Perdebatan Perizinan Palm OS

Info Palm OS
Spread the love

Perdebatan Perizinan Palm OS – Tak lama setelah akuisisi US Robotics induk Palm oleh 3Com pada Februari 1997, 3Com’s CEO, Eric Benhamou, mulai memberikan tekanan pada eksekutif Palm untuk membuka Palm OS(sistem operasi) ke produsen komputer genggam lainnya. Benhamou menunjuk ke PC (komputer pribadi) pasar sebagai bukti bahwa membuka platform untuk perusahaan lain mendorong pengembangan perangkat keras, menumbuhkan ukuran pasar dan memastikan dominasi satu operasi sistem.

Perdebatan Perizinan Palm OS

freewarepalm – Secara khusus, Apple dijebloskan sebagai contoh kalah dari Microsoft dengan menolak untuk melisensikan sistem operasi Mac OS ke produsen lain seperti Hewlett-Packard (HP), Compaq dan Dell.

Beberapa pers populer bahkan telah memproklamirkan kematian Apple; Minggu Bisnis telah menyatakan, “Kematian ikon Amerika,” pada cerita sampul tentang Apple pada tahun 1996. Sebaliknya, Microsoft Windows telah berkembang untuk mengendalikan lebih dari 90 persen dari semua OS pada PC dengan membentuk platform yang luas perjanjian lisensi dengan produsen peralatan asli (OEM).

Baca Juga : Antara Pocket Pc Dan Palm OS Mana Yang Terbaik

Eksekutif 3Com adalah bersikeras bahwa masa depan Palm tidak harus mengikuti kejatuhan Apple di pasar PC. Pesan dari 3Com jelas: “[Palm harus] melisensikan lebih awal dan melisensikan secara luas, sebelum Microsoft mengambil [pasar] pergi.” Pendiri Palm Jeff Hawkins (Teknologi Produk) dan Donna Dubinsky (CEO) berpendapat melawan eksekutif Benhamou dan 3Com.

Hawkins dan Dubinsky mengklaim bahwa pasar untuk perangkat genggam berbeda dengan pasar PC. Mereka mempertahankan posisi mereka untuk tidak membuka Palm OS untuk lisensi segera dengan menyatakan bahwa Palm akan melawan produsen lain untuk sekelompok kecil pelanggan potensial di pasar komputasi genggam yang relatif belum matang.

Ini argumen memberi lebih banyak bahan bakar untuk posisi Benhamou; dia yakin itu dengan memperluas platform ke yang lain produsen, seluruh pasar akan berkembang. Lebih dari 1,6 juta komputer genggam dikirimkan di seluruh dunia pada tahun 1996 dan beberapa perkiraan mematok pasar pada 10 juta unit pada tahun 2000.

Benhamou menginginkan rencana aksi dari Dubinsky dan Hawkins pada akhir Februari untuk potensi pelanggan PalmOS. Benhamou menginginkan produsen nama besar yang akan mendorong pasar ke yang baru tinggi dan mencegah persaingan dari OS lain seperti Microsoft Windows CE dan EPOC Psion. (Lihat Exhibit 1 untuk pangsa pasar).

Permintaan sangat membebani Dubinsky dan Hawkins. Mereka menginginkan kebebasan untuk merencanakan tentu saja bagi perusahaan dan merasa bahwa perizinan sekarang akan sangat mempengaruhi masa depan Palm. Meskipun Palm adalah perusahaan kecil di antara industri raksasa, mereka bertanggung jawab atas perangkat Palm yang sukses, yang saat ini menguasai 74 persen pangsa pasar domestik dan 51 persen pasar dunia.

Jika Palm membuka platform di pasar yang relatif muda, ada kekhawatiran adalah bahwa Palm mungkin dibiarkan bermain “biola kedua” bagi raksasa industri. Selanjutnya, Palm memiliki memiliki masalah substansial di masa lalu ketika bermitra dengan perusahaan besar. Apa yang benar? tindakan untuk perusahaan lima tahun? Haruskah itu membuat platformnya tersedia untuk jurusan lain? produsen untuk pengembangan perangkat keras? Apa hal yang benar untuk dilakukan?

Komputasi genggam berakar pada 1980-an ketika perusahaan komputasi dan elektronik melihat ke merilis produk dengan peningkatan portabilitas. Dua ekstrem muncul: komputer laptop dengan yang serupa fungsionalitas sebagai PC desktop (walaupun, biasanya dengan lebih sedikit memori) dan penyelenggara elektronik yang bertindak sebagai agenda pribadi dan buku alamat.

Sementara sejumlah perusahaan yang berbeda baik besar maupun kecil – bereksperimen dengan komputasi genggam, sebuah perusahaan Inggris kecil, Psion, menemukan beberapa awal kesuksesan komersial pada tahun 1984, Psion merilis Psion Organizer, dengan harga £99 ($200).

Unit ini memiliki keyboard alfabet dan sedikit lebih besar dari sebungkus rokok di 5,5 x 3,5 inci. Sudah termasuk 2K RAM, 4K aplikasi di ROM.4 Idenya adalah untuk menyediakan mesin portabel yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data. Psion menawarkan paket tambahan, termasuk bahasa pemrograman m(OPL – Bahasa Pemrograman Organizer) serta fungsi matematika dan keuangan.

Entri diintensifkan pada akhir 1990-an baik dengan perangkat kloning DOS oleh HP dan Compaq dan lanjutan penyelenggara elektronik seperti Sharp’s Zaurus dan Casio’s BOSS. Pada akhir tahun 1991, Sharp dan Casio memimpin pasar untuk penyelenggara elektronik yang telah menjual lebih dari satu juta gabungan selama setahun.

Semua produk telah dirancang dan dirilis tanpa keterlibatan dari perusahaan luar. Setiap perusahaan terlihat mengambil pendekatan terpadu untuk pengembangan dalam beberapa cara: desain perangkat diuntungkan dari kode bersama di seluruh sistem operasi dan aplikasi driver komponen adalah dirancang khusus untuk perangkat keras kode sudah diinstal sebelumnya di memori sistem; dan, pengetahuan dari produk elektronik lainnya dalam masing-masing perusahaan telah diteruskan ke tim pengembangan.

Selama awal 1990-an, fokus mulai bergeser dari penyelenggara elektronik dan portabel DOS mesin ke sistem 16-bit yang lebih canggih dengan fokus khusus pada komputasi berbasis pena, yang digembar-gemborkan oleh pers populer sebagai “hal besar” berikutnya.

Diperkirakan sampai awal Tahun 1990-an, $100 juta telah dicurahkan ke perusahaan rintisan komputasi pena yang penuh harapan. Perusahaan terkemuka berfokus pada komputasi berbasis pena termasuk GO Corporation, Microsoft (dengan MS-DOS sebagai OS untuk mesin berbasis pena), Momenta dan GRID, anak perusahaan Tandy.

Yang terakhir adalah perusahaan pertama yang memiliki produk komputasi berbasis pena yang tersedia secara komersial GRiDPad, dirilis pada tahun 1989 GRiDPad memiliki berat 4,5 pon, biaya $ 2.500 dan ditargetkan untuk pasar korporat Sementara banyak yang memuji sistem berbasis pena sebagai gelombang yang akan menempatkan komputasi di tangan awam, yang lain mengkritik fakta bahwa ada sedikit aplikasi untuk mesin.

Seorang jurnalis di PC Majalah mencaci: [Promosi penjualan Momenta] seperti ini: tidak ada aplikasi pen-PC nyata di luar sana namun, sementara itu Anda dapat menggunakan mesin dengan keyboardnya, sama seperti yang Anda lakukan komputer notebook. Kemudian, saat aplikasi pena tersedia, Anda dapat beralih menggunakannya sebagai mesin stylus-entry. Ada banyak hal lain yang salah dengan Momenta. Ini memiliki inovasi, tupai, membingungkan, dan sistem operasi berpemilik yang sulit dinavigasi ya, ciuman kematian lainnya sistem operasi berpemilik.

Beberapa perusahaan elektronik besar, perusahaan komputasi dan perusahaan modal ventura terbentuk aliansi untuk memajukan pengembangan komputer genggam 16-bit. Di antara mereka, IBM secara finansial mendukung perusahaan rintisan GO Corporation di akhir 1980-an untuk mengembangkan PenPoint, OS berbasis pena.

Baca Juga : Review Asus ROG Phone 5s Pro

Namun, negosiasi untuk mendapatkan dukungan keuangan berlangsung lama yang memperlambat proses; sebagai Jerry Kaplan, salah satu pendiri GO Corporation mengatakan, “Daripada memberdayakan pihak yang bertanggung jawab untuk membuat kesepakatan, IBM menugaskan seorang negosiator profesional, yang biasanya tahu atau tidak terlalu peduli dengan substansi perjanjian tetapi memiliki otoritas mutlak atas semua detailnya GO Corporation kemudian bermitra dengan AT&T, meskipun kemitraan itu berakhir karena ketidakpercayaan, penundaan waktu dalam memenuhi target dan ketidaksepakatan pada pengembangan produk.

Singkatnya setelah itu, IBM, telah merilis ThinkPad berbasis pena yang berjalan di OS PenPoint GO Corporation sebelumnya, juga mengarahkan perhatiannya pada pengembangan komputer genggam dengan kemampuan telepon. Ini bekerja dengan BellSouth untuk mengembangkan Simon, komputer genggam-ponsel. Namun, perangkat itu terlihat terlalu berat dan tidak efektif dalam mengelola panggilan telepon dan fungsi komputasi pada saat yang bersamaan.

informasi Palm OS Perdebatan Perizinan
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts