Asisten digital pribadi Palm OS

Blog Info Tips
Spread the love

www.freewarepalm.comAsisten digital pribadi Palm OS. “PDA” dan “PDA” dialihkan ke sini. Untuk kegunaan lain, lihat PDA (disambiguasi) dan PD AeroSpace. Jangan bingung dengan asisten virtual.

Personal Digital Assistant (PDA), juga dikenal sebagai PC genggam, adalah berbagai perangkat seluler yang berfungsi sebagai pengelola informasi pribadi. PDA sebagian besar telah digantikan oleh penggunaan smartphone berkemampuan tinggi secara luas, khususnya yang berbasis iOS dan Android.

Hampir semua PDA modern memiliki kemampuan untuk terhubung ke Internet. PDA memiliki tampilan visual elektronik, memungkinkannya menyertakan browser web. Sebagian besar model juga memiliki kemampuan audio, memungkinkan penggunaan sebagai pemutar media portabel, dan juga memungkinkan sebagian besar dari mereka untuk digunakan sebagai telepon. Sebagian besar PDA dapat mengakses Internet, intranet, atau ekstranet melalui Wi-Fi atau WAN Nirkabel. Terkadang, alih-alih tombol, PDA menggunakan teknologi layar sentuh. Industri teknologi baru-baru ini mendaur ulang istilah bantuan digital pribadi. Istilah ini lebih umum digunakan untuk perangkat lunak yang mengidentifikasi suara pengguna untuk menjawab pertanyaan.

Baca Juga; Pengertian Palm OS, Beserta Pengembangan Aplikasi

PDA pertama, Penyelenggara, dirilis pada tahun 1984 oleh Psion, diikuti oleh Seri 3 Psion, pada tahun 1991. Yang terakhir mulai menyerupai gaya PDA yang lebih dikenal, termasuk keyboard lengkap. Istilah PDA pertama kali digunakan pada 7 Januari 1992 oleh CEO Apple Inc. John Sculley di Consumer Electronics Show di Las Vegas, Nevada, mengacu pada Apple Newton.

Pada tahun 1994, IBM memperkenalkan PDA pertama dengan fungsi telepon seluler analog, IBM Simon, yang juga dapat dianggap sebagai smartphone pertama. Kemudian pada tahun 1996, Nokia memperkenalkan PDA dengan fungsi ponsel digital, 9000 Communicator. Peserta awal lainnya di pasar ini adalah Palm, dengan lini produk PDA yang dimulai pada Maret 1996. Palm akhirnya akan menjadi vendor dominan PDA sampai popularitas perangkat Pocket PC meningkat di awal tahun 2000-an. Pada pertengahan 2000-an sebagian besar PDA telah berubah menjadi smartphone karena PDA klasik tanpa radio seluler semakin tidak umum.
Fitur khas

PDA tipikal memiliki layar sentuh untuk navigasi, slot kartu memori untuk penyimpanan data, dan IrDA, Bluetooth dan / atau Wi-Fi. Namun, beberapa PDA mungkin tidak memiliki layar sentuh, menggunakan tombol softkey, tombol arah, dan keypad numerik atau keyboard ibu jari untuk input.

Untuk mendapatkan fungsi yang diharapkan dari PDA, perangkat lunak perangkat biasanya menyertakan kalender janji temu, daftar tugas, buku alamat untuk kontak, kalkulator, dan semacam program memo (atau “catatan”). PDA dengan koneksi data nirkabel juga biasanya menyertakan klien email dan browser Web, dan mungkin menyertakan fungsionalitas telepon atau tidak.

Layar sentuh

Banyak PDA asli, seperti Apple Newton dan Palm Pilot, menampilkan layar sentuh untuk interaksi pengguna, hanya memiliki beberapa tombol — biasanya disediakan untuk pintasan ke program yang sering digunakan. Beberapa PDA layar sentuh, termasuk perangkat Windows Mobile, memiliki stylus yang dapat dilepas untuk memudahkan pemilihan. Pengguna berinteraksi dengan perangkat dengan mengetuk layar untuk memilih tombol atau mengeluarkan perintah, atau dengan menyeret jari (atau stylus) pada layar untuk membuat pilihan atau menggulir.

Metode umum memasukkan teks pada PDA layar sentuh meliputi:

1. Keyboard virtual, di mana keyboard ditampilkan di layar sentuh. Teks dimasukkan dengan mengetuk keyboard di layar dengan jari atau stylus.
2. Keyboard eksternal terhubung melalui USB, Inframerah, atau Bluetooth. Beberapa pengguna mungkin memilih keyboard chord untuk penggunaan satu tangan.
3. Pengenalan tulisan tangan, di mana huruf atau kata-kata ditulis pada layar sentuh, seringkali dengan stylus, dan PDA mengubah masukan menjadi teks. Pengenalan dan perhitungan rumus horizontal dan vertikal tulisan tangan, seperti “1 + 2 =”, juga dapat menjadi fitur.
4. Pengenalan goresan memungkinkan pengguna membuat serangkaian goresan yang telah ditentukan sebelumnya pada layar sentuh, terkadang di area masukan khusus, mewakili berbagai karakter yang akan dimasukkan. Pukulan tersebut sering kali merupakan bentuk karakter yang disederhanakan, membuatnya lebih mudah dikenali oleh perangkat. Salah satu sistem pengenalan goresan yang dikenal luas adalah Palm’s Graffiti.

Terlepas dari proyek penelitian dan pengembangan, pengguna akhir mengalami hasil yang beragam dengan sistem pengenalan tulisan tangan. Beberapa merasa frustasi dan tidak akurat, sementara yang lain puas dengan kualitas pengakuannya.

PDA layar sentuh yang ditujukan untuk penggunaan bisnis, seperti BlackBerry dan Palm Treo, biasanya juga menawarkan keyboard lengkap dan roda gulir atau thumbwheels untuk memfasilitasi entri data dan navigasi. Banyak PDA layar sentuh mendukung beberapa bentuk keyboard eksternal juga.

Papan ketik lipat khusus, yang menawarkan papan ketik berukuran penuh tetapi dapat diciutkan menjadi ukuran yang ringkas untuk dibawa-bawa, tersedia untuk banyak model. Keyboard eksternal dapat dipasang ke PDA secara langsung, menggunakan kabel, atau mungkin menggunakan teknologi nirkabel seperti inframerah atau Bluetooth untuk menghubungkan ke PDA.

PDA yang lebih baru, seperti HTC HD2, Apple iPhone, Apple iPod Touch, dan Palm Pre, Palm Pre Plus, Palm Pixi, Palm Pixi Plus, Google Android (sistem operasi) menyertakan bentuk layar sentuh yang lebih canggih yang dapat mendaftarkan beberapa sentuhan secara bersamaan. Tampilan “multi-sentuh” ​​ini memungkinkan antarmuka yang lebih canggih menggunakan berbagai gerakan yang dimasukkan dengan satu jari atau lebih.

Kartu memori

Meskipun banyak PDA awal tidak memiliki slot kartu memori, sekarang sebagian besar memiliki beberapa bentuk slot Secure Digital (SD), slot CompactFlash atau kombinasi keduanya. Meskipun dirancang untuk memori, kartu Secure Digital Input / Output (SDIO) dan CompactFlash tersedia yang menyediakan aksesori seperti Wi-Fi atau kamera digital, jika perangkat dapat mendukungnya.

Beberapa PDA juga memiliki sebuah port USB, terutama untuk flash drive USB. PDA menggunakan beberapa kartu microSD, yaitu secara elektronik maupun kompatibel dengan sebuah kartu SD, tetapi juga memiliki sebuah ukuran fisik yang jauh lebih kecil.

Konektivitas kabel

Sementara PDA awal terhubung ke komputer pribadi pengguna melalui port serial atau koneksi kepemilikan lainnya, banyak orang saat ini terhubung melalui kabel USB. PDA yang lebih lama tidak dapat terhubung satu sama lain melalui USB, karena implementasi USB mereka tidak mendukung tindakan sebagai “host”. Beberapa PDA awal dapat terhubung ke Internet secara tidak langsung melalui modem eksternal yang terhubung melalui port serial PDA atau konektor “sync”, atau secara langsung dengan menggunakan kartu ekspansi yang menyediakan port Ethernet.

Konektivitas nirkabel

Sebagian besar PDA modern memiliki Bluetooth, protokol nirkabel populer untuk perangkat seluler. Bluetooth dapat digunakan untuk menghubungkan keyboard, headset, penerima GPS, dan aksesori terdekat lainnya.

Ini juga memungkinkan untuk mentransfer file antara PDA yang memiliki Bluetooth. Banyak PDA modern memiliki konektivitas jaringan nirkabel Wi-Fi dan dapat terhubung ke hotspot Wi-Fi. Semua telepon pintar, dan beberapa PDA modern lainnya, dapat terhubung ke Jaringan Area Luas Nirkabel, seperti yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi seluler.

PDA lama dari tahun 1990-an hingga 2006 biasanya memiliki port IrDA (inframerah) yang memungkinkan komunikasi nirkabel jarak dekat. Beberapa model saat ini menggunakan teknologi ini, karena telah digantikan oleh Bluetooth dan Wi-Fi. IrDA memungkinkan komunikasi antara dua PDA, atau antara PDA dan perangkat apa pun dengan port atau adaptor IrDA.

Beberapa printer memiliki penerima IrDA, memungkinkan PDA yang dilengkapi IrDA untuk mencetak ke mereka, jika sistem operasi PDA mendukungnya. Keyboard PDA universal yang dirancang untuk PDA yang lebih tua ini menggunakan teknologi inframerah. Teknologi inframerah berbiaya rendah dan memiliki keuntungan karena diizinkan naik.

Sinkronisasi

Kebanyakan PDA dapat menyinkronkan datanya dengan aplikasi di komputer pengguna. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memperbarui kontak, jadwal, atau informasi lain di komputer mereka, menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Outlook atau ACT !, dan data yang sama ditransfer ke PDA — atau mentransfer informasi terbaru dari PDA kembali ke komputer.

Ini menghilangkan kebutuhan pengguna untuk memperbarui data mereka di dua tempat. Sinkronisasi juga mencegah hilangnya informasi yang disimpan di perangkat jika hilang, dicuri, atau dihancurkan. Saat PDA diperbaiki atau diganti, PDA dapat “disinkronkan kembali” dengan komputer, memulihkan data pengguna.

Beberapa pengguna menemukan bahwa input data di komputer mereka lebih cepat daripada di PDA mereka, karena input teks melalui layar sentuh atau keyboard skala kecil lebih lambat daripada keyboard ukuran penuh. Oleh karena itu, mentransfer data ke PDA melalui komputer jauh lebih cepat daripada harus memasukkan semua data secara manual pada perangkat genggam.

Baca Juga: Tutorial Cara Mendesain Dan Mencetak Spanduk Yang Sempurna

Kebanyakan PDA dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan sinkronisasi ke komputer. Ini dilakukan melalui perangkat lunak sinkronisasi yang disediakan dengan perangkat genggam, atau kadang-kadang dengan sistem operasi komputer. Contoh perangkat lunak sinkronisasi meliputi:

1. HotSync Manager, untuk Palm OS PDA
2. Microsoft ActiveSync, digunakan oleh Windows XP dan sistem operasi Windows yang lebih lama untuk melakukan sinkronisasi dengan Windows Mobile, Pocket PC, dan Windows CE PDA, serta PDA yang menjalankan iOS, Palm OS, dan Symbian
3. Microsoft Windows Mobile Device Center untuk Windows Vista, yang mendukung perangkat Microsoft Windows Mobile dan Pocket PC
4. Apple iTunes, digunakan di Mac OS X dan Microsoft Windows untuk menyelaraskan perangkat iOS (seperti iPhone dan iPod touch)
5. iSync, disertakan dengan Mac OS X, dapat menyinkronkan banyak PDA yang mendukung SyncML
6. BlackBerry Desktop Software, digunakan untuk menyinkronkan perangkat BlackBerry.

Program ini memungkinkan PDA untuk disinkronkan dengan manajer informasi pribadi, yang mungkin merupakan bagian dari sistem operasi komputer, yang disertakan dengan PDA, atau dijual terpisah oleh pihak ketiga. Misalnya, RIM BlackBerry dilengkapi dengan program Desktop Manager RIM, yang dapat melakukan sinkronisasi ke Microsoft Outlook dan ACT !. PDA lain hanya datang dengan perangkat lunak berpemilik mereka sendiri.

Misalnya, beberapa PDA Palm OS awal hanya disertakan dengan Palm Desktop, sementara PDA Palm yang lebih baru — seperti Treo 650 — memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi ke Palm Desktop atau Microsoft Outlook. ActiveSync Microsoft dan Windows Mobile Device Center hanya disinkronkan dengan Microsoft Outlook atau server Microsoft Exchange.

Perangkat lunak sinkronisasi pihak ketiga juga tersedia untuk beberapa PDA dari perusahaan seperti CommonTime dan CompanionLink. Perangkat lunak pihak ketiga dapat digunakan untuk menyinkronkan PDA ke manajer informasi pribadi lainnya yang tidak didukung oleh produsen PDA (misalnya, GoldMine dan IBM Lotus Notes).

Sinkronisasi nirkabel

Beberapa PDA dapat menyinkronkan beberapa atau semua datanya menggunakan kapabilitas jaringan nirkabel mereka, daripada harus terhubung langsung ke komputer pribadi melalui kabel. Perangkat yang menjalankan webOS Palm atau sistem operasi Google Android terutama disinkronkan dengan cloud. Misalnya, jika Gmail digunakan, informasi dalam kontak, email, dan kalender dapat disinkronkan antara PDA dan server Google.

RIM menjual BlackBerry Enterprise Server kepada perusahaan sehingga pengguna BlackBerry korporat dapat menyinkronkan PDA mereka secara nirkabel dengan server Microsoft Exchange Server, IBM Lotus Domino, atau Novell GroupWise perusahaan. Email, entri kalender, kontak, tugas, dan memo yang disimpan di server perusahaan secara otomatis disinkronkan dengan BlackBerry.

Navigasi mobil

Beberapa PDA mencakup penerima Global Positioning System (GPS); ini terutama berlaku untuk ponsel cerdas. PDA lain kompatibel dengan add-on penerima GPS eksternal yang menggunakan prosesor dan layar PDA untuk menampilkan informasi lokasi. PDA dengan fungsionalitas GPS dapat digunakan untuk navigasi otomotif. PDA semakin banyak dipasang sebagai standar pada mobil baru.

GPS berbasis PDA juga dapat menampilkan kondisi lalu lintas, melakukan perutean dinamis, dan menunjukkan lokasi yang diketahui dari senjata radar seluler pinggir jalan. TomTom, Garmin, dan iGO menawarkan perangkat lunak navigasi GPS untuk PDA.
Ruggedized

Beberapa bisnis dan organisasi pemerintah mengandalkan PDA yang kokoh, terkadang dikenal sebagai asisten digital perusahaan (EDA) atau komputer seluler, untuk aplikasi data seluler. PDA ini memiliki fitur yang membuatnya lebih kuat dan mampu menangani cuaca buruk, guncangan, dan kelembapan.

EDA sering kali memiliki fitur tambahan untuk pengambilan data, seperti pembaca barcode, pembaca identifikasi frekuensi radio (RFID), pembaca kartu strip magnetik, atau pembaca kartu pintar. Fitur-fitur ini dirancang untuk memfasilitasi penggunaan perangkat ini untuk memindai kode produk atau item.

Aplikasi umum meliputi:

1. Kontrol akses dan keamanan
2. Pemeliharaan aset modal
3. Pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas
4. Audit pengendalian infeksi dan pengawasan dalam lingkungan perawatan kesehatan
5. Perawatan medis dan pencatatan di rumah sakit
6. Pembacaan meter berdasarkan utilitas
7. Militer (Angkatan Darat A.S., Angkatan Darat Pakistan)
8. Pengiriman paket
9. Penjaga taman dan satwa liar
10. Penegakan parkir
11. Akuntansi rute
12. Manajemen rantai pasokan di gudang
13. Alokasi dan perutean taksi
14. Aplikasi pramusaji dan pramusaji di restoran dan tempat perhotelan
15. Ahli biologi satwa liar

Penggunaan medis dan ilmiah

Banyak perusahaan telah mengembangkan produk PDA yang ditujukan untuk profesi medis, seperti PDA yang sarat dengan database obat, informasi perawatan, dan informasi medis. Layanan seperti AvantGo menerjemahkan jurnal medis ke dalam format yang dapat dibaca PDA. WardWatch mengatur rekam medis, memberikan pengingat informasi seperti rejimen pengobatan pasien hingga dokter yang berkeliling bangsal.

Pendragon dan Syware menyediakan alat untuk melakukan penelitian dengan, memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam database terpusat menggunakan PDA mereka. Microsoft Visual Studio dan Sun Java juga menyediakan perangkat pemrograman untuk mengembangkan instrumen survei pada perangkat genggam. Alat pengembangan ini memungkinkan integrasi dengan database SQL yang disimpan di perangkat genggam dan dapat disinkronkan dengan database berbasis desktop atau server.

PDA telah digunakan oleh dokter untuk membantu diagnosis dan pemilihan obat dan beberapa penelitian menyimpulkan bahwa ketika pasien dapat menggunakan PDA untuk mencatat gejala mereka, mereka berkomunikasi lebih efektif dengan staf rumah sakit selama kunjungan tindak lanjut.

Perkembangan teknologi Web Sensor dapat mengarah pada sensor tubuh yang dapat dipakai untuk memantau kondisi yang sedang berlangsung, seperti diabetes atau epilepsi, yang akan mengingatkan pasien dan dokter ketika perawatan diperlukan menggunakan komunikasi nirkabel dan PDA.

Penggunaan pendidikan

PDA dan perangkat genggam diperbolehkan di banyak ruang kelas untuk pencatatan digital. Siswa dapat memeriksa ejaan, memodifikasi, dan mengubah catatan kelas mereka pada PDA. Beberapa pendidik mendistribusikan materi kursus melalui Internet atau fungsi berbagi file inframerah PDA. Penerbit buku teks mulai merilis e-book, yang dapat diunggah langsung ke PDA, mengurangi jumlah buku teks yang harus dibawa siswa.

Brighton dan SUSSEX Medical School di Inggris adalah sekolah kedokteran pertama yang menyediakan penggunaan PDA dalam skala luas kepada mahasiswa sarjana. Peluang belajar yang diberikan dengan memiliki PDA lengkap dengan seperangkat teks medis utama dipelajari dengan hasil yang menunjukkan bahwa pembelajaran terjadi dalam konteks dengan akses tepat waktu ke fakta-fakta kunci dan melalui konsolidasi pengetahuan melalui pengulangan.

PDA merupakan tambahan penting untuk ekologi pembelajaran daripada pengganti. Perusahaan perangkat lunak telah mengembangkan program PDA untuk memenuhi kebutuhan instruksional lembaga pendidikan, seperti kamus, tesauri, perangkat lunak pengolah kata, ensiklopedia, webinar dan perencana pelajaran digital.

Penggunaan rekreasional

PDA dapat digunakan oleh penggemar musik untuk memainkan berbagai format file musik. Banyak PDA menyertakan fungsionalitas pemutar MP3. Penggemar reli jalan raya dapat menggunakan PDA untuk menghitung jarak, kecepatan, dan waktu. Informasi ini dapat digunakan untuk navigasi, atau fungsi GPS PDA dapat digunakan untuk navigasi. Penyelam bawah air dapat menggunakan PDA untuk merencanakan campuran gas pernapasan dan jadwal dekompresi menggunakan perangkat lunak seperti “V-Planner”.

Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts