Ketidakmampuan Palm Os Yang Mengerikan

Info Palm OS
Spread the love

Ketidakmampuan Palm Os Yang Mengerikan – Windows Mobile , Palm OS, Linux , dan Symbian saat ini menggerakkan smartphone dunia. Bagaimana masing-masing ditumpuk dengan OS X Apple di iPhone? Artikel ini menyajikan ikhtisar Palm.

Ketidakmampuan Palm Os Yang Mengerikan

freewarepalm – Produk awal Palm sebenarnya mengikuti lintasan yang sangat mirip dengan Macintosh asli Apple. Perbedaan dalam pilihan yang dibuat di Palm memberikan gambaran menarik tentang skenario “bagaimana jika” dari alam semesta paralel.

Berikut adalah keputusan yang membentuk nasib dinasti Palm, dan mengapa Palm jatuh dari posisinya sebagai kekasih era dotcom yang menikmati masa keemasan kemakmuran untuk menjadi CP/M modern , jauh melewati masa jayanya.

Baca Juga : Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS

Identitas Palm dan OS-nya telah berubah secara dramatis selama dekade terakhir di bawah pengawasan berbagai kelompok dan perusahaan yang berbeda. Palm telah dibeli, diteruskan dari satu perusahaan ke perusahaan berikutnya, dipisahkan, dipecah, digabungkan, dan dikelompokkan kembali, dan Palm OS telah dilisensikan kepada pengembang independen.

Sebaliknya, WinCE telah mempertahankan sejarah yang stabil di dalam Microsoft di bawah manajemen yang sama selama dekade terakhir, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam The Spectacular Failure of WinCE dan Windows Mobile .

Potensi Palm yang Tidak Terpenuhi

Palm menyarankan banyak potensi menggiurkan yang tidak pernah benar-benar tersampaikan. Fitur integrasi telepon di lini Treo terbarunya sangat mengecewakan.

Potensi aplikasi pihak ketiga di Palm sebagian besar telah dikebiri oleh penanganan Palm OS yang tidak kompeten, keterbatasan perangkat keras, dan fungsionalitas sinkronisasi yang hanya berfungsi dengan baik pada hari-hari keberuntungan dalam seminggu.

Kelemahan ini saling memperumit: jumlah Flash dan RAM sistem yang tersedia memperumit fitur sinkronisasi dan pemasangan aplikasi, karena begitu batas memori tercapai, perangkat Palm menolak untuk menyinkronkan.

Pengguna harus secara manual menghapus aplikasi dan database bernama samar dari perangkat untuk memberikan ruang yang cukup. Stabilitas adalah masalah lain yang terkait dengan masalah pengembangan OS dan keterbatasan perangkat keras.

Dalam banyak hal, Palm OS telah menabrak tembok dengan cara yang mirip dengan Apple Mac System 7 di awal 90-an. Masalah di Palm OS berhubungan dengan masalah warisan dari akhir 90-an, seperti masalah Apple dengan Mac terikat pada pertimbangan desain yang dibuat satu dekade sebelumnya. Sama seperti zaman keemasan Mac Klasik di akhir 80-an dan awal 90-an, Palm terjadi di akhir 90-an dan memasuki milenium.

Zaman Keemasan Palm: 1996-2002

Jeff Hawkins, visioner di balik Palm Pilot yang asli, sebelumnya telah memelopori ide-ide dalam komputasi pena di GRiD. Upaya pertamanya untuk merancang PDA untuk pasar konsumen, Casio Zoomer, adalah kegagalan besar, hanya menjual sepersepuluh dari penjualan Newton .

Setelah kegagalan Zoomer yang mengecewakan, Hawkins mendirikan Palm Computing untuk mengembangkan perangkat lunak pihak ketiga untuk perangkat genggam pabrikan lain, termasuk sistem input teks yang disederhanakan Graffiti untuk Newton.

Hawkins juga mulai bekerja pada platform referensi untuk PDA baru, yang ditujukan untuk pasar kelas bawah dan memanfaatkan fitur praktis sederhana untuk konsumen: Palm Pilot.

Hawkins mencari-cari ide untuk menemukan Casio lain yang tertarik untuk membuat alternatif yang lebih murah daripada Newton yang terlalu canggih dari Apple. Produsen modem US Robotics setuju untuk membeli Palm pada tahun 1995 seharga $44 juta dan memasuki bisnis PDA.

Palm Pilots akhirnya mengalahkan penjualan kedua Newton – yang dibatalkan Apple tepat ketika Palm mulai benar-benar lepas landas – dan perangkat WinCE Microsoft, yang bahkan tidak bersaing dengan perangkat Palm OS yang jauh lebih sederhana dan praktis sampai sekitar tahun 2002.

Alih-alih mencoba menawarkan perangkat keras canggih dan konsep pengembangan, Palm Pilot dirancang untuk melakukan tugas-tugas sederhana dengan baik pada perangkat keras berbiaya rendah.

Baca Juga : Review iPhone 13: Semua yang perlu Anda ketahui

Itu menghasilkan produk yang bagus dan populer di sepanjang akhir 90-an, dan memungkinkan Palm mengalami zaman keemasan pengembangan yang hampir tak terbantahkan selama beberapa generasi pertama PDA Palm.

Beruntung bagi Palm, periode ini juga berhubungan dengan gelembung besar pengeluaran teknologi, memberi gadget kutu buku peluang sempurna untuk menjadi populer dan menguntungkan.

Jiwa Telapak Tangan Baru: 1995-1997

Untuk membangun Pilot PDA baru, Palm Computing memilih DragonBall , versi tertanam dari prosesor 68k populer Motorola yang mendukung Macintosh , Amiga, Atari ST, dan Sega Genesis asli.

OS sederhana Palm dirancang di atas kernel multitasking yang dilisensikan dari Kadak , meskipun lisensi Palm tidak mengizinkan dukungan untuk fitur multitaskingnya.

Sejumlah faktor digabungkan untuk membuat Palm Pilot menyerupai desain Macintosh asli Apple:

•itu menggunakan desain perangkat keras yang sangat terintegrasi dan disesuaikan berdasarkan prosesor 68k
•itu menggunakan tampilan monokrom yang sederhana dan praktis daripada mencoba melakukan warna dengan buruk
•itu tidak memiliki fitur sistem operasi yang canggih, dan berfokus pada kegunaan
•itu dirancang untuk menjadi alat praktis, tidak hanya mengesankan para geek dengan potensi teknologi mentah yang tidak dapat digunakan.

US Robotics memperkenalkan Palm Pilot 1000 dan 5000 generasi pertama pada Maret 1996 seharga $300 dan $400, dan diikuti dengan versi Palm Pilot Personal dan Professional yang disempurnakan setahun kemudian.

Dua bulan kemudian, US Robotics dibeli oleh 3Com pada bulan Juni 1997. Para pendiri Palm berharap untuk mengadaptasi platform tersebut ke pasar baru, tetapi 3Com memiliki rencana yang lebih konservatif untuk generasi ketiga Palm III, yang akan dirilis pada tahun 1998.

Dalam satu tahun, Hawkins, Donna Dubinsky , Ed Colligan, dan lainnya dari tim inti Palm meninggalkan 3Com untuk membentuk Handspring, berniat mengembangkan visi mereka sendiri tentang masa depan Palm.

Newton Supernova: 1997-1998

Sebelum tahun 1997, lini Apple’s Newton MessagePad belum pernah melihat pembaruan yang menghancurkan bumi sejak debutnya pada tahun 1993. Namun pada bulan Maret 1997, Apple memperkenalkan lini baru model yang jauh lebih cepat dan lebih baik, termasuk MessagePad 2000 dan eMate 300 , Laptop Newton OS dirancang untuk pasar pendidikan.

Langkah itu menunjukkan Apple tiba-tiba menjadi serius tentang pasar perangkat genggam, setelah tiga tahun prospek masa depan Newton yang tidak jelas.

Model-model baru diumumkan hanya tiga bulan setelah Apple membeli NeXT; dua bulan kemudian, CEO Apple Gil Amelio mengumumkan bahwa Newton akan dipisahkan sebagai perusahaan independen, bernama Newton, Inc.

Newton, Inc. didirikan pada 2 Juli 1997. Seminggu kemudian, Amelio digulingkan oleh dewan direksi Apple, dan Steve Jobs diangkat sebagai CEO sementara Apple. Pada 19 September, Jobs menarik Newton kembali ke Apple.

Dalam email pribadi tentang kepindahan tersebut, Jobs dilaporkan menulis, “Emate memiliki masa depan yang cerah,” dan “penjualan MessagePad saat ini sangat pesat.”

“Jangan khawatir, kami menarik grup ini kembali ke Apple sehingga kami dapat menginvestasikan lebih banyak sumber daya penjualan dan pemasaran ke dalam produk ini, daripada membuang produk ke spin-off kecil yang tidak memiliki sumber daya seperti itu.”

Bulan berikutnya, Apple merilis Newton MessagePad 2100, bersama jajaran G3 PowerBooks dan PowerMacs baru yang disederhanakan, dan toko web online baru .

Apple juga mengumumkan kerugian bersih sebesar $1 miliar untuk tahun fiskal 1997, meskipun itu termasuk $667 juta dalam pengeluaran terkait pembelian NeXT. Apple telah kehilangan $816 juta tahun sebelumnya di bawah Amelio.

Newton eMate termurah adalah $800, dan MessagePad lebih dari $1000. Palm Pilots adalah $300-400; perbedaan harga yang besar itu, bersama dengan format ukuran saku Palm yang jauh lebih kecil dan lebih praktis, membuat Palm Pilot yang konservatif menjadi populer dan membunuh segala harapan untuk kebangkitan pasar massal Newton.

IDC melaporkan bahwa Apple hanya menjual 60.000 MessagePads pada tahun 1996, turun dari 100.000 unit pada tahun pertama. Palm menjual satu juta PDA dalam satu setengah tahun pertama, dan penjualan Palm sedang booming.

Intel juga baru saja mengambil alih bisnis prosesor DEC, termasuk prosesor StrongARM yang digunakan di MessagePads. Ketidakpastian tentang minat Intel untuk melanjutkan pengembangan StrongARM, penjualan unit yang lesu, dan upaya untuk menyederhanakan jajaran produknya, semuanya berkontribusi pada Apple membatalkan pengembangan Newton pada Februari 1998.

Info Palm OS
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts