kliping Palm Web, Anda memerlukan pembuat Aplikasi Kliping Palm Web yang tersedia di situs web Palm Inc. pada masa lalu dan untungnya archive.org telah menyediakannya.

Sayangnya, bagaimanapun file PQA tidak dapat lagi menggunakan Internet karena proxy Palm di bawah “proxy.palm.net” tidak lagi dalam layanan. Anda dapat memasukkan proxy khusus di pengaturan, tetapi protokol dan kunci kriptografi untuk Kriptografi Kurva Elliptic yang digunakannya, tidak dipublikasikan saat Palm menghilang.

Membangun aplikasi Palm sederhana cukup cepat dan mudah jika Anda membiasakan diri dengan batasan pengembangan perangkat lunak pada tahun 2002 menggunakan Windows 2000.

Seharusnya ada SDK yang bekerja dengan GCC untuk menggunakan sistem operasi modern untuk membangun aplikasi PalmOS, tetapi saya telah belum mencoba ini.

Menjaga warisan Palm tetap hidup

Palm m515 saya hidup dan online! Namun aplikasi untuk itu, layanan di sekitarnya, dan Internet yang diketahuinya telah lenyap. Palm m515 saya bertahan di dalam kotaknya yang membeku seperti penjelajah waktu dalam kapsul waktu yang terbangun di masa depan yang bukan untuknya.

Saya akan menjaganya, merawatnya dan kita mungkin akan bersenang-senang bersama aplikasi pengkodean untuknya. Tapi… waktunya telah berlalu, penciptanya lenyap dan begitu banyak alat untuknya.

Saya akan ada untuknya ketika kalender sistemnya berakhir pada 31 Desember 2031. Saya akan berusia 46 tahun saat itu dan semoga artikel ini masih online.

Orang terkadang berkata “Internet tidak pernah melupakan”, tetapi dalam hal ini hal itu menunjukkan bahwa Internet telah banyak melupakan warisan dan warisannya.

Setelah teknologi yang memimpin pasar dan dicintai telah lenyap seluruhnya dan tidak terdokumentasi. Tolong lakukan sedikit dan jaga sejarah komputer tetap hidup, dengan mempertahankan teknologi yang ditinggalkan sehingga kita memiliki sesuatu untuk ditunjukkan kepada anak-cucu kita!

Menghidupkan kembali Palm m515 Palm OS
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts

Apa itu Palm OS? Palm Software dan Palm OS | www.freewarepalm.com