Qualcomm PDQ, PDA OS Mobile Phone Terintegrasi Pertama

Info Palm OS
Spread the love

Qualcomm PDQ, PDA OS Mobile Phone Terintegrasi Pertama – Oke, jadi saya menulis lagi, dan saya mendapat email dan teks yang menanyakan “di mana Bab 2”? Ini dia Bab 1 adalah tentang bagaimana nama “Smartphone” muncul di industri nirkabel, dan mengapa benda di saku atau dompet Anda disebut Smartphone saat ini dan bukan “barang digital”. Itu terjadi pada tahun 1997.

Qualcomm PDQ, PDA OS Mobile Phone Terintegrasi Pertama

freewarepalm – Setahun kemudian, 1998, dan ada banyak jenis ponsel baru yang muncul. Banyak eksplorasi. Ah, eksplorasi. Eksplorasi yang sukses, baik di darat, laut, luar angkasa, atau smartphone membutuhkan SEMUANYA untuk bersatu dengan sukses, atau bencana akan terjadi.

Ini berlaku untuk kategori baru perangkat seluler, serta eksplorasi global. Kisah peringatan adalah kisah Ferdinand Magellan, yang kita kenal dari buku-buku sejarah sebagai orang pertama yang memimpin perjalanan keliling dunia dengan layar.

Ya itu benar, tetapi Magellan juga meninggal pada usia 41 tahun 1521 dengan tertancapnya tombak di tempat yang sekarang disebut Filipina, dan kemudian “kemudian dikepung dan dihabisi dengan senjata lain”.

Eksplorasi adalah kisah Qualcomm PDQ, yang merupakan perangkat nirkabel pertama yang menggabungkan platform Perangkat/Aplikasi/OS yang digunakan secara luas (Telepon Digital/Palm Pilot/Palm OS).

Untuk orang-orang yang akan mengatakan, “Anda salah, Nokia Communicator 9000 adalah yang pertama”, saya akan membantah dengan “tidak, itu adalah ponsel dengan aplikasi PDA yang belum sempurna, bukan perangkat dengan OS seperti Palm dengan ekosistem aplikasi yang masih baru” , tetapi perlu diingat bahwa semakin banyak penjelajah semakin baik, dan Nokia adalah penjelajah yang luar biasa pada masa itu. Namun sayangnya, penjelajah bisa memiliki tingkat korban yang tinggi.

Baca Juga : Pra Hingga Postmortem: Kisah Dalam Kematian Palm Dan WebOS

Ada pelajaran bisnis di bawah ini, yang masih berlaku saat ini untuk BANYAK produk dan layanan, nirkabel dan lainnya, dengan TLA (Akronim Tiga Huruf) yang telah saya gunakan selama bertahun-tahun.

Tidak, dalam konteks ini NDA BUKAN pengungkapan rahasia, tetapi Jaringan, Perangkat, dan Aplikasi.

Pertama, penafian kepada orang-orang yang terlibat dalam perjalanan, perombakan, dan kematian Qualcomm PDQ. Ini masih menjadi bagian dari sejarah nirkabel, dan akan selamanya, bahkan mendapatkan tempat di situs web Museum of American History untuk perjalanan singkatnya.

Ide untuk PDQ masuk akal, tetapi jalannya penuh dengan bahaya. Saya tidak memiliki akses ke file apa pun, hanya apa yang ada di internet, jadi begini.

Pada akhir 1990-an, banyak dari kita di luar sana di Tech land adalah penggemar Palm Pilot, yang merupakan “Asisten Digital Pribadi” yang SANGAT sukses yang diluncurkan awalnya pada tahun 1996. Ini iklan dari tahun 1996.

Palm Pilot dapat menyinkronkan ke PC Anda untuk janji temu, pesan, rapat, pembuatan catatan. Palm Pilot terdiri dari input stylus sederhana (lihat kiri) + bahasa pencatat yang disebut Graffiti + layar monokrom kontras rendah 240×160 + OS berpemilik yang disebut Palm OS + 512 kilobyte (512KB), atau 1 megabyte (ya, 1MB) onboard memori untuk pekerjaannya.

Dan percaya atau tidak, itu BENAR melakukan tugasnya, sangat keren untuk digunakan mengingat kendala perangkat/biaya hari itu, dan terjual satu ton dengan tepat. Tapi sederhana? Tidak.

Dalam “Bab Satu”, nama kategori smartphone muncul, dan pemimpin bisnis telepon Qualcomm yang termasyhur dan kreatif Paul Jacobs ingin kami jelajahi.

Seingat saya, Paul membuat kesepakatan dengan Donna Dubinsky, seorang eksekutif puncak Palm untuk mengembangkan perangkat baru (perangkat SMART) yang mengintegrasikan kemampuan Cool PDA/OS dari Palm Pilot, dengan kemampuan data digital yang muncul dari Telepon Digital Qualcomm. , seperti “Telepon Tipis” Qualcomm.

Kesepakatan itu memungkinkan Paul untuk memberi lampu hijau kepada tim R&D dan manajemen produk untuk menjelajahi wilayah yang belum pernah dilihat sebelumnya. Dalam retrospeksi, itu adalah langkah yang benar-benar berani, tapi tidak mudah agak seperti mencoba menjadi yang pertama mengelilingi dunia di awal tahun 1500-an.

Maka, pada bulan September 1998 (hampir sembilan tahun sebelum iPhone!), Qualcomm memperkenalkan Smartphone PDQ dengan Siaran Pers dan banyak keriuhan (waktu sibuk untuk kelompok saya dan saya). Seperti Magellan, kehidupan PDQ berumur pendek, dan sekarang menjadi bagian dari sejarah, tetapi cukup signifikan sehingga Anda masih dapat menemukan PDQ di Situs Smithsonian!

Artikel dari SFGate pada Oktober 1998 ini memaparkan tantangan yang dihadapi PDQ. Ini menjelaskan bahwa orang menginginkan Telepon Seluler Digital yang “berfungsi ganda sebagai penyelenggara pribadi”, memungkinkan lokasi posisi melalui “Sistem Pemosisian Global”, memungkinkan pengguna untuk “menjelajah web dan mengirim email dari ponsel mereka”, dan mungkin mendahului mereka ski untuk tahun 1998 “Diagnostik jarak jauh yang memungkinkan dokter untuk memasuki sistem rumah sakit dengan telepon mereka dan memindai sinar-X dan grafik pasien”.

Atau ini “Orang-orang mengeluarkan pager, telepon, PalmPilot, berbagai macam perangkat. Mereka ingin semua hal ini memperbanyak data”, kata Jeff Belk, wakil presiden pemasaran Qualcomm Atau kutipan Jeff lainnya dari Artikel Wall Street Journal ini, “ada telepon yang murni komunikasi sentris, ada perangkat yang murni data- sentris, dan sekarang Anda melihat perangkat yang akan jatuh di tengah spektrum”.

Namun, kutipan berikutnya dari artikel SF Chronicle mungkin telah meramalkan DOOM yang tak terhindarkan untuk PDQ. “PDQ adalah penggabungan fantastis dari dua teknologi yang berbeda, tetapi Anda akan kesulitan menemukan seseorang untuk mempertimbangkan solusi yang elegan”, kata Lin (Albert Lin, Abernathy Group). “Untuk menggabungkan keduanya, mereka telah menciptakan perangkat yang berat dan kompleks”.

Aduh, tapi akurat. Tapi itu belum semuanya.

Ingat, JARINGAN, PERANGKAT, APLIKASI. N, D, A

JARINGAN: Artikel Majalah Fortune ini menjelaskan bagaimana kecepatan data yang tersedia dari jaringan nirkabel sekitar tahun 1998 adalah 9,6 dan 14,4 Kilobyte per detik. Artikel CNN lainnya menjelaskan bagaimana operator pada saat itu memberi harga data “per menit” pada “$9,99 untuk 50 menit data pertama dan 39 sen per menit tambahan di luar itu”.

Dari artikel WSJ di atas “$10 per bulan untuk sekitar 50 kilobyte data enam transaksi sehari”. Untuk data 14,4 kbps! Yang mungkin bahkan tidak benar-benar terhubung ke perangkat atau melakukan apa pun berkali-kali, karena konektivitas data masih baru lahir.

PERANGKAT: PDQ berat (lebih dari sembilan ons), besar, layarnya 240×160 piksel monokrom redup, masa pakai baterainya payah. Perangkat lunak sering macet, karena mengintegrasikan perangkat Palm OS dengan telepon digital awal itu sulit Sangat sulit.

Plus, itu sulit dan mahal untuk dibuat, karena rantai pasokan tidak disiapkan untuk perangkat jenis ini. Untuk konsumen, bisnis atau pribadi, perangkat itu mahal untuk dibeli dan layanan data nirkabel mahal dan paling buruk.

Ada tantangan BESAR untuk membuat Operator Nirkabel memahami apa sebenarnya PDQ itu, dan membuat saluran/toko mereka melewati semua kerumitan. Dan bahkan jika operator ingin membeli PDQ, mereka harus menghabiskan persediaan berharga $$$ untuk menyimpan perangkat khusus yang mahal, volume rendah, dan mengalokasikan waktu pelatihan & staf terbatas untuk mengajari staf penjualan untuk menjual PDQ — sepanjang waktu selama menit VOICE mendorong pendapatan operator dan margin kotor.

APLIKASI: PDQ memiliki rangkaian aplikasi PDA berbasis Palm OS dan pihak ke-3, tetapi jaringan, perangkat/tampilan membatasi utilitas perangkat nyata. Misalnya, dari artikel CNN: “Karena browser Web PDQ tidak dapat menampilkan gambar web standar  Anda terpaksa mencoba dan memahami halaman yang dirancang untuk monitor berwarna 15–17 inci”. Atau “karena pesan email terkadang berukuran besar, PDQmail juga menawarkan kemampuan untuk membatasi berapa banyak karakter dari setiap pesan yang akan diunduh”. Ingat…$10 untuk 50 KILOBYTES!

Atau, untuk mengulang penjumlahan sempurna dari Mr. Lin di atas, “berat dan rumit”.

PDQ adalah yang pertama, karena tim manajemen Paul Jacobs dan Qualcomm melakukan lompatan dan meletakkannya di sana. Eksplorasi tidak mudah, dan seringkali tidak indah. Namun, iterasi dan evolusi adalah kekuatan yang kuat.

Pada bulan Desember 1999, Qualcomm menjual divisi ponselnya ke Kyocera Wireless. LoL, di luar semua tantangan di atas, kami sedang membangun ponsel Qulacomm seperti PDQ di La Jolla, California bukan pusat manufaktur berbiaya rendah! Dimensi ini saja adalah biaya R&D/produksi yang setara dengan tombak yang didapat Magellan.

Baca Juga : 5 Ponsel Android terbaik di tahun 2021

Pada tahun 2001 (iPhone dikurangi 6 tahun), Kyocera memperkenalkan Kyocera 6035, yang akan menjadi PDQ v2…yang lebih kecil, lebih ringan, lebih bertenaga…lebih baik…dan langkah lain menuju ponsel di saku dan dompet kita. Setelah itu? Ada Kyocera 7135, bahkan lebih kecil, lebih keren, layar warna, GPS, ulasan WSJ/Walt Mossberg di sini. Dan kemudian tombak.

Ada lebih banyak perjalanan ini, tetapi itu, tentu saja, akan berlanjut di “Bab Tiga”.

jeff. (Penasihat Ocreati)

PS….banyak orang yang membaca ini akan memiliki perspektif mereka sendiri tentang PDQ…dari manajemen produk, teknik, keuangan, penjualan, orang-orang yang benar-benar memiliki PDQ, dan perspektif lainnya. Dari orang-orang Qualcomm saat ini, atau mantan orang-orang Qualcomm seperti saya, orang-orang Carrier, dan perusahaan lain. Ada banyak hal yang ditulis tentang evolusi perangkat oleh jurnalis teknologi dan lainnya dari ‘luar’, tetapi saya ingin menjelaskan apa yang terjadi “dari dalam”.

PDA OS Mobile Phone Terintegrasi Pertama Qualcomm PDQ
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts

Apa itu Palm OS? Palm Software dan Palm OS | www.freewarepalm.com