Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS

Info Palm OS
Spread the love

Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS – Profil Perangkat Informasi Seluler (MIDP) Sun menawarkan Java API untuk bekerja dengan perangkat seluler, seperti PDA tingkat pemula. Cari tahu cara menambahkan ikon warna khusus dan mengakses font monospace.

Perpanjang MIDP Sun Untuk Palm OS

freewarepalm – Tak lama setelah saya mulai bekerja dengan Mobile Information Device Profile (MIDP) Sun untuk Palm OS, saya melihat dua batasan yang menjengkelkan menambahkan ikon warna dan mengakses font monospace.

Saya akan berbagi solusi saya dengan Anda di sini. Pertama, saya akan menunjukkan cara menggunakan ikon warna khusus untuk aplikasi Anda. Kemudian, saya akan menjelaskan cara mengakses font monospace dari MIDP untuk Palm OS.

Baca Juga : Peluncur Aplikasi Untuk PDA Palm OS

Mendukung ikon warna khusus

Sebagai seorang pengembang, saya tidak peduli apa jenis ikon yang ditampilkan aplikasi saya di desktop perangkat Palm. Tapi itulah yang dikhawatirkan oleh orang-orang pemasaran yang terjaga sepanjang malam. Jadi ketika saya akhirnya menerima ikon warna untuk digunakan dengan aplikasi saya, saya cukup membuka alat Sun untuk membuat PRC dari file JAR MIDP standar saya dan menyuruhnya untuk menggunakan ikon yang diberikan kepada saya. Aku tercengang ketika saya menemukan bahwa file PRC saya telah kembali ke ikon default.

Setelah menelusuri dokumentasi, saya menemukan dengan ngeri mutlak bahwa ikon warna tidak didukung oleh alat pembuatan RRC Sun. Solusi yang saya buat mengharuskan Anda melakukan sedikit pengumpulan untuk mengumpulkan alat yang tepat.

Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal versi demonstrasi Metrowerks CodeWarrior untuk Palm OS ke desktop pengembangan Anda. Selanjutnya, Anda perlu mengunduh dan menginstal RsrcEdit ke perangkat Palm OS yang sama dengan aplikasi MIDP Anda.

Setelah Anda melakukan kedua hal ini, solusinya sendiri cukup sederhana. Pertama, buat aplikasi standar Palm OS, berbasis C menggunakan CodeWarrior. Kemudian, gunakan alat Konstruktor CodeWarrior untuk membuat ikon warna untuk aplikasi ini. Jika Anda tidak terbiasa dengan CodeWarrior, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

Buka grup program CodeWarrior for Palm OS Platform 7.0 pada menu Start Windows.
Pilih CodeWarrior IDE.
Di CodeWarrior IDE, pilih perintah Open dari menu File.
Buka (Contoh CodeWarrior)\Metrowerks Sample Projects untuk Palm OS\Tic-Tac-Toe 1.1\Tic-Tac-Toe.mcp file dari mana pun Anda memilih untuk menginstal CodeWarrior.
Klik dua kali Tic-Tac-Toe.rsrc.
Di bawah Bitmaps, edit ikon berikut:
Ikon Aplikasi (Besar, Warna), seperti yang ditunjukkan pada Gambar B
Ikon Aplikasi (Kecil, Warna)
Tutup Konstruktor.
Pilih Buat dari menu Proyek.
Salin file Tic-Tac-Toe PRC yang dihasilkan ke perangkat Palm OS Anda.

Selanjutnya, muat aplikasi ini dan RsrcEdit ke perangkat Palm OS yang sama dengan aplikasi MIDP Anda. Terakhir, gunakan RsrcEdit untuk menyalin ikon warna dari aplikasi CodeWarrior C Anda dan menempelkannya ke aplikasi MIDP Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Luncurkan RsrcEdit.
Pilih aplikasi CodeWarrior Anda (Tic-Tac-Toe, misalnya) dari daftar drop-down.
Klik Buka.
Pilih tAIB1001 untuk ikon kecil atau tAIB1000 untuk ikon besar.
Klik Buka.
Untuk menyalin ikon Anda, klik tombol Menu Palm; pilih Edit, lalu Salin dari daftar drop-down.

Untuk menempelkan ikon Anda ke dalam aplikasi MIDP, ulangi langkah 1 hingga 5 untuk aplikasi MIDP Anda, tetapi pada langkah 6, pilih Edit, lalu Tempel dari daftar drop-down.
Catatan
Saat Anda membuat ikon baru, Anda juga dapat memilih variasi tingkat dukungan warna (256 warna, 8 juta warna, dll.)

Dukungan penulisan untuk font monospace

Masalah kedua melibatkan tidak adanya dukungan untuk font monospace di bawah MIDP untuk Palm OS. Singkatnya, MIDP untuk Palm OS tidak akan pernah menggunakan font monospace. Jika Anda memintanya untuk menggunakan font monospace, itu akan mengabaikannya secara diam-diam. Alasan untuk ini, menurut Sun, adalah bahwa perangkat Palm OS tidak dikirimkan dengan font monospace tunggal sekalipun.

Untuk mengatasi keterbatasan ini, Anda harus, sekali lagi, memulai dengan sedikit ekspedisi pengumpulan di Internet. Pertama, unduh program FontHack123 Sergey Menshikov yang luar biasa . Selanjutnya, temukan beberapa font monospace untuk Palm OS yang Anda sukai dan unduh. Contoh yang bagus (jika Anda tidak ingin mencari sendiri) adalah font Midget-Mono XSdalam koleksi Font Alfa. Terakhir, unzip semuanya dan instal X-Master (dari paket FontHack123), FontHack123, dan font khusus Anda semua ke perangkat yang sama dengan aplikasi MIDP Anda.

Baca Juga : Tanggal Rilis Google Pixel 6, Harga, Chip Tensor, dan Spesifikasi

Dengan menggunakan antarmuka yang disediakan pada layar berikutnya, Anda dapat memaksa aplikasi apa pun untuk menggunakan font pilihan Anda. Jadi tergantung pada seberapa besar Anda menyukai font kustom baru Anda, Anda dapat mengaitkannya dengan:

Semua, untuk memaksa setiap aplikasi di perangkat Anda menggunakan font baru Anda.
Java HQ,  untuk memaksa setiap aplikasi MIDP menggunakan font baru Anda.
Hanya aplikasi kustom Anda.

Setelah Anda membuat asosiasi ini dan keluar dari X-Master, jalankan aplikasi kustom Anda. Anda akan melihat bahwa semua yang ada di dalamnya sekarang menggunakan font monospace kustom Anda. Sayangnya, ini adalah proposisi semua-atau-tidak sama sekali, tetapi ini adalah solusi terbaik yang tersedia saat ini untuk batasan ini di MIDP untuk Palm OS.

Info Palm OS
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts