Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS

Info OS Palm OS Uncategorized
Spread the love

Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS – Palm adalah lini personal digital assistant (PDA) dan ponsel yang dikembangkan oleh Palm, Inc. yang berbasis di California , awalnya bernama Palm Computing, Inc. Perangkat Palm sering dikenang sebagai “komputer genggam pertama yang sangat populer,” yang bertanggung jawab untuk mengantarkan yang smartphone era.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS

freewarepalm – Perangkat Palm pertama, PalmPilot 1000 , dirilis pada tahun 1996 dan terbukti populer. Hal ini menyebabkan pasar yang berkembang untuk perangkat komputasi portabel di mana usaha-usaha sebelumnya seperti Apel ‘s Newton gagal atau orang lain seperti Hewlett-Packard ‘ s 200LX hanya menyajikan target niche market.

Baca Juga : Ulasan Lebih Jauh Tentang Palm Phone

Sebagian besar PDA dan ponsel Palm menjalankan perangkat lunak Palm OS internal yang kemudian juga dilisensikan ke OEM lainnya . Beberapa perangkat berlari pada Microsoft ‘s Windows Mobile . Pada tahun 2009 webOS penerus Palm OS dirilis, pengiriman pertama dengan Palm Pre . Pada tahun 2011 Hewlett-Packard menghentikan merek Palm dan mulai merilis perangkat baru dengan merek HP, tetapi menghentikan perangkat kerasnya pada tahun yang sama.

Pada tahun 2018, sebuah start-up San Francisco bernama Palm dan didukung oleh TCL Corporation (pemilik merek Palm) merilis perangkat baru yang disebut Palm , meskipun pada dasarnya tidak ada hubungannya dengan perangkat Palm asli.

Sejarah

Pengembangan awal

Pilot adalah nama generasi pertama asisten digital pribadi yang diproduksi oleh Palm Computing pada tahun 1996 (saat itu merupakan divisi dari Robotika AS ). Penemu Pilot adalah Jeff Hawkins , Donna Dubinsky , dan Ed Colligan , yang mendirikan Palm Computing pada tahun 1992. Tujuannya ini dari awal perusahaan ini ,merupakan untuk membuat sebuah perangkat lunak pengenalan tulisan tangan, bernama PalmPrint, dan perangkat lunak manajemen informasi pribadi (PIM), bernama PalmOrganizer untuk perangkat Zoomer berbasis PEN/GEOS.

Penelitian mereka meyakinkan mereka, namun, mereka juga bisa membuat perangkat keras yang lebih baik. Sebelum memulai pengembangan Pilot, Hawkins mengatakan dia membawa balok kayu, seukuran Pilot potensial, di sakunya selama seminggu. Palm secara luas dianggap telah mendapat manfaat dari upaya sebelumnya yang terkenal, jika bernasib buruk, untuk membuat platform komputasi genggam yang populer oleh Go Corporation , Tandy , dan Apple Computer ( Newton ).

PalmPilot1000 dan 5000 (1996)

Prototipe untuk Palm Connected Organizer pertama disebut “Palm Taxi”. Pada tahun 1996 Palm merilis PDA generasi pertamanya, PalmPilot 1000 dan 5000 . Setelah penyelesaian di luar pengadilan pada tahun 1998 atas gugatan pelanggaran merek dagang yang diajukan oleh Pilot Pen Corporation , perusahaan tidak lagi menggunakan nama itu, malah menyebut perangkat genggamnya sebagai Palm Connected Organizers atau lebih umum sebagai “Palms” .

Palm pertama, Pilot 1000 dan Pilot 5000 , tidak memiliki port inframerah , lampu latar , atau memori flash , tetapi memiliki port komunikasi serial . Ukuran RAM mereka masing-masing 128 kB dan 512 kB, dan mereka menggunakan Palm OS versi 1. Kemudian, menjadi mungkin untuk memutakhirkan internal Pilot 1000 atau 5000 menjadi RAM internal hingga 1 MB.

Ini dilakukan dengan pembelian modul upgrade yang dijual oleh Palm, dan penggantian beberapa komponen perangkat keras internal. Awalnya, dianggap bahwa semua PDA Palm harus dapat ditingkatkan perangkat kerasnya sampai batas tertentu, tetapi pada akhirnya, kemampuan ini memberi jalan ke slot memori eksternal dan memori flash yang dapat diupgrade firmware setelah seri Palm III.

Generasi berikutnya (1998-2000)

Beberapa Palms berikutnya, PalmPilot Personal dan PalmPilot Professional , memiliki layar dengan lampu latar, tetapi tidak ada port inframerah atau memori flash. Ukuran RAM mereka masing-masing adalah 512 kB dan 1024 kB. Mereka menggunakan versi 2 dari Palm OS.

Baca Juga : Cara Membuka Kunci Ponsel Anda Dengan Semua Operator Utama

Palm III , dan semua Palm berikutnya, tidak memiliki kata “Pilot” dalam namanya karena sengketa merek dagang yang disebutkan sebelumnya. Palm III memiliki port IR , lampu latar , dan memori flash . Yang terakhir memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade Palm OS, atau, dengan beberapa aplikasi eksternal, untuk menyimpan program atau data dalam memori flash.

Itu berjalan pada dua baterai AAA standar . Itu mampu mempertahankan energi yang cukup selama 10-15 menit untuk mencegah kehilangan data selama penggantian baterai. Ini memiliki 2 megabyte memori, besar pada saat itu, dan menggunakan Palm OS 3. (Palm juga memproduksi kartu upgrade untuk seri Pilot, yang membuatnya secara fungsional setara dengan Palm III.)

Sementara itu, dengan Palm Computing yang sekarang menjadi anak perusahaan 3Com , para pendiri merasa mereka tidak memiliki kendali yang cukup atas pengembangan produk Palm. Akibatnya, mereka meninggalkan 3Com dan mendirikan Handspring pada Juni 1998. Ketika mereka meninggalkan Palm, Hawkins mendapatkan lisensi untuk Palm OS untuk Handspring, dan perusahaan tersebut menjadi pemegang lisensi Palm OS pertama. Handspring kemudian memproduksi Handspring Visor , tiruan dari perangkat genggam Palm yang menyertakan slot ekspansi perangkat keras (perangkat Palm awal juga memiliki slot ekspansi perangkat keras, namun ini untuk tujuan peningkatan perangkat, bukan periferal) dan menggunakan perangkat lunak yang sedikit dimodifikasi.

Versi Palm berikutnya menggunakan Palm OS 3.1. Ini termasuk Palm IIIx dengan memori 4 Megabyte, Palm IIIe tanpa memori flash atau slot ekspansi perangkat keras (dan tersedia dengan harga lebih rendah), Palm V dengan memori 2 Megabyte, dan Palm Vx dengan memori 8 Megabyte.

Palm VII memiliki koneksi nirkabel ke beberapa layanan Internet, tetapi koneksi ini hanya berfungsi di Amerika Serikat. Ini menggunakan Palm OS 3.2. Palm IIIc adalah handheld Palm pertama dengan layar berwarna. Ini menggunakan Palm OS 3.5 yang menyediakan alat ekstensif untuk menulis aplikasi warna. Beberapa perangkat genggam yang lebih baru ini, misalnya Palm V, menggunakan baterai isi ulang internal. Belakangan, fitur ini menjadi standar untuk semua Palms.

Handheld Palm hingga tahun 2002 berisi prosesor Motorola DragonBall , bagian dari keluarga Motorola 68000 . Dimulai dengan Palm Tungsten , platform beralih ke arsitektur ARM dengan Texas Instruments , Samsung , dan Intel sebagai pemasok. Karena ARM sebelumnya telah digunakan dalam seri Apple Newton , platform tersebut memiliki investasi yang signifikan dalam aplikasi seluler dan berdaya rendah.

Info Mengenal Lebih Jauh Tentang Palm OS Os OS Palm
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts