Mempelajari Lebih Jauh Pemrograman Palm OS

Info Palm OS
Spread the love

Mempelajari Lebih Jauh Pemrograman Palm OS – Pelajari lebih lanjut tentang mengembangkan perangkat lunak untuk komputer genggam populer yang kompatibel dengan Palm.

Mempelajari Lebih Jauh Pemrograman Palm OS

freewarepalm – Artikel ini memberikan informasi tentang bagaimana Anda dapat memulai, dengan melihat beberapa alat pengembangan Palm yang lebih populer yang tersedia.

Komputer genggam menjadi semakin umum, dan seiring dengan meningkatnya popularitasnya, mereka juga menjadi lebih kuat. Pengembangan untuk platform Palm standar saat ini agak mirip dengan pengembangan untuk sistem desktop. Namun, ada cukup banyak perbedaan untuk membuat tugas ini sulit bagi mereka yang tidak siap.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa perbedaan ini dan membahas secara singkat beberapa alat populer yang tersedia untuk mengembangkan aplikasi untuk Palm OS.

Baca Juga : Treo Clouds Masa Depan Palm OS

Palms saat ini kira-kira sama kuatnya dengan komputer desktop dari 15 tahun yang lalu yang, secara relatif, tidak terlalu kuat sama sekali. Model top-of-the-line memiliki penyimpanan 8 MB sebagian besar memiliki lebih sedikit.

Kecepatan CPU tipikal adalah 16 MHz dan segmen kode terbesar dan ukuran alokasi memori adalah 32 KB. Aplikasi dan datanya biasanya dibatasi hingga ukuran maksimum 1 MB. Namun terlepas dari batasan kejam seperti itu, pengguna telah mengharapkan aplikasi yang cepat, responsif, dan waktu tunggu yang minimal untuk diproses.

Semua ini berarti bahwa aplikasi Palm harus kecil, cepat, dan ringan. Pemrogram harus selalu menyadari penggunaan memori aplikasi mereka dan menggunakan variabel sekecil mungkin. Ini juga berarti bahwa perbedaan kinerja yang sangat kecil antara konstruksi pemrograman loop For versus loop While, misalnya tiba-tiba bisa menjadi sangat penting.

Pada prinsipnya, pemrograman Palm OS mirip dengan pemrograman modern lainnya, sistem operasi berjendela. OS berkomunikasi dengan aplikasi melalui model kejadian yang disederhanakan, mengelola alokasi memori, dan menukar aplikasi masuk dan keluar dari ruang eksekusi saat mereka menjadi aktif atau tidak aktif. API sistem diekspos sebagai kumpulan C Library yang dimuat ke dalam ruang alamat aplikasi.

Pertimbangan antarmuka pengguna

Antarmuka pengguna aplikasi Palm OS dibangun dari seperangkat widget standar: tombol, kotak edit, kotak daftar, menu, dan sebagainya. Meskipun ini berarti bahwa pedoman UI akal sehat yang sama untuk desktop biasanya berlaku untuk aplikasi genggam, beberapa pertimbangan khusus memang ada:

Layar genggam jauh lebih kecil biasanya 6 cm kali 6 cm (lebar 160 piksel) untuk perangkat Palm dan, sebagian besar, monokrom. Ini adalah satu-satunya pengaturan resolusi yang didukung, dan tidak banyak real estat yang bisa digunakan.

Pengguna perangkat genggam sering berpindah-pindah, menyodok layar dengan stylus, dan bekerja dalam pencahayaan yang kurang optimal. Jika memungkinkan, elemen UI harus besar, kontras tinggi, dan diberi label dengan jelas. Keseimbangan harus dicapai antara pertimbangan ini dan batasan ukuran tampilan.

Sebagian besar, pengguna perangkat genggam tidak menggunakan keyboard. Entri data malah dilakukan dengan stylus. Akibatnya, entri data yang diperlukan untuk aplikasi Anda sangat sedikit. Jika entri data diperlukan, coba berikan alternatif kepada pengguna untuk memasukkan teks: grup opsi, kotak kombo, dan sejenisnya.

Sebagai aturan umum, aplikasi bawaan Palm adalah contoh UI yang sangat baik. Mereka meminimalkan bergulir, membuat data aplikasi sesuai dengan layar, dan membuat asumsi penting yang yang pengguna akan mempertahankan sebagian besar data pada desktop genggam biasanya digunakan untuk referensi. Asumsi ini adalah dasar untuk pengembangan aplikasi genggam dan membawa kita dengan rapi ke pertimbangan khusus terakhir kita: komunikasi dengan desktop.

Saluran: Berbagi data dengan desktop

Cara termudah untuk memasukkan data Anda ke desktop adalah dengan meminta Palm OS melakukannya untuk Anda di setiap HotSync. Saluran default disediakan yang mencadangkan basis data apa pun yang ditandai membutuhkan pencadangan melalui fungsi API DmSetDatabaseInfo.

Baca Juga : Data Preferensi Pengguna Global untuk Ponsel Android

Alternatif lainnya adalah memprogram saluran khusus untuk menangani transfer data Anda dan menangani perselisihan atau konflik apa pun. Palm menawarkan Conduit Development Kit (CDK) untuk pembuatan saluran kustom untuk digunakan pada desktop Windows atau Macintosh.

Sebelumnya, pengembangan saluran memerlukan pengetahuan C++, tetapi versi 4.01 dari CDK menyertakan dukungan COM, memungkinkan saluran dibangun menggunakan bahasa yang sadar akan COM. Seperti yang akan kita lihat di bagian berikutnya, beberapa vendor alat menyediakan alternatif mereka sendiri untuk CDK.

Alat pengembangan

Berbagai macam alat dan bahasa tersedia untuk mengembangkan aplikasi Palm OS. Alat yang lebih populer termasuk kompiler C yang dioptimalkan untuk Palm OS, interpreter Java dan Basic, dan alat RAD visual tingkat yang lebih tinggi.

C memiliki reputasi untuk memberikan kode yang kecil, ringan, dan cepat, sehingga ideal untuk pemrograman Palm OS. Dua pilihan bagus untuk pengembangan C Palm OS adalah PRC-Tools dan Metrowerks CodeWarrior untuk Palm OS.

Kedua paket termasuk editor sumber daya, debugger, dan emulator Palm. PRC-Tools adalah solusi berbasis GCC yang tersedia secara gratis untuk sebagian besar sistem operasi. CodeWarrior, alat pengembangan Palm “resmi” dan favorit pribadi saya, adalah IDE Macintosh populer yang di-porting ke Linux dan Windows yang menampilkan templat proyek dan debugging di perangkat. Namun, berhati-hatilah: Kecuali Anda terbiasa dengan standar GUI Macintosh, UI CodeWarrior bisa, yah, funky.

Java dirancang dari awal untuk aplikasi lintas platform, sehingga secara alami hadir di Palm OS.KVM Sun adalah mesin virtual Java dengan memori rendah yang dirancang untuk beroperasi dengan Platform Java 2, Edisi Mikro . Dikombinasikan dengan perpustakaan aslinya, KVM membutuhkan minimal sekitar 80 KB memori, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk pengembangan Palm OS.

CASL (diucapkan kastil) adalah bahasa sintaksis mirip dengan Visual Basic. Mesin virtual saat ini ada untuk Windows dan Palm OS, dan salah satunya sedang dikembangkan untuk Windows CE, menjadikan CASL sebagai alternatif lintas platform yang menarik untuk Java.

Beberapa alat RAD tingkat tinggi juga ada. Dua yang lebih populer adalah Bentuk Satelit PumaTech dan Bentuk Pendragon Software Pendragon. Satellite Forms adalah lingkungan RAD mirip Visual Basic yang kuat yang menampilkan format database yang kompatibel dengan dBase 5-di desktop, bahasa skrip seperti VB, dan kontrol ActiveX untuk pemrograman saluran.

Formulir Pendragon adalah alat desain formulir tingkat tinggi yang menggunakan model pemrograman yang mirip dengan makro Access atau perilaku Dreamweaver. Pendragon Forms juga memiliki fitur unggah file yang dibatasi koma untuk mendapatkan data dari perangkat genggam ke desktop.

Seperti yang telah Anda lihat, mengembangkan aplikasi untuk perangkat genggam Palm OS mirip dengan mengembangkan sepupu desktopnya. Namun, perampingan bisa sulit. Pengembang yang nyaman dengan C akan lebih mudah beralih daripada mereka yang mencoba mentransfer keterampilan lain. Namun, ada berbagai alat yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan paradigma dan bahasa apa pun yang paling mereka ketahui.

Info Palm OS
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts