Antara Pocket Pc Dan Palm OS Mana Yang Terbaik

Palm OS
Spread the love

Antara Pocket Pc Dan Palm OS Mana Yang Terbaik – Anda mungkin lebih memilih PDA tertentu untuk sejumlah alasan pribadi, tetapi pertimbangan lain harus ikut bermain ketika memilih PDA untuk penggunaan di seluruh perusahaan. Artikel ini melihat perbandingan dua pemain terbesar di ruang PDA.

Antara Pocket Pc Dan Palm OS Mana Yang Terbaik

freewarepalm – Ada artikel tampaknya tak berujung memperdebatkan manfaat dari asisten digital pribadi (PDA) berdasarkan Palm OS vs Pocket PC yang menjalankan Pocket PC OS Microsoft. Semua artikel yang saya baca berfokus pada perbandingan teknologi belaka.

Tetapi karena perangkat jenis PDA menjadi lebih terintegrasi ke dalam domain TI perusahaan, semakin banyak manajer yang mengevaluasi perangkat ini dari sudut pandang bisnis, termasuk total biaya kepemilikan (TCO). Ketika organisasi kami mengevaluasi dua platform, misalnya, kami agak terkejut menemukan bahwa TCO untuk memiliki dan mengoperasikan perangkat Pocket PC akan lebih kecil daripada perangkat Palm.

Baca Juga : Palm Kecil Baru Dapat Menjaukan Anda Dari Ponsel

Saya telah memiliki dan/atau menggunakan hampir semua model perangkat Palm yang tersedia. Saat ini, saya juga memiliki dan menggunakan iPAQ(H3670), penawaran Pocket PC dari Compaq. Dalam artikel ini, saya akan menyajikan beberapa informasi yang akan membantu organisasi mengevaluasi jenis perangkat mana Palm OS (dan yang kompatibel) atau Pocket PC yang benar-benar lebih hemat biaya dan berguna untuk bisnis.

E-mail to go

Apa kita ingin menggunakan PDA? Ini adalah pertanyaan pertama dan paling jelas yang harus direnungkan oleh sebuah organisasi, tetapi yang sering diabaikan. Jika PDA akan digunakan hanya sebagai buku alamat elektronik, kalender, dan daftar tugas, platform mana pun sudah cukup. Sebaliknya, jika Anda ingin PDA mendukung e-mail, maka platform Palm dan Pocket PC menawarkan profil kinerja yang berbeda.

Membaca pesan email, terutama yang memiliki lampiran, tidak mudah dilakukan dengan perangkat Palm. Untuk membaca lampiran, saya harus berinvestasi dalam produk pihak ketiga dari Dataviz yang disebut Documents To Go (harga saat ini untuk edisi profesional adalah $49,95).

Produk Documents To Go menawarkan fungsionalitas baca (dan sekarang tulis) sehubungan dengan lampiran Microsoft Word dan Excel, tetapi untuk menggunakannya, Anda juga harus memiliki perangkat lunak sinkronisasi Dataviz, Desktop To Go(harga lisensi pengguna tunggal saat ini adalah $49,95). Produk Dataviz sangat baik, tetapi sehubungan dengan TCO, orang perlu menyadari persyaratan pengeluaran tambahan. Pocket PC, di sisi lain, memiliki Pocket Word dan Pocket Excel bawaan, sehingga dapat dengan mudah menangani lampiran Word atau Excel tanpa memerlukan perangkat lunak pihak ketiga.

Bagaimana Anda akan menyinkronkan PDA Anda ke desktop dan sistem email back-end? Palm telah bolak-balik mengenai perangkat lunak sinkronisasi pihak ketiga. Pada hari-hari awal Palm (3Com), tidak ada rekomendasi mengenai perangkat lunak pihak ketiga. Akibatnya, organisasi harus membeli perangkat lunak mereka sendiri seperti DesktopToGo atau Intellisync jika mereka menginginkan fungsionalitas sinkronisasi tambahan yang tidak ditawarkan oleh Palm.

Kemudian, perangkat lunak Palm dibundel dari Chapura disebut PocketMirror . Sekarang, dengan pengecualian M500 , perusahaan telah memilih untuk tidak mengemas produk pihak ketiga mana pun dengan penawaran terbarunya. Apa yang telah dilakukan semua ini untuk TCO? Ini telah secara signifikan mendorong biaya. Banyak organisasi akan memiliki beberapa produk perangkat lunak untuk disinkronkan, setiap produk dengan beberapa rilis berbeda yang digunakan, semuanya merupakan mimpi buruk dukungan dan manajemen.

Situasi perangkat lunak Pocket PC lebih sederhana dan lebih mudah. Hanya ada satu ActiveSync, dan meskipun mungkin ada versi yang berbeda, tidak perlu membeli perangkat lunak pihak ketiga, yang selanjutnya sangat mengurangi upaya dukungan dan pemeliharaan.

Manajemen OS

Bagaimana Anda akan mengelola sistem operasi PDA Anda? Saya heran bahwa perangkat Palm secara konsisten membutuhkan versi sistem operasi yang berbeda di antara lini produk. Bahkan penawaran terbaru dibagi antara Palm OS 4.0 dan Palm 3.5. Selain itu, Palm mengharuskan pelanggan untuk memesan upgrade untuk pembaruan OS kecil.

Misalnya, untuk meng-upgrade Palm Vs dari OS 3.3 ke 3.5, pelanggan harus membayar $20 untuk hak istimewa pindah ke rilis hanya 0,2 lebih tinggi! Saya melakukan latihan itu hanya demi menjaga arus tetapi menemukan bahwa tidak ada manfaat yang dapat dirasakan untuk peningkatan. Saya kira organisasi kami menyia-nyiakan $20. (Bicara tentang menambah TCO!) Jika organisasi diharuskan membayar $20 per unit untuk mengupgrade beberapa ratus Palms untuk mencapai standarisasi OS, biaya dan usaha akan menjadi signifikan.

Pocket PC saat ini berjalan pada Windows CE 3.0, dan seiring kemajuan platform, tidak diragukan lagi begitu juga sistem operasinya. Harapan dan harapan saya adalah Microsoft akan membuat CE kompatibel dengan semua perangkat Pocket PC untuk meminimalkan masalah dukungan.

Periferal

Bagaimana dengan periferal dan opsi lainnya? Inilah area di mana Palm benar-benar menambah TCO. Hampir setiap model Palm memiliki faktor bentuk yang berbeda. Artinya, sehubungan dengan periferal, adalah bahwa dengan setiap rilis Palm baru, Anda akan memerlukan rangkaian periferal yang sama sekali baru untuk terhubung ke perangkat baru, seperti: keyboard, modem, cradle, jaket, dll. industri rumahan baru untuk membuat adaptor perangkat Palm.

Dengan seri M500 baru, saya pikir mungkin kita akhirnya akan melihat hari itu di mana akan ada slot ekspansi standar industri, tetapi sayangnya, itu tidak terjadi. Daripada hanya menambahkan slot CompactFlash, Palm harus pergi dan mempromosikan slot kartu ekspansi milik mereka.

Saya tidak dapat berbicara untuk setiap perangkat Pocket PC di pasar, tetapi sehubungan dengan iPAQ, pilihan koneksinya sederhana baik CompactFlash atau Kartu PC dan seiring dengan matangnya produk, Compaq telah berkomitmen untuk menjaga faktor bentuk tetap konsisten. Ini membuat pertukaran periferal antar perangkat menjadi mudah dan membantu menjaga TCO tetap terkendali.

Diskon volume

Ini mungkin merupakan area terakhir di mana Pocket PC memiliki potensi untuk menawarkan TCO yang lebih rendah. Banyak organisasi besar telah menegosiasikan harga volume untuk server, desktop, dan laptop mereka. Seringkali penetapan harga adalah persentase diskon yang ditetapkan di seluruh lini produk untuk vendor tertentu.

Karena dua dari produsen Pocket PC terkemuka adalah pemimpin industri, Hewlett-Packarddan Compaq, sebuah organisasi dapat dengan mudah memperpanjang diskon yang dinegosiasikan ke PDA. Untuk perusahaan dengan kontrak besar dengan salah satu produsen, penghematan yang diperoleh dengan memperpanjang harga diskon ke Jornada atau iPAQ mungkin signifikan. (Bagi mereka yang setia kepada IBM, mungkin diskon volume serupa mungkin tersedia untuk WorkPads .)

Baca Juga : Review Smartphone Motorola Defy 2001

Palm, di sisi lain, tidak menawarkan produk lain di ruang komputer server atau klien, jadi menegosiasikan diskon volume sebagai tambahan untuk a kontrak besar tidak mungkin. Ini bukan untuk mengatakan bahwa seseorang tidak dapat menegosiasikan semacam kesepakatan dengan Palm Computing, tetapi itu perlu menjadi upaya terpisah dari kontrak lain. Sekali lagi, kontrak tambahan semacam itu membutuhkan waktu, tenaga, dan administrasi serta menambah beban TCO.

Sekarang, Anda sedang mengangguk setuju atau Anda telah mengabaikannya dan mengira saya baru saja mendapatkan kapak untuk melawan Palm. Pertama-tama, izinkan saya meluruskan: Saya tidak menentang perangkat Palm atau Palm. Saya menyukai Palm V saya dan pendahulunya, dan dalam situasi tertentu, ini masih merupakan alat yang tepat untuk pekerjaan itu.

Tetapi, untuk organisasi saya, total biaya kepemilikan untuk perangkat Pocket PC akan jelas lebih rendah daripada biaya PDA berbasis Palm, meskipun fakta bahwa daftar harga PDA Palm jauh lebih murah. Dalam kasus kami, perencanaan tambahan yang memperhitungkan perangkat lunak dan kebutuhan periferal akhirnya memberi kami penghematan biaya yang signifikan. Ric Liang, MCP, adalah arsitek teknologi untuk perusahaan energi internasional terkemuka.

Palm OS PDA Pocket PC
Read More
Read More

Latest Blog Post List

Related Posts