Apa Itu Palm OS (Sistem Operasi Palm)

Apa Itu Palm OS (Sistem Operasi Palm)

Blog Info Tips
Spread the love

www.freewarepalm.comApa Itu Palm OS (Sistem Operasi Palm). Bermacam sistem pembedahan yang dipakai pada fitur mobile. Antara lain:

SYMBIAN

Symbian OS merupakan sistem pembedahan tidak leluasa yang dibesarkan oleh Symbian Ltd. yang didesain buat dipakai perlengkapan beranjak( mobile). Dikala ini Symbian OS banyak sudah banyak dipakai oleh bermacam vendor produk perlengkapan komunikasi mobile pada bermacam tipe produk mereka yang bermacam- macam. Alterasi dari bagian perangkat keras ini dimana Symbian OS diimplementasi bisa dimungkinkan sebab sistem pembedahan ini mempunyai antarmuka pemprograman aplikasi( Application Programming Interface; API). API mensupport kepada komunikasi serta aksi laris yang biasa pada perangkat keras yang bisa dipakai oleh subjek aplikasi lain. Perihal ini dimungkinkan sebab API ialah subjek antarmuka yang didefenisikan pada tingkat aplikasi, yang berisikan metode serta guna( serta pula elastis dan bentuk informasi) yang mengatur atau memanggil kernel dimana selaku calo antara aplikasi serta perangkat keras. Dengan terdapatnya standar API ini menolong pihak developer buat melaksanakan adaptasi atas aplikasi yang dibuatnya supaya bisa diinstal pada berbagai produk mobile.

Baca Juga: Best Palm OS Software for Your Business Needs

Mendekati semacam sistem pembedahan desktop, Symbian OS sanggup melaksanakan pembedahan dengan cara multithreading, multitasking serta penjagaan kepada ingatan. Serta seluruh pemrograman pada Symbian dicoba dengan cara event- based, maksudnya perangkat keras CPU jadi tidak aktif kala tidak terdapat inputan berbentuk kegiatan khusus. Tetapi butuh dimengerti sistem pembedahan ini memanglah tertuju buat diinstal pada perlengkapan mobile dengan keterbatasan pangkal energi. Multithread serta multitasking membagikan keahlian Symbian OS buat melaksanakan lebih dari satu aplikasi sekalian. Tetapi spesial ini, terdapatnya preemptive multitasking kernel hendak berikan setiap program sesuatu penjatahan durasi pemprosesan yang dicoba bergantian dengan kilat alhasil terlihat untuk pengguna seakan cara ini dieksekusi dengan cara berbarengan. Buat itu sudah didefinisikan pengagendaan beralasan prioritas khusus buat memastikan cara mana yang berjalan terlebih dulu serta cara apa selanjutnya dan berapa banyak durasi hendak jadi diberi.

Keunggulan:

Sistem normal.

  • Irit Baterai.
  • Mensupport film call.
  • User Friendly.
  • Banyak sokongan aplikasi.

Kekurangan:

  • Interface yang statis.
  • Gampang terkena malware.

JAVA

sesungguhnya OS ini dapat dibilang bukan operating system asli. Sebab tiap- tiap vendor hendak mempraktikkan sistem yang berlainan buat produknya. Mayoritas java ini dipakai buat capabilitas aplikasi dari pihak ketiga. misalnya java permainan ataupun aplikasi hp yang lain. Tetapi tidak seluruh handset yang sudah mensupport java ini pula hendak sanggup mensupport aplikasi yang serupa, sebab perihal ini terpaut sistem serta perangkat keras yang berhubungan. Perihal inilah yang membuat hp Cina meski sudah mensupport java tetapi tidak dapat disuntikkan permainan java yang biasa tersebar.

Sistem pembedahan ini mempunyai keunggulan open source dan menginginkan memory& prosesor yang relatif kecil. Sebaliknya kelemahannya yang sangat penting merupakan tidak( belum) support multi tasking( sebagian aplikasi berjalan berbarengan). Alhasil handphone itu tidak mempunyai tombol buat switch application ataupun lukisan.

WINDOWS MOBILE

Windows Mobile merupakan salah satu sistem pembedahan( OS) mobile yang dibesarkan oleh Microsoft serta di konsep buat dipakai pada ponsel pintar serta fitur nirkabel lainya. Tipe dikala ini diucap Windows Mobile 6. 5. OS ini berplatform pada Windows CE 5. 2 Kernel, serta fitur- fiturnya dibesarkan memakai Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian muka supaya mendekati dengan tipe Windows Desktop. Selaku bonus, third party aplikasi development ada buat Windows Mobile.

Awal kali diluncurkan selaku sistem pembedahan Pocket Komputer 2000, mayoritas fitur Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pena, yang mana di maanfaatkan buat memasukan perintah- perintah dengan metode men- tap- nya di layar. Microsoft memublikasikan program terkini, Windows 7 Series, di Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Fitur yang memakai Windows Mobile seri 6. x tidak bisa di upgrade ke Windows Mobile seri 7.

Keunggulan:

  • Sokongan penuh dari Microsoft.
  • Aplikasi office yang komplit.
  • Ada Android Market buat penuhi keinginan user.
  • Ada fitur Find My Phone buat mengenali posisi handphone kamu.
  • Ada fitur Live Tiles buat membagikan data pada homescreen handphone kamu.

Kekurangan:

  • Gampang terkena malware.
  • Keterbatasan multitasking( cuma buat aplikasi khusus).
  • Aplikasi bawaan dari sistem kurang mencukupi( tidak terdapat file memindahkan bluetooth, Windows Explorer, Silverlight).
  • Tidak mensupport internet tethering.

ANDROID

Android merupakan sistem pembedahan buat telepon seluler yang berplatform Linux. Android sediakan program terbuka untuk para developer untuk menghasilkan aplikasi mereka sendiri buat dipakai oleh berbagai peranti beranjak. Awal mulanya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang terkini yang membuat peranti lunak buat handphone. Setelah itu buat meningkatkan Android, asosiasi, dibentuklah Open Handset Alliance dari 34 industri peranti keras, serta telekomunikasi, tercantum Google, peranti lunak, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T- Mobile, serta Nvidia.

Pada dikala perilisan kesatu Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance melaporkan mensupport pengembangan standar terbuka pada fitur seluler. Di lain pihak, Google mengeluarkan kode–kode Android di dasar sertifikat Apache, suatu sertifikat fitur lunak serta standar terbuka fitur seluler. Di bumi ada 2 tipe agen sistem pembedahan Android. Awal yang menemukan sokongan penuh dari Google ataupun Google Mail Services( GMS) serta kedua merupakan yang benar–benar leluasa distribusinya tanpa sokongan langsung Google ataupun diketahui selaku Open Handset Distribution( OHD).

Keunggulan:

  • Open source.
  • Multitasking.
  • Keringanan dalam pemberitahuan.
  • Mensupport banyak perangkat keras mobile.
  • Management widget yang flexibel.
  • Ada banyak aplikasi pendukung.
  • Sokongan penuh dari Google.
  • User Interface yang interaktif.
  • Sudah mensupport HTML5.
  • Ada Android Market buat penuhi keinginan user.

Mensupport GPS.

Kekurangan:

  • Wajib lalu pembaharuan buat membenarkan bug.
  • Banyak terpajang promosi dalam aplikasi.

PALM OS

Palm OS( diketahui pula selaku Garnet OS) merupakan sesuatu sistem pembedahan mobile yang awal mulanya dibesarkan oleh Palm, Inc buat perankat PDA pada tahun 1996. Industri ini sendiri dibuat pada tahun 1992 serta berpangkalan di Sunnyvale, California, Amerika Sindikat. Palm OS didesain buat fitur yang ease of use dengan user interface touchscreen berplatform grafis. Didalamnya sudah diadakan suite aplikasi dasar buat manajemen data individu. Sebagian tahun setelah itu program diperluas alhasil bisa mensupport ponsel pintar serta PDA phone. Sehabis membeli Palm merk bisnis Palm oleh ACCESS yang setelah itu mengubah namanya jadi Garnet OS. Pada tahun 2007, ACCESS memberitahukan penerus ke Garnet OS, dengan julukan Access Linux Program pada tahun 2009 kemudian.

Keunggulan PalmOS dibanding dengan sistem pembedahan yang lain merupakan Palm mempunyai keinginan sistem yang sedikit serta kilat alhasil tidak diperlukan fitur PDA yang mutahir serta mahal, serta tidak membutuhkan banyak memory buat bisa melakukannya dengan bagus. Sebaliknya kelemahan Palm OS ialah tidak mempunyai alat penyimpanan eksternal atau bonus, meski dapat diisi suatu program, Aplikasi ataupun Aplikasi namun tidak dapat di instal dengan kapasitas yang banyak sebab cuma keterbatasan ingatan. Tidak hanya itu, industri yang meningkatkan Palm sudah dihentikan hingga mungkin kemajuan program Palm tidak hendak terdapat lagi serta development yang terdapat saat ini bisa jadi cuma berbentuk support buat produk produk lama Palm

BLACKBERRY OS

Sistem pembedahan ini dibesarkan oleh RIM( Research In Motion) yang ialah suatu industri multinasional yang menciptakan bermacam berbagai produk telekomunikasi. Dibuat pada tahun 1984. Industri ini berpangkalan di Waterloo, Ontario. OS ini dikala ini dipakai oleh handphone BlackBerry keluaran RIM. Sistem pembedahan bisa melaksanakan multitasking serta mensupport fitur input spesial yang sudah diadopsi oleh RIM buat dipakai semacam trackwheel, trackball, serta yang sangat baru- baru ini, yang trackpad serta touchscreen.

Baca Juga: Ulasan Mortal Kombat 11-Membawa Brutal Ke Tingkat Yang Lebih Tinggi

Program BlackBerry menyandang MIDP 2. 0, yang membolehkan aktivasi nirkabel komplit serta penyerentakan dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, ataupun Novell GroupWise email, penanggalan, kewajiban, memo, serta kontak, kala dipakai bersama dengan BlackBerry Enterprise Server. Sistem pembedahan pula mensupport WAP 1. 2. Pembaruan sistem pembedahan dengan cara otomatis ada dari operator selular yang mensupport layanan. OTASL BlackBerry( berlebihan the air aplikasi loading) developer pihak ketiga bisa membuat fitur lunak memakai BlackBerry API yang ada( application programming interface atau aplikasi pemrograman antarmuka), walaupun aplikasi yang memakai guna khusus wajib dalam kondisi“ digitally singned”. RIM meningkatkan serta luncurkan tipe pembaharuan dari sistem pembedahan buat mensupport tiap- tiap fitur, tergantung operator orang buat menyudahi bila serta kala tipe dilepaskan buat para konsumennya.

Keunggulan:

  • Guna BBM yang dipakai buat chat dampingi blackberry.
  • Customize Theme buat user tingkat buat mendesign thema blackberrynya sendiri.
  • Guna geotag pada blackberry berGPS yang berisikan data.
  • Bentuk akses multimedia yang amat aman buat dipakai.
  • Fitur firewallnya, amat efisien dalam memblok sms atau mms atau phone call yang tidak kita mau.
  • ystem full backup atau recover memudahkan user dalam membackup data- data berarti.

Kekurangan:

  • Belum mensupport conference call.
  • Tidak terdapat aplikasi native buat menyambut serta mengirimkan fax.
  • Spell check yang menolong kir kekeliruan ketik cuma bisa berjalan bila berakhir diketik seluruh.
  • Penyerentakan antara email di blackberry serta server kurang maksimum.
  • Browser bawaan blackberry tidak sempurna menunjukkan webpage ber- javascript serta kartun.

APPLE IOS

Apple selaku pesaing turun- temurun Microsoft pula tidak ingin takluk buat turun di bumi handphone. Serupa semacam Windows Mobile, Iphone OS juga menawarkan perihal yang serupa ialah penyerentakan dengan produk Apple yang lain.

Keunggulan:

  • Multitasking.
  • Pelayaran gampang.
  • Berintegrasi penuh dengan OS Apple yang lain.
  • Sokongan multimedia amat bagus.
  • User Interface yang interaktif.
  • Ada AppStore buat penuhi keinginan user.
  • Mensupport GPS.

Kekurangan:

  • Tidak support flash( Ekspedisi Mobile).
  • Penempatan antena kurang bagus.
  • Standar aplikasi developer amat kencang.

LINUX MOBILE

Linux merupakan salah satu sistem pembedahan yang sering dipakai oleh vendor Motorola. Bagus dalam seri ROKR ataupun seri PDA layar sentuh mereka. Tetapi keterbatasan sokongan guna aplikasi bonus serta user interface yang kurang sering di dengar menimbulkan sistem pembedahan ini mencuat karam dalam bumi handphone.

Kelemahannya merupakan aplikasi bonus yang belum banyak tersebar, dan Linux dibentuk buat mengoprasikan sistem dengan daya besar, alhasil manajemen pangkal energi baterai sedang takluk efisien dibanding OS yang lain. Keunggulannya merupakan Linux selaku OS yang sempurna untuk handphone sebab sokongan oleh perusahaan- perusahaan besar semacam IBM, Oracle, serta Intel. Tidak hanya itu, sistem ini angka lebih fleksibel serta menawarkan ingatan yang lebih kecil dan dapat lebih dihemat.

SAMSUNG BADA

Operating System besutan samsung ini menancapkan Adobe® Flash® Player serta WebKit browser Internet langsung ke aplikasi asli, pengawasan denah bada gampang tertancap dalam aplikasi Kamu buat membagikan pemetaan interaktif serta routing dengan fitur POI untuk konsumen Kamu.

Program bada membagikan modalitas interaksi konsumen tercantum aksi penginderaan, pengawasan fine- tuned fibrasi, serta penemuan wajah. Samsung bada pula sediakan metode buat meningkatkan sensor- based, aplikasi- sadar kondisi. Dengan layanan cuaca serta pemeriksaan semacam percepatan, magnetik, miring, GPS, serta pemeriksaan jarak, developer aplikasi bisa dengan gampang mempraktikkan konteks- aware, aplikasi interaktif.

MAEMO

Dibesarkan oleh Nokia selaku pengganti sistem pembedahan berbasiskan Linux Debian. Maemo ialah suatu program yang bertabiat open source buat perangkat- perangkat yang memakai sistem Linux, semacam internet pil, yang memperoleh arsitektur Linux dari sistem pembedahan Unix.

Maemo terbuat lewat bagian open source yang dipakai dengan cara besar dengan sebagian bonus buat menggabungkan kesemuanya dengan bagus pada fitur yang memakainya. Sistem pembedahan ini lebih diperuntukkan untuk mereka yang lebih mengutamakan kegiatan internetan serta browsing dibanding voice ataupun komunikasi. Tidak bingung dalam tiap luncurkan devicenya, Nokia senantiasa mengutamakan pernyataan layar yang besar serta luas komplit dengan layar sentuh plus keypad QWERTY dalam wujud slide. Dikala ini Nokia sudah mengeluarkan 3 internet pil memakai program Maemo, ialah Nokia 770, Nokia N800, serta Nokia N810, serta yang terkini Nokia N900.

MEEGO

Meego merupakan cetak biru sistem pembedahan open source berplatform Linux yang awal kali di umumkan pada Mobile World Congress bulan Februari 2010 oleh Intel serta Nokia. Sistem pembedahan ini ialah pencampuran antara Intel Moblin dengan Nokia Maemo. Pemakaian dari sistem pembedahan ini tertuju pada fitur mobile, pil Komputer, serta Netbook.

Terdapat 2 berbagai sistem pembedahan, ialah sistem pembedahan Open Source serta sistem pembedahan Close Source. Jelaskan 2 berbagai sistem pembedahan itu serta kasih ilustrasinya!

Open Source

Rancangan Open Source Aplikasi pada intinya merupakan bisa atau diizinkan membuka isyarat pangkal( source code) dari suatu fitur lunak. Rancangan ini terasa abnormal pada awal mulanya disebabkan isyarat pangkal ialah kunci dari suatu fitur lunak. Dengan dikenal akal sehat yang terdapat di isyarat pangkal, hingga orang lain sebaiknya bisa membuat fitur lunak yang serupa gunanya. Open source cuma hingga itu. Maksudnya, tidak wajib free. Kita dapat saja membuat fitur lunak yang kita buka kode- sumber- nya, mempatenkan algoritmanya, medaftarkan hak membuat, serta senantiasa menjual fitur lunak itu dengan cara menguntungkan( nama lain berbayar).

Feature penting dari karakter gratis( Open Source) merupakan independensi dari user buat:

  • memakai aplikasi cocok ambisinya, buat apapun yang mereka mau, pada sebagian pc dalam suasana yang pas dengan cara teknis.
  • Mempunyai aplikasi yang ada cocok keinginan. Pasti saja mencakup improvisasi, koreksi bugs, memperbesar gunanya serta pemilihan pengoperasiannya.

Megedarkan aplikasi pada user yang lain, buat dipakai bersumber pada kebutuhannya. Pembagian dapat saja gratis, ataupun dengan biaya

Close Source

Close source merupakan kebalikan dari open source. Close source merupakan sesuatu aplikasi yang isyarat sourcenya tidak diterbitkan, ilustrasinya merupakan Microsoft Windows,( Bukan berarti closed source disini kalau cuma Bill Gate saja yang ketahui isyarat pangkal dari OS Windows, serta cuma ia yang melaksanakan pengembangan seorang diri hingga hari ini, tetapi mengapa sedang dikatankan close soure? perihal ini disebabkan isyarat sourcenya tidak di publikasikan ke biasa serta cuma dikenal oleh pegawai- pegawainya saja ataupun cuma golongan khusus saja yang ketahui, yang dalam perihal ini cuma pihak industri Microsoft).

Close Source ialah salah satu aplikasi fitur lunak diterbitkan tanpa isyarat pangkal.

Dengan cara biasa, itu berarti cuma binari dari program pc didistribusikan serta sertifikat tidak membagikan akses ke program isyarat pangkal. Isyarat pangkal dari program itu bisa dikira selaku rahasia bisnis industri. Akses ke isyarat pangkal oleh pihak ketiga biasanya membutuhkan partai buat memaraf akad non- disclosure.

Pada biasanya program pc mempunyai sertifikat ataupun Hak Membuat yang mencegah hasil buatan itu dari pemakaian yang tidak seimbang oleh orang lain. Tetapi mayoritas sertifikat yang terdapat saat ini ini spesialnya buat program pc yang Close Source memuat klausul- klausul yang menaruh konsumen ataupun konsumen pada posisi yang amat lemah.

Related Posts

Apa itu Palm OS? Palm Software dan Palm OS | www.freewarepalm.com