PalmSource Membawa BlackBerry Ke Palm OS

Info Palm OS
Spread the love

PalmSource membawa BlackBerry ke Palm OS – PalmSource memulai Seminar Pengembang PalmOS pada hari Selasa dengan mengumumkan bahwa pemegang lisensi PalmOS dapat menggunakan perangkat lunak email nirkabel BlackBerry Research in Motion (RIM) di perangkat genggam dan smartphone PalmOS mereka.

PalmSource Membawa BlackBerry Ke Palm OS

freewarepalm – Perusahaan juga meluncurkan pemegang lisensi dan perangkat pengembang baru selama acara di San Mateo, California. RIM akan membawa perangkat lunak email nirkabel populer ke perangkat Palm melalui program lisensi BlackBerry Connect.

Pengguna dapat mengirim dan menerima email dari perangkat nirkabel dan mengakses data perusahaan dengan perangkat lunak, yang biasanya digabungkan oleh RIM dengan perangkat kerasnya sendiri.

Saat PalmSource bersiap untuk melepaskan diri dari perusahaan induk Palm, PalmSource perlu meningkatkan posisinya di antara pelanggan korporat yang bersedia membayar lebih banyak uang daripada konsumen untuk perangkat genggam yang menghubungkan mereka dengan data perusahaan mereka, kata Alex Slawsby, analis IDC di Framingham, Mass.

Palm baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menunda spin-off PalmSource yang diharapkan sampai setelah kuartal ketiga.

Baca Juga : Mengenal Perangkat Genggam Anda: Palm OS dan Pocket PC

“PalmSource pindah dari pengembang OS yang dijual ke perangkat genggam yang tidak terhubung menjadi perangkat yang memiliki pandangan pada masa depan yang terhubung. Masa depan bukanlah perangkat genggam yang berdiri sendiri,” katanya.

Saingan RIM, Good Technology, baru-baru ini menandatangani perjanjian kerja sama dengan Dell untuk memasarkan perangkat lunak email nirkabel GoodLink kepada pelanggan Dell. Perusahaan juga berencana untuk membawa teknologi nirkabel Good ke perangkat genggam Dell Axim, berdasarkan sistem operasi Pocket PC Microsoft.

“Sinkronisasi over-the-air adalah topik hangat saat ini, dan akan menjadi lebih hangat ketika perusahaan mulai berinvestasi lebih banyak dalam teknologi. Perusahaan-perusahaan ini berebut posisi sampai itu terjadi,” kata Slawsby.

RIM mengumumkan program lisensi BlackBerry Connect di CTIA pada bulan Maret. Salah satu kemitraan pertama dibuat dengan vendor OS smartphone Symbian.

Palmsource, yang berbasis di Sunnyvale, California, membuat beberapa pengumuman lain di acara itu:

– Dua perusahaan baru telah setuju untuk melisensikan Palm OS untuk perangkat genggam. Aceeca, yang berbasis di Christchurch, Selandia Baru, akan menggunakan Palm OS dalam perangkat genggam pengukuran diagnostiknya yang akan datang yang memantau variabel seperti getaran atau suhu dalam pengaturan industri.

Handheld gaming nirkabel baru Tapwave juga akan menggunakan Palm OS saat dirilis pada akhir tahun 2003.

– Pengembang PalmOS memiliki perangkat baru untuk membantu mereka mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi. Fast ARM Solutions Toolkit akan memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi untuk perangkat Palm OS yang berjalan pada prosesor dengan inti yang dikembangkan dan dilisensikan oleh ARM.

Palm’s Tungsten dan Sony’s Clie adalah contoh perangkat yang menjalankan inti prosesor ARM.

– PalmSource juga mengumumkan perjanjian distribusi dengan Cellmania untuk ribuan aplikasi seperti game atau perangkat lunak produktivitas dalam katalog PalmGear.

Cellmania akan memilih aplikasi Palm OS yang dapat diunduh pengguna melalui operator nirkabel, pengecer online, dan situs Web Cellmania, kata perusahaan tersebut.

RIM meningkatkan manajemen BlackBerry, dukungan Palm OS

Versi terbaru dari perangkat lunak BlackBerry Enterprise Server Research In Motion Ltd. akan memudahkan pengguna untuk terhubung ke jaringan perusahaan dan akan meningkatkan keamanan koneksi tersebut, RIM mengatakan Selasa di Wireless Enterprise Symposium di Chicago.

Pengguna korporat berbondong-bondong ke perangkat BlackBerry untuk mengakses server email korporat mereka saat bepergian atau hanya berjalan di sekitar kantor.

Pengiriman perangkat populer tumbuh lebih cepat daripada segmen lain dari pasar perangkat genggam, menurut penelitian terbaru dari Stamford, Gartner Inc. yang berbasis di Conn.

BlackBerry Enterprise Server Versi 4.0 yang baru akan memungkinkan departemen TI untuk menyebarkan perangkat tanpa harus menyinkronkannya dalam cradle dan mengelola kebijakan dan pembaruan selama masa pakai perangkat, kata RIM dalam sebuah rilis.

Keamanan juga akan ditingkatkan dengan adopsi Advanced Encryption Standard (AES). AES adalah teknologi enkripsi 128-bit yang telah ditetapkan oleh Institut Nasional Standar dan Teknologi sebagai pengganti keamanan Standar Enkripsi Data.

“Ini adalah peluncuran yang sudah lama akan datang,” kata Alex Slawsby, seorang analis di perusahaan riset pasar IDC di Framingham, Mass. Perangkat lunak terbaru pesaing RIM Good Technology Inc. mendukung AES dan memungkinkan pembaruan dan profil tanpa dudukan manajemen, fitur utama yang diinginkan manajer TI dalam produk email nirkabel, katanya.

“Jika Anda akan mengelola peluncuran perusahaan besar, itu perlu dirancang untuk pengawasan yang sangat efisien,” kata Slawsby. Di kantor-kantor perusahaan besar yang berjauhan, departemen TI tidak mampu mengirim anggota staf ke setiap pengguna BlackBerry setiap kali perangkat lunak perlu diperbarui, katanya.

Perangkat lunak RIM yang ditingkatkan akan membantu menarik pelanggan yang telah mempertimbangkan Sunnyvale, produk Good Technology yang berbasis di California, kata Slawsby. RIM mendemonstrasikan perangkat lunak pada hari Selasa dan akan membuatnya tersedia akhir tahun ini. Informasi harga tidak segera tersedia.

Email perusahaan juga akan tersedia untuk pengguna Palm OS ketika BlackBerry Connect untuk Palm OS tiba pada paruh kedua tahun ini, kata RIM dan PalmSource Inc yang berbasis di Sunnyvale.

PalmSource dan RIM mengumumkan tahun lalu bahwa mereka akan membawa versi perangkat lunak BlackBerry untuk pengguna Palm OS, dan kedua perusahaan menyelesaikan perjanjian itu Selasa. Pemegang lisensi Palm OS akan dapat menyertakan perangkat lunak email nirkabel pada perangkat genggam akhir tahun ini.

Komunitas Palm OS telah menderita reputasi bahwa perangkat lunak tidak cocok untuk penggunaan perusahaan, kata Slawsby. Perjanjian lisensi PalmSource dengan RIM dan Good Technology akan membantu menantang persepsi itu, katanya.

RIM telah bergerak lebih agresif pada tahun lalu untuk melisensikan perangkat lunaknya ke produsen lain seperti PalmOne Inc. dan Nokia Corp. serta penyedia sistem operasi seperti Microsoft Corp. dan Symbian Ltd.

Dalam jangka panjang, prospek terbaik RIM terletak pada komunitas ponsel pintar saat dunia bermigrasi ke perangkat tersebut, kata Slawsby. Saat ini, Treo 600 PalmOne adalah salah satu perangkat paling populer dalam kelompok itu, tetapi perangkat yang didukung Symbian dan Microsoft memiliki potensi paling besar, tambahnya.

BlackBerry Palm OS PalmSource
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts