Sejarah Awal Perangkat lunak antivirus

Blog Info Tips
Spread the love

www.freewarepalm.comSejarah Awal Perangkat lunak antivirus. Perangkat lunak antivirus, atau perangkat lunak anti-virus (disingkat perangkat lunak AV), juga dikenal sebagai anti-malware, adalah program komputer yang digunakan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus malware.

Perangkat lunak antivirus pada awal mulanya dibesarkan buat mengetahui serta menghilangkan virus pc, cocok dengan namanya. Tetapi, dengan bertumbuhnya malware tipe lain, fitur lunak antivirus mulai membagikan proteksi dari bahaya pc yang lain. Dengan cara spesial, fitur lunak antivirus modern bisa mencegah konsumen dari: subjek pembantu browser beresiko( BHO), pembajak browser, ransomware, keylogger, pintu balik, rootkit, trojan horse, worm, LSP beresiko, dialer, perlengkapan pembohongan, adware, serta spyware.

Sebagian produk pula melibatkan proteksi dari bahaya pc lain, semacam URL yang terkena serta beresiko, spam, serbuan scam serta phishing, bukti diri online( pribadi), serbuan perbankan online, metode rekayasa sosial, bahaya berkanjang tingkatan lanjut( APT), serta serbuan botnet DDoS.

Sejarah

Periode 1949–1980 (masa pra-antivirus)

Meskipun akar dari virus komputer sudah ada sejak tahun 1949, ketika ilmuwan Hongaria John von Neumann menerbitkan “Theory of self-reproducing automata”, virus komputer pertama yang diketahui muncul pada tahun 1971 dan dijuluki “virus Creeper”. Virus komputer ini menginfeksi komputer mainframe PDP-10 Digital Equipment Corporation (DEC) yang menjalankan sistem operasi TENEX.

Virus Creeper akhirnya dihapus oleh program yang dibuat oleh Ray Tomlinson dan dikenal sebagai “The Reaper”. Beberapa orang menganggap “The Reaper” sebagai perangkat lunak antivirus pertama yang pernah ditulis – mungkin memang demikian, tetapi penting untuk dicatat bahwa Reaper sebenarnya adalah virus itu sendiri yang secara khusus dirancang untuk menghapus virus Creeper.

Virus Creeper diikuti oleh beberapa virus lainnya. Yang pertama diketahui yang muncul “di alam liar” adalah “Elk Cloner”, pada tahun 1981, yang menginfeksi komputer Apple II.

Pada tahun 1983, istilah “virus komputer” diciptakan oleh Fred Cohen dalam salah satu makalah akademis pertama yang diterbitkan tentang virus komputer. Cohen menggunakan istilah “virus komputer” untuk mendeskripsikan program yang: “memengaruhi program komputer lain dengan memodifikasinya sedemikian rupa sehingga menyertakan salinan dirinya (yang mungkin telah berevolusi).” (perhatikan bahwa definisi virus komputer yang lebih baru dan tepat telah diberikan oleh peneliti keamanan Hongaria Péter Szőr: “sebuah kode yang secara rekursif mereplikasi salinan dirinya yang mungkin berevolusi”).

Virus pc IBM Komputer awal yang cocok” di alam buas”, serta salah satu peradangan awal yang terhambur besar, merupakan” Brain” pada tahun 1986. Semenjak dikala itu, jumlah virus sudah berkembang dengan cara eksponensial. Beberapa besar virus pc yang ditulis pada dini serta medio 1980- an terbatas pada pembiakan diri serta tidak mempunyai kehancuran teratur spesial yang dimasukkan ke dalam isyarat. Itu berganti kala terus menjadi banyak pemrogram berteman dengan pemrograman virus pc serta menghasilkan virus yang memalsukan ataupun apalagi memusnahkan informasi pada pc yang terkena.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Aplikasi Software

Saat sebelum konektivitas internet terhambur besar, virus pc umumnya disebarkan oleh floppy disk yang terkena. Fitur lunak antivirus mulai dipakai, namun relatif tidak sering diperbarui. Sepanjang durasi ini, interogator virus pada dasarnya wajib mengecek file yang bisa dijalani serta zona boot dari floppy disk serta hard disk. Tetapi, bersamaan pemakaian internet jadi biasa, virus mulai menabur dengan cara online.

Periode 1980–1990 (masa awal)

Terdapat kompetisi klaim buat inovator produk antivirus awal. Mungkin, penghapusan virus pc” di alam buas” awal yang didokumentasikan dengan cara khalayak( ialah” virus Wina”) dicoba oleh Bernd Fix pada tahun 1987.

Pada tahun 1987, Andreas Lüning dan Kai Figge, yang mendirikan G Data Software pada tahun 1985, merilis produk antivirus pertama mereka untuk platform Atari ST. Pada tahun 1987, Ultimate Virus Killer (UVK) juga dirilis. Ini adalah pembunuh virus standar industri de facto untuk Atari ST dan Atari Falcon, versi terakhirnya (versi 9.0) dirilis pada bulan April 2004. Pada tahun 1987, di Amerika Serikat, John McAfee mendirikan perusahaan McAfee (adalah bagian dari Intel Security) dan, pada akhir tahun itu, dia merilis versi pertama VirusScan. Juga pada tahun 1987 (di Cekoslowakia), Peter Paško, Rudolf Hrubý, dan Miroslav Trnka membuat versi pertama dari NOD antivirus.

Pada tahun 1987, Fred Cohen menulis kalau tidak terdapat algoritma yang bisa dengan sempurna mengetahui seluruh mungkin virus pc.

Akhirnya, pada akhir tahun 1987, dua utilitas antivirus heuristik pertama dirilis: Flushot Plus oleh Ross Greenberg dan Anti4us oleh Erwin Lanting. Dalam bukunya O’Reilly, Malicious Mobile Code: Virus Protection for Windows, Roger Grimes menggambarkan Flushot Plus sebagai “program holistik pertama untuk melawan kode seluler berbahaya (MMC).”

Tetapi, tipe heuristik yang dipakai oleh mesin AV dini serupa sekali berlainan dari yang dipakai dikala ini. Produk awal dengan mesin heuristik yang menyamai yang modern merupakan F- PROT pada tahun 1991. Mesin heuristik dini didasarkan pada penjatahan biner di bagian yang berlainan: bagian informasi, bagian isyarat( dalam biner yang legal, umumnya senantiasa diawali dari posisi yang serupa).

Memanglah, virus dini menata balik aturan posisi bagian, ataupun mengenai bagian dini buat melompat ke bagian sangat akhir dari file tempat isyarat beresiko terletak— cuma kembali buat meneruskan eksekusi isyarat asli. Ini merupakan pola yang amat khusus, tidak dipakai pada dikala itu oleh fitur lunak yang legal, yang merepresentasikan heuristik yang elok buat membekuk isyarat yang menyangsikan. Tipe lain dari heuristik tingkatan lanjut setelah itu ditambahkan, semacam julukan bagian yang menyangsikan, dimensi header yang salah, mimik muka reguler, serta pola parsial dalam ingatan yang sesuai.

Pada tahun 1988, pertumbuhan perusahaan antivirus terus berlanjut. Di Jerman, Tjark Auerbach mendirikan Avira (H + BEDV pada saat itu) dan merilis AntiVir versi pertama (bernama “Luke Filewalker” pada saat itu). Di Bulgaria, Vesselin Bontchev merilis program antivirus freeware pertamanya (ia kemudian bergabung dengan FRISK Software). Juga Frans Veldman merilis versi pertama dari ThunderByte Antivirus, juga dikenal sebagai TBAV (dia menjual perusahaannya ke Norman Safeground pada tahun 1998).

Di Cekoslowakia, Pavel Baudiš serta Eduard Kučera mengawali avast!( pada dikala itu ALWIL Aplikasi) serta mengeluarkan tipe awal dari avast! kontra Virus. Pada bulan Juni 1988, di Korea Selatan, Ahn Cheol- Soo mengeluarkan fitur lunak antivirus pertamanya, yang diucap V1( beliau mendirikan AhnLab setelah itu pada tahun 1995). Kesimpulannya, pada Masa Gugur 1988, di Inggris, Alan Solomon mendirikan S&S International serta menghasilkan Fitur Anti- Virus Dokter. Solomon( walaupun beliau meluncurkannya dengan cara menguntungkan cuma pada tahun 1991- pada tahun 1998 industri Solomon dimerger oleh McAfee).

Pada November 1988, seseorang guru besar di Universitas Panamerican di Mexico City bernama Alejandro E. Carriles mempunyai hak membuat fitur lunak antivirus awal di Meksiko dengan julukan” Byte Matabichos”( Byte Bugkiller) buat menolong menanggulangi serbuan virus yang menggila di golongan siswa.

Pula pada tahun 1988, milis bernama VIRUS- L diawali di jaringan BITNET atau EARN di mana virus terkini serta mungkin mengetahui serta melenyapkan virus diulas. Sebagian badan milis ini merupakan: Alan Solomon, Eugene Kaspersky( Lab Kaspersky), Friðrik Skúlason( FRISK Aplikasi), John McAfee( McAfee), Luis Corrons( Panda Security), Mikko Hyppönen( F- Secure), Péter Szőr, Tjark Auerbach( Avira) serta Vesselin Bontchev( FRISK Aplikasi).

Pada tahun 1989, di Islandia, Friðrik Skúlason membuat tipe awal F- PROT Anti- Virus( beliau mendirikan Fitur Lunak FRISK cuma pada tahun 1993). Sedangkan itu, di Amerika Sindikat, Symantec( dibuat oleh Gary Hendrix pada tahun 1982) meluncurkan antivirus Symantec awal buat Macintosh( SAM). SAM 2. 0, diluncurkan Maret 1990, mencampurkan teknologi yang membolehkan konsumen menginovasi SAM dengan gampang buat mencegat serta melenyapkan virus terkini, tercantum banyak virus yang tidak terdapat pada dikala program diluncurkan.

Pada akhir 1980-an, di Inggris Raya, Jan Hruska dan Peter Lammer mendirikan perusahaan keamanan Sophos dan mulai memproduksi produk antivirus dan enkripsi pertama mereka. Pada periode yang sama, di Hungaria, juga didirikan VirusBuster (yang baru-baru ini didirikan oleh Sophos).

Periode 1990–2000 (munculnya industri antivirus)

Pada tahun 1990, di Spanyol, Mikel Urizarbarrena mendirikan Panda Security (Panda Software pada saat itu). Di Hongaria, peneliti keamanan Péter Szőr merilis versi pertama antivirus Pasteur. Di Italia, Gianfranco Tonello membuat versi pertama dari VirIT eXplorer antivirus, kemudian mendirikan TG Soft satu tahun kemudian.

Pada tahun 1990, Computer Antivirus Research Organisation( CARO) dibuat. Pada tahun 1991, CARO mengeluarkan” Desain Penjulukan Virus”, aslinya ditulis oleh Friðrik Skúlason serta Vesselin Bontchev. Walaupun desain penjulukan ini saat ini telah tertinggal era, itu senantiasa salah satunya standar yang terdapat yang sempat coba diadopsi oleh beberapa besar industri keamanan pc serta periset.

Pada tahun 1991, di Amerika Serikat, Symantec merilis versi pertama Norton AntiVirus. Pada tahun yang sama, di Republik Ceko, Jan Gritzbach dan Tomáš Hofer mendirikan AVG Technologies (pada saat itu Grisoft), meskipun mereka merilis versi pertama Anti-Virus Guard (AVG) mereka hanya pada tahun 1992. Di sisi lain, dalam Finlandia, F-Secure (didirikan pada 1988 oleh Petri Allas dan Risto Siilasmaa – dengan nama Data Fellows) merilis versi pertama dari produk antivirus mereka. F-Secure mengklaim sebagai perusahaan antivirus pertama yang hadir di World Wide Web.

Pada tahun 1991, Institut Eropa untuk Penelitian Antivirus Komputer (EICAR) didirikan untuk penelitian antivirus lebih lanjut dan meningkatkan pengembangan perangkat lunak antivirus.

Pada tahun 1992, di Rusia, Igor Danilov merilis versi pertama SpiderWeb, yang kemudian menjadi Dr. Web.

Pada tahun 1994, AV- TEST memberi tahu kalau terdapat 28. 613 ilustrasi malware istimewa( bersumber pada MD5) di database mereka.

Seiring waktu, perusahaan lain didirikan. Pada tahun 1996, di Rumania, Bitdefender didirikan dan merilis versi pertama dari Anti-Virus eXpert (AVX). Pada tahun 1997, di Rusia, Eugene Kaspersky dan Natalya Kaspersky mendirikan firma keamanan Kaspersky Lab.

Pada tahun 1996, ada juga virus Linux “di alam liar” yang pertama, yang dikenal sebagai “Staog”.

Pada tahun 1999, AV-TEST melaporkan bahwa ada 98.428 sampel malware unik (berdasarkan MD5) di database mereka.

Periode 2000–2005

Pada tahun 2000, Rainer Link dan Howard Fuhs memulai mesin antivirus open source pertama, yang disebut Proyek OpenAntivirus. Pada tahun 2001, Tomasz Kojm merilis versi pertama ClamAV, mesin antivirus open source pertama yang dikomersialkan. Pada tahun 2007, ClamAV dibeli oleh Sourcefire, yang kemudian diakuisisi oleh Cisco Systems pada tahun 2013.

Baca Juga: Asisten digital pribadi Palm OS

Pada tahun 2002, di Inggris Raya, Morten Lund dan Theis Søndergaard mendirikan perusahaan antivirus BullGuard. Pada tahun 2005, AV-TEST melaporkan bahwa terdapat 333.425 sampel malware unik (berdasarkan MD5) di database mereka.

Periode 2005–2014

Pada tahun 2007, AV- TEST memberi tahu beberapa 5. 490. 960 ilustrasi malware istimewa terkini( bersumber pada MD5) cuma buat tahun itu. Pada tahun 2012 serta 2013, industri antivirus memberi tahu ilustrasi malware terkini berkisar dari 300. 000 sampai lebih dari 500. 000 per hari.

Selama bertahun-tahun, perangkat lunak antivirus perlu menggunakan beberapa strategi yang berbeda (mis. Perlindungan email dan jaringan tertentu atau modul tingkat rendah) dan algoritme pendeteksian, serta untuk memeriksa semakin banyak variasi file, bukan hanya file yang dapat dijalankan, karena beberapa alasan :

Besar andal yang dipakai dalam aplikasi pengolah tutur, semacam Microsoft Word, memperkenalkan resiko. Pengarang virus bisa memakai besar buat menulis virus yang tertancap di dalam akta. Ini berarti kalau pc saat ini pula bisa beresiko terkena dengan membuka akta dengan besar tersemat yang tersembunyi.

Mungkin mencocokkan subjek yang bisa dieksekusi di dalam bentuk file yang tidak bisa dieksekusi bisa membuat membuka file- file itu beresiko.

Program email berikutnya, spesialnya Outlook Express serta Outlook Microsoft, rentan kepada virus yang tertancap di tubuh email itu sendiri. Pc konsumen bisa terkena cuma dengan membuka ataupun memandang pratinjau catatan.

Pada tahun 2005, F-Secure adalah perusahaan keamanan pertama yang mengembangkan teknologi Anti-Rootkit, yang disebut BlackLight.

Sebab beberapa besar konsumen umumnya tersambung ke Internet dengan cara lalu menembus, Jon Oberheide awal kali menganjurkan konsep antivirus berplatform Cloud pada tahun 2008.

Pada bulan Februari 2008 McAfee Labs menambahkan fungsionalitas anti-malware berbasis cloud pertama di industri ke VirusScan dengan nama Artemis. Itu diuji oleh AV-Comparatives pada Februari 2008 dan secara resmi diluncurkan pada Agustus 2008 di McAfee VirusScan.

Cloud AV menghasilkan permasalahan buat pengetesan komparatif fitur lunak keamanan- bagian dari arti AV terletak di luar kontrol pengetes( pada server industri AV yang lalu diperbarui) alhasil membuat hasil tidak bisa diulang. Hasilnya, Badan Standar Pengetesan Anti- Malware( AMTSO) mulai melakukan tata cara pengetesan produk cloud yang diadopsi pada 7 Mei 2009.

Pada tahun 2011, AVG memperkenalkan layanan cloud serupa, yang disebut Teknologi Awan Pelindung.

2014 – sekarang (kebangkitan generasi berikutnya)

Menyusul rilis 2013 laporan APT 1 dari Mandiant, industri telah melihat pergeseran menuju pendekatan tanpa tanda tangan untuk masalah yang mampu mendeteksi dan mengurangi serangan zero-day.

Bermacam pendekatan buat menanggulangi wujud bahaya terkini ini sudah timbul, tercantum penemuan sikap, intelek ciptaan, penataran mesin, serta peledakan file berplatform cloud. Bagi Gartner, dengan timbulnya pendatang terkini semacam Carbon Black, Cylance, serta Crowdstrike, diharapkan hendak bawa pemeran lama EPP ke tahap terkini dalam inovasi serta pemerolehan.

Salah satu tata cara dari Bromium mengaitkan mikro- virtualisasi buat mencegah desktop dari eksekusi isyarat beresiko yang dicoba oleh konsumen akhir. Pendekatan lain dari SentinelOne serta Carbon Black berpusat pada penemuan sikap dengan membuat kondisi komplit di dekat tiap rute eksekusi cara dengan cara real time, sedangkan Cylance menggunakan bentuk intelek ciptaan bersumber pada penataran mesin.

Terus menjadi banyak, pendekatan tanpa ciri tangan ini sudah didefinisikan oleh alat serta industri analis selaku antivirus” angkatan selanjutnya” serta memandang mengangkat pasar yang kilat selaku teknologi pengganti antivirus bersertifikat oleh industri semacam Coalfire serta DirectDefense.

Selaku asumsi, vendor antivirus konvensional semacam Tren Micro, Symantec serta Sophos sudah menjawab dengan memasukkan ijab” angkatan selanjutnya” ke dalam portofolio mereka sebab perusahaan analis semacam Forrester serta Gartner mengatakan antivirus berplatform ciri tangan konvensional” tidak efisien” serta” lusuh”.

Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts

Apa itu Palm OS? Palm Software dan Palm OS | www.freewarepalm.com