Akses Platform Linux Dan Masa Depan Palm OS

Info Palm OS
Spread the love

Akses Platform Linux Dan Masa Depan Palm OS – Komunitas Linux adalah audiens penting untuk Access/PalmSource saat ini salah satu tujuan pertama Access adalah menjadikan Linux selulernya sebagai versi pilihan di antara komunitas Linux. Dukungan mereka akan membantu memenangkan pemegang lisensi.

Akses Platform Linux Dan Masa Depan Palm OS

freewarepalm – Untuk membantu mewujudkannya, Access telah merilis beberapa kode Palm OS ke komunitas open source, dan telah berjanji untuk memasukkan beberapa teknologi standar Linux ke dalam OS baru.

Reaksi di Slashdot tidak meyakinkan, tetapi ada artikel yang sangat mendukung di Ars Technica. Ia mengatakan dengan tepat banyak hal yang ingin Anda dengar dari komunitas Linux. (Jika Anda tidak tahu Ars Technica, ini adalah tempat nongkrong yang sangat bagus untuk para technophiles. Ars Technica sering memposting analisis yang jauh lebih menyeluruh daripada kebanyakan situs web lain, jadi ini adalah sumber yang sangat berguna.)

Baca Juga : Mengenal Palm Vintage dan Windows Mobile 

Ada juga suara-suara yang menggembirakan dari bagian komunitas pengembang Palm OS. David Beers menulis komentar yang bagus. David adalah pengembang Palm OS terkemuka, dan meskipun dia ingin platform ini berhasil, dia sama sekali bukan fanboy. Saya yakin Access ingin mempertahankan sebanyak mungkin pengembang Palm OS, jadi postingan seperti ini sangat menggembirakan.

Menganalisis kutipan

Salah satu elemen tradisional dalam siaran pers pra-pengumuman adalah bagian kutipan, di mana Anda mendapatkan semua kutipan kaku dari berbagai vendor sekutu. Biasanya terbaca sedikit seperti propaganda Soviet lama dan seperti propaganda, Anda belajar lebih banyak dengan membaca yang tersirat daripada yang Anda lakukan dari kutipan yang sebenarnya.

Permainan ini bekerja seperti ini: Perusahaan yang mengeluarkan siaran pers menginginkan kutipan dari sebanyak mungkin perusahaan terkemuka, dan ingin bahasa yang mendukung dan sespesifik mungkin. Orang-orang yang memberikan kutipan biasanya tidak ingin membuat terlalu banyak janji spesifik, dan sering kali lebih tertarik untuk mempromosikan produk mereka sendiri daripada mengatakan sesuatu yang baik tentang topik siaran pers yang sebenarnya.

Biasanya orang-orang pengembangan bisnis menghabiskan banyak waktu untuk menegosiasikan hal-hal ini, hingga ke detail kecil dari kutipan.

Performa Access dalam game quotes beragam. Bagian kutipan dimulai dengan dukungan yang berguna dari LIPS dan OSDL, keduanya adalah organisasi Linux. Saya pikir penempatan kutipan ini di depan menunjukkan betapa pentingnya Access pada komunitas Linux. LIPS (Forum Standar Telepon Linux) terdiri dari France Telecom ditambah sekelompok perusahaan infrastruktur Linux dan telepon.

OSDL (Open Source Development Labs) adalah rumah bagi Linus Torvalds dan menyebut dirinya sebagai pusat komunitas Linux. Anggota pendiri OSDL termasuk IBM, Intel, NEC, dan HP, sehingga memiliki banyak bobot. Kutipan OSDL membantu melegitimasi Access di komunitas Linux (saya agak terkejut Access menempatkan kutipannya di urutan kedua dalam daftar).

Wind River juga dikutip, yang bagus karena Anda ingin OS bekerja dengan distribusi standar Linux. Dan saya sangat senang melihat kutipan dari dua operator seluler, NTT DoCoMo di Jepang dan Telefonica di Eropa. Itu sangat penting karena mereka memberi sinyal kepada perusahaan handset bahwa ada pasar untuk perangkat berbasis perangkat lunak ini.

Ada juga kutipan dari beberapa produsen komponen ponsel – Freescale (sebelumnya Motorola Semiconductor), Intel, Samsung Semiconductor (sayangnya bukan grup ponsel), tim semikonduktor NEC, dan Texas Instruments. Meskipun banyak kutipan yang sangat tidak mengikat (pada dasarnya mengatakan “kami menyukai apa pun yang melibatkan Linux, dan kami mendengar Access menggunakan Linux”), kutipan dari perusahaan seperti ini sangat membantu karena mereka meyakinkan calon pemegang lisensi bahwa banyak komponen akan tersedia untuk telepon berbasis perangkat lunak.

Baca Juga : Review Vivo X70 Pro Plus Android Dengan Spesifikasi Tinggi

Dan ada kutipan dari Motricity (perusahaan induk dari distributor perangkat lunak PalmGear). Ini terasa aneh bagi saya karena Motircity tidak terlibat langsung dalam pengembangan OS. Saya menafsirkan kutipan tersebut sebagai tanda bahwa Access sedang mencoba mengumpulkan kutipan mitra sebanyak mungkin.

Siapa yang hilang?

Ada beberapa kelalaian mencolok dari daftar kutipan. Sebelum saya masuk ke detailnya, saya ingin mengakui bahwa mudah untuk membaca terlalu banyak tentang tidak adanya perusahaan tertentu dari daftar kutipan. Terkadang ada penjelasan yang tidak bersalah pengacara mereka tidak menyukai kutipan itu, atau seorang eksekutif yang perlu menyetujuinya sedang berlibur. Tapi tetap saja, beberapa hal menonjol bagi saya

Yang pertama adalah tidak adanya operator lain. Oranye di Inggris secara historis menjadi pendukung Treo yang kuat, dan dimiliki oleh France Telecom, yang merupakan anggota LIPS. Jadi saya cukup terkejut bahwa tidak ada kutipan Orange. Yang lebih mengejutkan adalah tidak adanya operator AS. T-Mobile belum pernah hangat untuk Palm OS, dan Verizon sangat konservatif, jadi saya tidak khawatir bahwa mereka tidak dikutip. Tapi di mana sih Sprint, juara asli Treo? Dan dimana Cingular, yang akhir-akhir ini menjadi salah satu endorser Treo terbesar? Saya pikir ketidakhadiran mereka bukanlah pertanda baik.

Itu juga mengecewakan bahwa tak satu pun dari operator telepon utama Cina dikutip. Sebagian besar pekerjaan pengembangan di Access Linux sedang dilakukan di Cina, dan negara ini gila untuk Linux, jadi Anda akan berpikir setidaknya salah satu operator akan bersedia untuk mengatakan sesuatu yang positif tentang OS.

Tidak ada kutipan dari Monta Vista. Itu agak menakutkan, karena MontaVista dan PalmSource telah mengumumkan rencana untuk bekerja sama pada Agustus lalu . Saya kira hubungan itu tidak berjalan dengan baik. Saya juga kecewa tidak melihat kutipan dari CE Linux Forum , sebuah konsorsium Linux tertanam yang mencakup sejumlah perusahaan elektronik konsumen besar. Access dan PalmSource sama-sama anggota, jadi menurut Anda mereka bisa mendapatkan semacam penawaran.

Tapi pertanyaan terbesar saya adalah, di mana pemegang lisensi? Di mana Samsung, LG, GSPDA, Garmin, Simbol? Dimana Palm? Mengingat semua pekerjaan yang telah dilakukan Palm untuk meyakinkan pelanggan yang menggunakan Palm OS, saya sangat terkejut bahwa tidak ada kutipan dari mereka dalam siaran pers. Ada kemungkinan bahwa pemegang lisensi tidak ingin mengisyaratkan pra-pengumuman produk masa depan, karena itu dapat merusak penjualan mereka saat ini. Tapi saya bertanya-tanya apakah mungkin juga ada masalah bisnis.

Pengumuman Access mengatakan bahwa platform Linux baru akan tersedia untuk pemegang lisensi sebagai SDK (perangkat pengembangan perangkat lunak) pada akhir tahun. Anda menggunakan SDK untuk menulis aplikasi, tetapi Anda memerlukan PDK (kit pengembangan produk) untuk benar-benar mengembangkan perangkat. Sejauh yang saya tahu, Access bahkan belum memberikan tanggal publik untuk PDK, selain mengatakan bahwa itu akan terjadi setelah SDK.

Kecuali jika ada semacam rilis pra-ketersediaan khusus untuk pemegang lisensi tertentu, atau Access mengurungkan tanggalnya, kita akan melihat landasan yang sangat panjang hingga perangkat dirilis dengan OS baru. Palm biasanya membutuhkan waktu satu tahun atau lebih untuk membangun OS menjadi perangkat baru (kebanyakan penundaan adalah karena mereka harus mengerjakan ulang aplikasi PIM milik mereka untuk dijalankan dengan OS baru). Itu mungkin berarti Anda akan

Itu bukan bencana yang mengancam jiwa untuk Access, karena mereka memiliki kantong yang dalam dan dapat meluangkan waktu untuk mendapatkan produk dengan benar. Tapi saya pikir itu mungkin masalah bisnis yang sangat signifikan bagi Palm. Sebagian besar operator sekarang sedang melakukan migrasi ke 3G.

Bahkan enam bulan lalu, mereka sangat enggan mempertimbangkan untuk menambahkan produk non-3G ke lini produk smartphone mereka. Ada rumor yang kuatdari Treo 700p, berjalan di jaringan EVDO 3G Sprint, untuk dikirimkan musim panas ini. Saya dapat melihat itu terjadi karena Palm secara tradisional melakukan pekerjaannya sendiri untuk mengadaptasi Palm OS ke jaringan Sprint dan Verizon.

Tapi saya tidak tahu apakah Palm memiliki kemampuan untuk mengadaptasi versi Palm OS saat ini untuk bekerja dengan standar UMTS 3G yang digunakan oleh operator GSM dunia. Jika tidak, Palm mungkin tidak dapat mengirimkan Treo yang kompatibel dengan Palm OS pada jaringan 3G GSM hingga akhir tahun 2007. Hal itu akan berdampak besar pada potensi penjualan Treo di Eropa, Afrika, sebagian Asia, dan sebagian AS.

Beberapa orang berspekulasi secara online bahwa Palm mungkin berencana untuk pindah sepenuhnya ke Windows Mobile. Saya ragu itu maksud mereka, tetapi mengingat permintaan yang kuat untuk 3G di antara operator GSM, Palm mungkin tidak punya pilihan selain menempatkan lebih banyak investasi terhadap Windows Mobile, karena saat ini kompatibel dengan UMTS.

Itu sebabnya diamnya Palm pada OS baru membuat saya khawatir.

Jadi saya akhirnya merasa bahwa pengumuman itu campur aduk. Sepertinya Access sedang merakit produk Linux seluler yang kredibel (jika rumit). Mengingat dukungan dari Telefonica dan terutama NTT DoCoMo, saya pikir itu memiliki peluang untuk mendapatkan beberapa kemenangan desain. Tapi saya sangat khawatir tentang situasi dengan Palm dan operator AS.

Info Palm OS
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts