Pengertian Palm OS, Beserta Pengembangan Aplikasi

Blog Info Tips
Spread the love

www.freewarepalm.comPengertian Palm OS, Beserta Pengembangan Aplikasi. Palm OS (juga dikenal sebagai Garnet OS) adalah sistem operasi seluler dihentikan yang awalnya dikembangkan oleh Palm, Inc., untuk personal digital assistant (PDA) pada tahun 1996. Palm OS dirancang untuk kemudahan penggunaan dengan antarmuka pengguna grafis berbasis layar sentuh. Ini dilengkapi dengan serangkaian aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi. Versi OS yang lebih baru telah diperpanjang untuk mendukung smartphone. Beberapa pemegang lisensi lain telah memproduksi perangkat yang didukung oleh Palm OS.

Setelah Palm membeli merek dagang Palm, versi lisensi saat ini dari ACCESS diubah namanya menjadi Garnet OS. Pada 2007, ACCESS memperkenalkan penerus Garnet OS, yang disebut Access Linux Platform dan pada 2009, pemegang lisensi utama Palm OS, Palm, Inc., beralih dari Palm OS ke webOS untuk perangkat mereka yang akan datang.

Pencipta dan kepemilikan

Palm OS pada awalnya dikembangkan di bawah arahan Jeff Hawkins di Palm Computing, Inc. Palm kemudian diakuisisi oleh US Robotics Corp., yang kemudian dibeli oleh 3Com, yang membuat anak perusahaan Palm menjadi perusahaan publik independen pada 2 Maret, 2000.

Pada bulan Januari 2002, Palm mendirikan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki untuk mengembangkan dan melisensikan Palm OS, yang diberi nama PalmSource. PalmSource kemudian dipisahkan dari Palm sebagai perusahaan independen pada 28 Oktober 2003. Palm (kemudian disebut palmOne) menjadi pemegang lisensi reguler Palm OS, tidak lagi mengendalikan sistem operasi.

Pada bulan September 2005, PalmSource mengumumkan bahwa ia diakuisisi oleh ACCESS.

Pada bulan Desember 2006, Palm memperoleh hak abadi atas kode sumber Palm OS dari ACCESS. Dengan ini Palm dapat memodifikasi sistem operasi berlisensi sesuai kebutuhan tanpa membayar royalti lebih lanjut ke ACCESS. Bersamaan dengan akuisisi Mei 2005 hak penuh atas nama merek Palm, hanya Palm yang dapat menerbitkan rilis sistem operasi dengan nama ‘Palm OS’.

Baca Juga: Microsoft Internet Explorer

Akibatnya, pada 25 Januari 2007, ACCESS mengumumkan perubahan nama menjadi sistem operasi Palm OS mereka saat ini, yang sekarang diberi nama Garnet OS.

Ringkasan OS

Palm OS adalah sistem operasi seluler berpemilik. Dirancang pada tahun 1996 untuk PDA Pilot baru Palm Computing, Inc., ini telah diimplementasikan pada beragam perangkat mobile, termasuk smartphone, jam tangan, konsol game genggam, pembaca barcode dan perangkat GPS.

Versi Palm OS sebelum 5.0 berjalan pada prosesor Motorola atau Freescale DragonBall. Mulai versi 5.0 dan seterusnya, Palm OS berjalan pada prosesor berbasis arsitektur ARM.

Fitur utama dari Palm OS Garnet saat ini adalah:

1. Sederhana, lingkungan tugas tunggal untuk memungkinkan peluncuran aplikasi layar penuh dengan satu set GUI dasar dan umum
2. Layar monokrom atau warna dengan resolusi hingga 480×320 piksel
3. Sistem input pengenalan tulisan tangan disebut Graffiti 2
4. Teknologi HotSync untuk sinkronisasi data dengan komputer desktop
5. Pemutaran suara dan kemampuan rekam
6. Model keamanan sederhana: Perangkat dapat dikunci dengan kata sandi, catatan aplikasi sewenang-wenang dapat dijadikan pribadi
7. Akses jaringan TCP / IP
8. Port serial / koneksi USB, inframerah, Bluetooth dan Wi-Fi
9. Dukungan kartu memori ekspansi
10. Format data standar yang ditentukan untuk aplikasi manajemen informasi pribadi untuk menyimpan entri kalender, alamat, tugas dan catatan, yang dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga.

Termasuk dengan OS juga satu set aplikasi standar, dengan yang paling relevan untuk empat operasi PIM yang disebutkan.

Riwayat versi dan latar belakang teknis

Produsen bebas mengimplementasikan berbagai fitur OS di perangkat mereka atau bahkan menambahkan fitur baru. Riwayat versi ini menjelaskan versi berlisensi resmi dari Palm / PalmSource / ACCESS.

Semua versi sebelum Palm OS 5 didasarkan pada kernel AMX 68000 yang dilisensikan dari KADAK Products Ltd. Meskipun kernel ini secara teknis mampu melakukan banyak tugas, “syarat dan ketentuan dari lisensi tersebut secara khusus menyatakan bahwa Palm tidak boleh mengekspos API untuk pembuatan / memanipulasi tugas dalam OS. ”

A. Palm OS 1.0

Palm OS 1.0 adalah versi asli yang ada pada Pilot 1000 dan 5000. Diperkenalkan pada Maret 1996.

Versi 1.0 menampilkan aplikasi PIM klasik Alamat, Buku Tanggal, Memo Pad, dan To Do List. Juga disertakan kalkulator dan alat Keamanan untuk menyembunyikan catatan untuk penggunaan pribadi.

Palm OS 1.0 tidak membedakan antara RAM dan penyimpanan sistem file. Aplikasi dipasang langsung ke RAM dan dijalankan di tempatnya. Karena tidak ada sistem file khusus yang didukung, sistem operasi bergantung pada siklus penyegaran RAM yang konstan untuk menjaga memorinya. OS mendukung tampilan keluaran monokrom 160×160. Masukan pengguna dihasilkan melalui sistem pengenalan tulisan tangan Graffiti atau secara opsional melalui keyboard virtual. Sistem mendukung sinkronisasi data ke PC lain melalui teknologi HotSync melalui antarmuka serial. Rilis perbaikan bug terbaru adalah versi 1.0.7.

B. Palm OS 2.0

Palm OS 2.0 diperkenalkan pada 10 Maret 1997 dengan PalmPilot Personal and Professional [Versi ini menambahkan jaringan TCP / IP, jaringan HotSync, dan dukungan lampu latar layar. Rilis perbaikan bug terakhir adalah versi 2.0.5.

Dua aplikasi baru, Mail dan Expense ditambahkan, dan aplikasi PIM standar telah ditingkatkan.

C. Palm OS 3.0

Palm OS 3.0 diperkenalkan pada 9 Maret 1998 dengan peluncuran seri Palm III. Versi ini menambahkan infra merah IrDA dan dukungan font yang ditingkatkan. Versi ini juga menampilkan aplikasi PIM yang diperbarui dan pembaruan untuk peluncur aplikasi.

Palm OS 3.1 hanya menambahkan fitur-fitur kecil baru, seperti dukungan jaringan HotSync. Itu diperkenalkan dengan Palm IIIx dan Palm V. Rilis perbaikan bug terakhir adalah versi 3.1.1.

Palm OS 3.2 menambahkan dukungan Kliping Web, yang merupakan solusi khusus Palm awal untuk menghadirkan konten web ke layar PDA kecil. Itu diperkenalkan dengan penyelenggara Palm VII.

Palm OS 3.3 menambahkan kecepatan HotSync yang lebih cepat dan kemampuan untuk melakukan hotsyncing inframerah. Itu diperkenalkan dengan penyelenggara Palm Vx.

Palm OS 3.5 adalah versi pertama yang menyertakan dukungan warna 8-bit asli. Ia juga menambahkan fitur kenyamanan utama yang menyederhanakan operasi, seperti bilah ikon peka konteks atau aktivasi menu yang lebih sederhana. Aplikasi buku data diperpanjang dengan tampilan agenda tambahan. Versi ini pertama kali diperkenalkan dengan perangkat Palm IIIc. Rilis perbaikan bug terbaru adalah versi 3.5.3.

Sebagai pendamping, Palm kemudian menawarkan upgrade perangkat lunak Mobile Internet Kit untuk Palm OS 3.5. [Ini termasuk perangkat lunak Kliping Web Palm, MultiMail (yang kemudian diubah namanya menjadi VersaMail) perangkat lunak email Versi 2.26, perangkat lunak SMS HandPHONE Versi 1.3, dan Neomar Versi 1.5 browser WAP.

D. Palm OS 4.0

Palm OS 4.0 dirilis dengan seri Palm m500 baru pada tanggal 19 Maret 2001. Versi ini menambahkan antarmuka standar untuk akses sistem file eksternal (seperti kartu SD). Sistem file eksternal adalah perubahan radikal pada eksekusi di tempat sistem operasi sebelumnya. Sekarang, kode aplikasi dan data perlu dimuat ke dalam RAM perangkat, mirip dengan perilaku sistem operasi desktop.

Konektor Universal baru dengan dukungan USB diperkenalkan. Mobile Internet Kit opsional sebelumnya sekarang menjadi bagian dari sistem operasi. Versi 4.0 menambahkan pengelola perhatian untuk mengoordinasikan informasi dari berbagai aplikasi, dengan beberapa kemungkinan untuk menarik perhatian pengguna, termasuk suara, kedipan LED, atau getaran. Mendukung layar warna 16-bit dan zona waktu yang berbeda. Versi ini juga memiliki peningkatan keamanan dan UI.

Palm OS 4.1 adalah rilis perbaikan bug. Itu diperkenalkan dengan peluncuran Palm i705. Pembaruan minor OS selanjutnya ke versi 4.1.2 menyertakan backport Graffiti 2 dari Palm OS 5.2.

Palm OS 4.2 Edisi Cina Sederhana ditargetkan terutama untuk pasar Cina dengan dukungan Cina Sederhana sepenuhnya, dirilis bersama dengan Palm OS 5.3. Tidak ada perangkat yang diproduksi dengan versi ini hingga sekarang.

E. Palm OS 5.0

Palm OS 5.0 diluncurkan oleh anak perusahaan Palm PalmSource pada bulan Juni 2002 dan pertama kali diimplementasikan pada Palm Tungsten T. Ini adalah versi pertama yang mendukung perangkat ARM dan menggantikan kernel Kadak AMX68000 dengan kernel MCK kustom, dinamai menurut pengembangnya, yaitu ditulis sendiri oleh Palm. Aplikasi yang ditulis untuk versi OS sebelumnya menggunakan set instruksi DragonBall 68K yang lebih lama dan didukung melalui emulator Palm Application Compatibility Environment (PACE) di Garnet. Bahkan dengan tambahan overhead PACE, aplikasi Palm biasanya berjalan lebih cepat pada perangkat ARM dibandingkan pada perangkat keras generasi sebelumnya. Software baru dapat memanfaatkan prosesor ARM dengan unit kecil kode ARM, yang disebut ARMlet.

Dengan basis perangkat keras yang lebih kuat, Palm OS 5 menambahkan peningkatan substansial untuk kemampuan multimedia. Layar 320×320 kepadatan tinggi didukung bersama dengan pemutaran suara digital penuh dan API rekam. Tumpukan Bluetooth terpisah Palm ditambahkan bersama dengan tumpukan Wi-Fi IEEE 802.11b. Koneksi jaringan yang aman melalui SSL didukung. OS dapat disesuaikan dengan skema warna yang berbeda.

Untuk Palm OS 5, PalmSource mengembangkan dan melisensikan browser web yang disebut PalmSource Web Browser berdasarkan browser ACCESS ‘NetFront 3.0.

Palm OS 5.2 adalah rilis perbaikan bug, pertama kali diimplementasikan di Samsung SGH-i500 pada Maret 2003. Ia menambahkan dukungan untuk resolusi 480×320 dan memperkenalkan sistem input tulisan tangan baru yang disebut Graffiti 2; sistem masukan baru dipicu oleh kemenangan gugatan Xerox terhadap Palm. Graffiti 2 didasarkan pada Jot dari CIC. Rilis perbaikan bug terakhir adalah versi 5.2.8.

Palm OS 5.3 Edisi Cina Sederhana yang dirilis pada September 2003, menambahkan dukungan penuh Cina Sederhana, dukungan lebih lanjut untuk resolusi QVGA, dan API standar untuk Grafiti virtual yang disebut Area Input Dinamis. Versi ini pertama kali dikirimkan pada perangkat genggam Lenovo P100 dan P300.

Palm OS Garnet (5.4) menambahkan pustaka Bluetooth yang diperbarui dan dukungan untuk berbagai resolusi layar mulai dari 160×160 hingga 480×320. Ini pertama kali dikirim pada Treo 650 pada November 2004. Versi ini juga memperkenalkan nama Garnet untuk membedakannya dari Palm OS Cobalt 6.0. Rilis perbaikan bug terakhir adalah versi 5.4.9.

Baca Juga: Metode Bilas Cache di Macbook Buat Optimalkan Performa

Garnet OS 5.5 menjatuhkan moniker Palm dan, pada 2007, adalah versi saat ini yang dikembangkan oleh ACCESS. Versi ini didedikasikan untuk digunakan di dalam mesin virtual VM Garnet.

Garnet VM diumumkan dan dirilis oleh ACCESS pada November 2007 sebagai bagian inti dari Access Linux Platform dan sebagai emulator yang memungkinkan Nokia Internet Tablet menjalankan aplikasi yang ditulis untuk Garnet OS. Pada bulan Juni 2010, ACCESS merilis Garnet VM versi 6 (alias Garnet VM Beta 6 1.05b).

F. Palm OS Cobalt

Palm OS Cobalt (6.0) adalah penerus yang ditunjuk untuk Palm OS 5. Diperkenalkan pada 10 Februari 2004, tetapi tidak lagi ditawarkan oleh ACCESS (lihat bagian selanjutnya). Palm OS 6.0 diubah namanya menjadi Palm OS Cobalt untuk memperjelas bahwa versi ini pada awalnya tidak ditujukan untuk menggantikan Palm OS 5, yang mengadopsi nama Palm OS Garnet pada waktu yang bersamaan.

Palm OS Cobalt memperkenalkan fitur sistem operasi modern ke sistem operasi tertanam berdasarkan kernel baru dengan multitasking dan perlindungan memori, kerangka kerja multimedia dan grafis modern (berasal dari BeOS yang diakuisisi Palm), fitur keamanan baru, dan penyesuaian format file PIM ke lebih baik bekerja sama dengan Microsoft Outlook.

Palm OS Cobalt 6.1 menyajikan pustaka komunikasi standar untuk telekomunikasi, Wi-Fi, dan konektivitas Bluetooth. Meskipun ada tambahan lain, itu gagal menarik calon pemegang lisensi ke Palm OS Cobalt.

Peningkatan OS pihak ketiga

Beberapa pemegang lisensi telah membuat modifikasi khusus pada sistem operasi. Ini bukan bagian dari versi berlisensi resmi.

1. Palm mengembangkan API Bluetooth untuk Kartu SDIO Bluetooth eksternal untuk perangkat Palm OS 4.0. Tumpukan Bluetooth kemudian disertakan dalam Palm OS 5
2. Palm menambahkan API area input grafiti virtual terutama untuk perangkat Tungsten T3 mereka. API ini kemudian digantikan oleh Dynamic Input Area API resmi di Palm OS 5.3.
3. Palm menambahkan ke Palm OS 5.4 Sistem File Non-Volatile, dan menggunakan Flash untuk penyimpanan sebagai pengganti DRAM, mencegah kehilangan data jika baterai habis. Namun, ini secara mendasar mengubah cara program dijalankan dari sistem Execute-in-Place yang biasa digunakan Palm OS, dan telah menjadi sumber dari banyak masalah kompatibilitas, yang membutuhkan banyak aplikasi untuk memiliki dukungan NVFS eksplisit yang ditambahkan agar mereka menjadi stabil.
4. Untuk perangkat yang dilengkapi kamera, Palm menambahkan CameraLib API.
5. Sony menambahkan perpustakaan untuk mendukung masukan JogDial yang tersedia di penyelenggara CLIÉ mereka.

Modernisasi

Selama beberapa tahun, PalmSource telah mencoba untuk membuat penerus modern untuk Palm OS 5 dan memiliki pemegang lisensi yang menerapkannya. Meskipun PalmSource mengirimkan Palm OS Cobalt 6.0 kepada pemegang lisensi pada Januari 2004, tidak ada yang mengadopsinya untuk perangkat rilis. PalmSource membuat perbaikan besar pada Palm OS Cobalt dengan merilis Palm OS Cobalt 6.1 pada September 2004 untuk menyenangkan para pemegang lisensi, tetapi bahkan versi baru tidak mengarah ke perangkat produksi.

Pada bulan Desember 2004, PalmSource mengumumkan strategi OS baru. Dengan akuisisi perusahaan perangkat lunak ponsel China Mobilesoft, PalmSource berencana untuk mem-port Palm OS di atas kernel Linux, sambil tetap menawarkan Palm OS Garnet dan Palm OS Cobalt. Strategi ini direvisi pada bulan Juni 2005, ketika masih belum ada perangkat dengan Palm OS Cobalt yang diumumkan. PalmSource mengumumkan menghentikan semua upaya pengembangan pada produk apa pun yang tidak terkait langsung dengan platform berbasis Linux di masa depan.

Dengan akuisisi PalmSource oleh ACCESS, Palm OS untuk Linux diubah menjadi Access Linux Platform yang pertama kali diumumkan pada Februari 2006. Versi awal dari platform dan perangkat pengembangan perangkat lunak untuk Access Linux Platform secara resmi dirilis pada Februari 2007. Pada Januari 2011, Platform Access Linux belum dikirimkan pada perangkat apa pun, namun kit pengembangan sudah ada dan demonstrasi publik telah dipamerkan.

Palm, Inc. pemegang lisensi utama dari Palm OS Garnet tidak melisensikan Access Linux Platform untuk perangkat mereka sendiri. Sebagai gantinya, Palm mengembangkan sistem operasi berbasis Linux lain yang disebut Palm webOS. Pada 11 Februari 2009, CEO Palm Ed Colligan mengatakan tidak akan ada perangkat Palm OS tambahan (kecuali Centro dirilis ke operator lain). Palm berfokus pada perangkat Palm webOS dan Windows Mobile. Pada tanggal 1 April 2009, Palm mengumumkan ketersediaan emulator Palm OS untuk webOS-nya.

Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts

Apa itu Palm OS? Palm Software dan Palm OS | www.freewarepalm.com